Sukses

Punya Pengalaman, Duet Erick-Amali Bisa Bikin Sepak Bola Indonesia Meroket

Permasalahan pelik di sepak bola nasional diyakini bisa diselesaikan bila kedua menteri ini terpilih memimpin PSSI.

Liputan6.com, Jakarta- Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali banjir dukungan untuk menjadi ketua dan wakil ketua umum PSSI periode 2023-2027. Asprov Nusa Tenggara Barat (NTB) menyusul beberapa rekan asprov lain yang menyatakan mendukung duet Erick-Amali.

Ketua Asprov NTB Mori Hanafi pun tak sabar jika dua Menteri ini bisa memimpin PSSI. Ia juga yakin Erick dan Zainudin Amali adalah dua tokoh yang ditunggu selama ini. Sebab, keduanya sangat mengerti olahraga dan mencintai sepak bola.

Menurut Mori, sepak bola Indonesia bisa meroket di tangan duet yang tepat seperti Erick-Amali. Beragam permasalahan pelik di sepak bola nasional dapat segera dipecahkan.

"Beres sudah sepak bola kita kalau beliau memimpin PSSI. Timnas Indonesia pasti terjamin. Kompetisi Liga 1, 2, dan 3 lancar dan subsidi untuk Asprov juga akan lancar. Saya pasti mendukung mereka," ujar Mori.

Soal adanya konflik kepentingan terkait majunya Erick dan Zainudin Amali mengingat keduanya berstatus sebagai menteri, Mori tidak mempermasalahkan. Sebab, ia meyakini semuanya sudah didiskusikan dengan Presiden Joko Widodo.

"Pak Erick dan Pak Zainudin Amali adalah pembantu Presiden. Setiap pergerakan pasti sudah sepengetahuan Presiden. Gak ada masalah itu. Yang penting sepakbola bisa maju dan kita bisa menjadi juara di level Asia Tenggara. Itu yang paling penting."

2 dari 3 halaman

Mencalonkan Diri

Erick Thohir memang sudah memastikan diri maju sebagai ketua umum PSSI dalam KLB yang digelar bulan depan. Mantan pemilik Inter Milan itu menyerahkan formulir pendaftaran pada Minggu 15 Januari 2023.

Tidak tanggung-tanggung, Erick membawa banyak tokoh muda penting yang mendukungnya menjadi ketum. Mulai dari Raffi Ahmad, Atta Halilintar, Kaesang Pangarep hingga Baim Wong.

Sedangkan Amali diajukan oleh beberapa pemilik suara untuk maju sebagai wakil ketua umum. Pria asal Gorontalo itu sudah setuju dicalonkan menjadi waketum PSSI.

”Beberapa Asprov PSSI dan klub mengusulkan kepada saya, kenapa saya tidak lebih serius menyangkut hajat hidup orang banyak ini (sepak bola Indonesia). Saya pun berpikir dan berdiskusi dengan beberapa orang. Untuk membenahi tata kelola sepak bola nasional, saya harus masuk ke sana (PSSI). Karena saya menteri, saya minta izin dahulu kepada Presiden dan diizinkan,” ujar Zainudin.

3 dari 3 halaman

Daftar Calon

 

Bakal Calon Ketua Umum PSSI:

1. AA La Nyalla Mattalitti

2. Arif Putra wicaksono

3. Doni Setiabudi

4. Erick Thohir

5. Fary Djemy Francis

 

Bakal Calon Waketum PSSI:

1. Ahmad Riyadh

2. Ahmad Sauqi Suratno

3. Andre Rosiade

4. Azrul Ananda

5. Doni Setiabudi

6. Sutandi

7. Fary Djemy Francis

8. Hasani Abdul Gani

9. Hasnuryadi Sulaiman

10. Iwan Budianto

11. Juni Rachman

12. Maya Damayanti

13. Ratu Tisha

14. Sadikin Aksa

15. Yesayas Oktavianus

16. Yunus Nusi

17. Zainudin Amali

18. Bambang Pamungkas

19. Gede Widiade

20. Ponaryo Astaman