Sukses

Barcelona ke Perempat Final Copa del Rey, Xavi: Kami Harus Ambil Untung

Xavi menegaskan Barcelona harus jaga konsistensi dan ambil untung dari tren bagus yang diraih di Copa del Rey dan Piala Super Spanyol.

Liputan6.com, Barcelona- Barcelona berhasil lolos ke perempat final Copa del Rey usai mencukur Ceuta 5-0 di babak 16 besar. Lima gol Barca dicetak Raphinha, Robert Lewandowski (2 gol), Ansu Fati dan Franck Kessie.

Ini menjadi dua kemenangan beruntun yang didapatkan Barcelona dalam beberapa hari terakhir. Sebelumnya, Barca juga menang 3-1 atas Real Madrid di Piala Super Spanyol.

Tren bagus ini diharapkan pelatih Barcelona, Xavi Hernandez bisa dimanfaatkan dengan baik. Dia ingin pasukannya meneruskan tren bagus ini di pertandingan lainnya.

"Kami dalam performa bagus dan kami harus ambil untung dari ini. Saya akan ingat penampilan bagus ini, kami punya pengalaman saat lawan Intercity saat kami tak bisa jaga intensitas," kata Xavi seperti dikutip sport.

"Kami kesulitan ciptakan peluang di babak pertama, tapi babak kedua sangat bagus. Tim tunjukkan rasa lapar. Ceuta siap lawan kami, tapi kami tampil serius."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Bukan Tim Cadangan

 

Xavi menurunkan skuad pelapis di laga ini. Dia hanya menurunkan Robert Lewandowski yang juga dilarang main di dua laga La Liga.

"Ini bukan tim kedua. Mereka pemain penting dan mereka terus menunggu sampai akhir musim," katanya.

Xavi juga menegaskan Ansu Fati bakal menjadi pengganti Lewandowski saat melawan Getafe. Fati juga tampil bagus lawan Ceuta.

"Kami siap mainkan dia di laga hari Minggu. Dia main di level yang sangat bagus. Ansu yang kami inginkan sudah kembali," dia menambahkan.

 

3 dari 6 halaman

Transfer Memphis Depay

 

Xavi juga bicara soal transfer Memphis Depay ke Atletico Madrid. Xavi mengaku ingin cari pengganti, namun kalaupun tidak ada tak masalah.

"Ini tak akan jadi tragedi kalau tak ada yang mengganti dia, tapi kalau kami bisa memperkuat tim, itu lebih baik," kata Xavi.

Barcelona sudah resmi melepas Depay ke Atletico Madrid. Striker asal Belanda ini gabung untuk dua musim hingga 2025 dengan nilai transfer 4 juta euro.

Dalam transfer ini, Barcelona juga mencantumkan klausul bisa memboyong Yannick Noah dari Atletico Madrid untuk gabung Barcelona di akhir musim nanti.

4 dari 6 halaman

Pemain Gratisan

Barcelona sudah tak mungkin membeli pemain kecuali menjual pemain yang ada sekarang. Maka itu, Barca mungkin tak aktif di bursa transfer Januari ini.

Barcelona pun sudah puas dengan skuad juga pembelian yang dilakukan di awal musim. Pelatih Barca, Xavi Hernandez pun sudah puas dengan kualitas skuad yang dimilikinya.

Maka itu, Barca hanya akan mengincar pemain gratisan. Itupun akan dilakukan pada akhir musim nanti.

Seperti dilansir sportskeeda, Barcelona dikabarkan tertarik untuk datangkan gelandang Manchester City Ilkay Gundogan. Gelandang asal Jerman itu tak terikat kontrak di akhir musim nanti.

Sebelumnya, Barca juga selalu incar pemain gratisan. Di awal musim, Barcelona memboyong empat pemain yaitu Andreas Christensen, Franck Kessie, Marcos Alonso dan Hector Bellerin dengan gratis.

5 dari 6 halaman

Target Lain

Selain Gundogan, yang dinilai masih berkualitas, Barca juga mengincar pemain gratisan lainnya yaitu gelandang Chelsea, Ngolo Kante. Chelsea saat ini sayangnya sudah siap memperpanjang kontraknya.

Inilah mengapa fokus saat ini dialihkan ke Gundogan. Man City pun sepertinya tak berniat untuk memperpanjang kontrak gelandang asal Jerman itu.

Gundogan musim lalu jadi pahlawan bagi Man City. Dia menjadi penentu lewat golnya di laga terakhir City saat bersaing dengan Liverpool.

"Sebuah trofi untuk City, musim yang tak akan saya lupakan. Saya diberkati di perjalanan ini. Terimakasih Manchester," kata Gundogan musim lalu.

6 dari 6 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.