Sukses

Vietnam vs Indonesia: Kutukan Park Hang-seo Masih Berlanjut

Pelatih Park Hang-seo masih belum bisa dikalahkan timnas Indonesia sejak menangani timnas Vietnam.

Liputan6.com, Jakarta- Park Hang-seo masih menjadi mimpi buruk bagi timnas Indonesia. Lagi-lagi Indonesia gagal mengalahkan timnas Vietnam yang dilatih pria Korea Selatan itu. Yang terbaru Skuad Garuda disingkirkan di semifinal Piala AFF 2022.

Indonesia dibikin tak berdaya dalam dua pertemuan di semifinal Piala AFF 2022. Pada laga pertama pekan lalu, Vietnam sukses menahan imbang tanpa gol Ricky Kambuaya dan kawan-kawan di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Kemudian saat gantian menjamu Indonesia di Stadion My Dinh, Vietnam sukses menang 2-0. Dua gol kemenangan Vietnam dibuat ujung tombak Nguyen Tien Linh di masing-masing babak.

Pada leg kedua timnas Indonesia benar-benar tampil buruk. Praktis tak ada peluang emas berarti yang bisa diciptakan. Kiper Vietnam Dang Van Lam tak melakukan tepisan sama sekali.

Gawang Vietnam pun masih clean sheet dari enam laga di Piala AFF 2022.

Kekalahan 0-2 ini membuat Indonesia kembali gagal mengakhiri kutukan Park Hang-seo. Selama menangani timnas Vietnam, Park Hang-seo belum pernah kalah dari Indonesia dari total delapan pertandingan di berbagai level. Park mampu membawa Vietnam enam kali menang atas Indonesia dan dua kali imbang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

vs Shin Tae-yong

Sebelum dua laga di semifinal Piala AFF 2022, Park membawa Vietnam menang dua kali atas Timnas Indonesia di level senior yakni 3-1 di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia dan 4-0 dalam kejuaraan yang sama. Kemudian menahan Timnas Indonesia 0-0 pada penyisihan Piala AFF 2020.

Park Hang-seo begitu membanggakan rekor mulusnya melawan Indonesia. Sebelum duel pertama semifinal Piala AFF 2022, Park sempat mengejek timnas Indonesia.

"Kami telah memenangkannya berkali-kali," ucap Park Hang-seo kepada media lokal Vietnam.

Park juga sukses mengungguli pelatih asal Korea Shin Tae-yong yang memoles timnas Indonesia. STY belum pernah bisa mengalahkan Vietnam sejak menukangi Indonesia.

3 dari 3 halaman

Menunggu Lawan

Kini dengan kemenangan 2-0 di semifinal Piala AFF 2022, Park Hang-seo bisa semakin membusungkan dada. Apalagi sosoknya begitu dibenci suporter Indonesia. Dia terus dicemooh pada leg pertama semifinal di SUGBK.

Di final Piala AFF 2022, Park Hang-seo dan Vietnam akan menunggu pemenang antara Malaysia melawan Thailand. Hingga berakhirnya leg pertama, Malaysia unggul 1-0. Thailand akan ganti menjamu Malaysia pada Selasa 10 Januari 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.