Sukses

Daftar Juara Thailand Masters 2023: Indonesia Bawa Pulang Satu Gelar

Indonesia berhasil mengamankan satu gelar juara dalam ajang Thailand Masters 2023 lewat ganda putra muda Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia kembali menunjukkan taringnya dalam kancah bulu tangkis dunia dengan menyabet satu gelar juara di ajang Thailand Masters 2023.

Ganda putra muda Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin menjadi sosok berjasa yang membawa harum nama Tanah Air di perhelatan tersebut.

Leo/Daniel naik ke podium tertinggi usai menumbangkan wakil Chinese Taipei Su Ching Heng/Ye Hong Wei. Mereka berjaya lewat dua game langsung, 21-16 dan 21-17, dalam babak final yang dihelat di Nimibutr National Stadium, Bangkok, Minggu (5/2/2023).

Perjalanan Leo/Daniel meraih titel juara Thailand Masters tidaklah mudah. Di putaran pertama, duo berjuluk The Babies itu dipaksa terlibat pertarungan sengit tiga game oleh wakil Denmark Rasmus Kjaer/Frederik Sogaard.

Pasangan Indonesia baru bisa mengamankan tiket ke babak selanjutnya usai menang 21-11, 18-21, dan 21-19 dalam durasi waktu 58 menit.

Rintangan kembali dihadapi Leo/Daniel di fase 16 besar. Mereka nyaris bermain rubber game lantaran Lee Jhe-Huei/Yang Po-Hsuan sanggup memaksa terjadinya deuce di set kedua.

Beruntung Leo/Daniel mampu menetralisir perlawanan ganda putra asal Chinese Taipei, sekaligus mencuri kemenangan dengan skor akhir 21-13, 22-20.

Setelahnya, Leo/Daniel ditantang wakil tuan rumah berturut-turut di babak perempat final dan semifinal. Mereka menumbangkan Tanadon Punpanich/Wachirawit Sothon dengan 21-15, 21-19, sebelum kembali unggul 18-21, 21-17, 21-17 atas Supak Jomkoh/Kittinupong Kedren.

Catatan tersebut mengatar The Babies melenggang ke partai puncak. Keduanya sukses mengamankan gelar sekaligus membalaskan dendam kompatriotnya Muhamad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, yang lebih dulu takluk oleh Su/Ye di fase empat besar.

2 dari 4 halaman

Gelar Kedua Beruntun

Titel juara Thailand Masters 2023 menandai gelar kedua berturut-turut yang didapat pasangan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin pada awal tahun ini.

Seperti diketahui, The Babies sebelumnya sudah naik ke podium tertinggi dalam ajang Indonesia Masters 2023 yang dihelat di Istora Senayan, Jakarta, akhir Januari lalu.

Duo kelahiran 2001 itu menunjukkan performa solid sejak awal kompetisi. Keduanya melesat hingga babak final sebelum menaklukkan wakil Tiongkok He Ji Ting/Zhou Hao Dong dengan straight game, 21-17 dan 21-16, pada Minggu (29/1/2023).

Raihan tersebut melanggengkan tradisi gelar juara Tanah Air di sektor ganda putra. Adapun dalam Indonesia Masters edisi sebelumnya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang keluar sebagai kampiun usai menaklukkan Liang Wei Keng/Wang Chang asal China.

3 dari 4 halaman

Tidak Fit

Usut punya usut, Leo/Daniel sebenarnya kurang fit saat tampil di babak final Thailand Masters 2023. Leo kala itu masih agak flu, sementara Daniel mengalami peradangan di telapak kaki kiri, yang membuatnya merasa sakit setelah melancarkan smash.

Kendati demikian, kondisi itu tak melunturkan semangat Leo/Daniel untuk berlaga. Malahan, mereka tampak memiliki motivasi tinggi guna meraih gelar juara turnamen level 300.

“Kondisi kami belum fit banget sejak menjadi juara di Indonesia Masters lalu. Saya juga masih agak flu,” tutur Leo selepas laga pada Minggu (5/2/2023).

“Saya bermain lebih efisien karena kaki masih sakit. Untuk melakukan smash masih terasa sakit. Makanya tadi smash-smash saya tidak terlalu banyak keluar. Dengan kaki sakit, saya hanya main nekat saja. Saya melupakan soal sakit kaki saya. Saya main seolah tidak ada yang sakit saja,” imbuh Daniel dalam kesempatan yang sama.

4 dari 4 halaman

Daftar Juara

Termasuk Leo/Daniel, berikut daftar lengkap peraih gelar juara ajang Thailand Masters 2023 dari nomor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Tunggal putra

Juara: Lin Chun-Yi (Chinese Taipei)

Runner-up: Ng Ka Long Angus (Hong Kong)

Tunggal putri

Juara: Zhang Yi Man (China)

Runner-up: Han Yue (China)

Ganda putra

Juara: Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin

Runner-up: Su Ching Heng/Ye Hong Wei (Chinese Taipei)

Ganda putri

Juara: Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard (Thailand)

Runner-up: Baek Ha-na/Lee So-hee (Korea Selatan)

Ganda campuran

Juara: Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping (China)

Runner-up: Seo Seung-jae/Chae Yu-jung (Korea Selatan)