Sukses

Top Skor Piala AFF 2022: Kapten Malaysia Ancam Striker Veteran Thailand

Persaingan top skor Piala AFF 2022 memanas. Kapten Malaysia Faisal Halim mencuat sebagai calon pemain tersubur turnamen setelah menambah koleksi di semifinal.

Liputan6.com, Jakarta - Persaingan top skor Piala AFF 2022 memanas. Kapten Malaysia Faisal Halim mencuat sebagai calon pemain tersubur turnamen setelah menambah koleksi di semifinal.

Pada leg pertama melawan Thailand di Bukit Jalil Internatiional Stadium, Faisal mencatatkan nama di papan skor pada menit ke-11. Ini adalah gol keempatnya di Piala AFF 2022.

Dengan Teerasil Dangda urung menambah koleksi, Faisal kini hanya tertinggal satu angka di belakang bomber veteran Thailand tersebut. Masing-masing pemain setidaknya bermain sekali lagi di turnamen. Persaingan mereka pun memanaas.

Berikut daftar top skor Piala AFF 2022: 

5 Gol: Teerasil Dangda (Thailand)

4 Gol: Faisal Halim (Malaysia)

3 Gol: Stuart Wilkin (Malaysia), Kenshiro Daniels (Filipina), Sebastian Rasmussen (Filipina), Maung Maung Lwin (Myanmar), Nguyen Tien Linh (Vietnam)

2 Gol: Reung Bunheing (Kamboja), Egy Maulana Vikri (Indonesia), Peeradon Chamratsamee (Thailand), Shawal Anuar (Singapura), Lim Pisoth (Kamboja), Dendy Sulistyawan (Indonesia), Marc Klok (Indonesia), Ezequiel Aguero (Malaysia)

1 Gol: 38 pemain

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wakil Indonesia

Selain ketiga pemain tersebut, Indonesia memiliki enam pencetak gol lain di Piala AFF 2022. Mereka adalah Witan Sulaeman, Syahrian Abimanyu, Ilija Spasojevic, Ramadhan Sananta, Yakob Sayuri, dan teranyar Marselino Ferdinan.

Namun, mereka tidak ada yang bisa menambah koleksi pada leg pertama semifinal melawan Vietnam. Laga tersebut berakhir 0-0.

Kecuali tiba-tiba ada yang menemukan momentum, kecil peluang bagi pemain Indonesia untuk menjadi pemain tersubur turnamen. Padahal Indonesia punya catatan baik meski belum pernah jadi juara turnamen.

Gendut Doni Christiawan (2000), Bambang Pamungkas (2002), Ilham Jaya Kesuma (2004), Budi Sudarsono (2008) adalah penggawa Tim Garuda yang sukses menjadi pemain tersubur kompetisi paling bergengsi di Asia Tenggara tersebut.

3 dari 3 halaman

Kalahkan Thailand

Faisal mencuat setelah menjalani laga sengit kontra Thailand. Tampil di bawah tekanan suporter tuan rumah tidak membuat tim tamu takut. Thailand menguasai laga dan mengepung pertahanan tuan rumah.

Namun, gawang mereka justru bobol terlebih dahulu di menit ke-11. Berawal dari umpan sundulan Ruventhiran Vengadesan, Faisal Halim menyambar bola untuk mengubah kedudukan.

Gol tersebut membuat Thailand bangkit. Berkali-kali mereka mencoba menyamakan kedudukan, tapi tidak mampu melakukannya. Sedangkan Malaysia tetap mengancam melalui serangan balik.

Salah satunya melalui Quentin Cheng yang tinggal berhadapan dengan kiper Kittipong Phuthawchueak. Sayang dia gagal memaksimalkan peluang.

Di babak kedua, Thailand tetap mendominasi bola. Namun, justru Malaysia yang kembali sukses mengoyak gawang. Dominic Tan menanduk bola untuk memperbesar keunggulan tuan rumah. Beruntung bagi Thailand, wasit menganulir gol tersebut karena melihat adanya pelanggaran.

Thailand makin penasaran. Gajah Perang berharap mendapat penalti setelah Shamie Iszuan menekel Bordin Phala. Tapi wasit lagi-lagi mengabaikan.

Skor tidak berubah dengan keunggulan bagi Malaysia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.