Sukses

Hebatnya Keylor Navas, Tak Kebobolan saat Debut di 4 Liga Top Eropa

Keylor Navas menjalani debutnya usai dipinang Nottingham Forest dari PSG dan sukses tak kebobolan.

Liputan6.com, Jakarta Keylor Navas mencatatkan debutnya di Liga Inggris. Bermain untuk Nottingham Forest, membantu timnya menang dengan skor 1-0.

Hasil kemenangan tipis itu lantas tak menjadi persoalan. Sebab, kegemilangan Navas justru yang jadi bahan perbincangan.

Betapa tidak. Sepanjang babak pertama, Navas mencatatkan 3 penyelamatan penting yang dibuat oleh Wilfried Gnonto, Luke Ayling dan Luis Sinisterra.

Setelahnya, Navas bisa dibilang tak banyak bekerja di babak kedua. Sebab, barisan pertahanan Nottingham Forest bermain apik dan menjaga keunggulan hingga akhir.

"Semua orang tahu apa yang telah dia lakukan dalam permainan dan seberapa berpengalaman dia. Tetapi dia masih ingin menunjukkan siapa dia hari ini," kata manajer Nottingham Forest, Steve Cooper kepada BBC.

Berkaca dari statistik permainan, Leeds United mendominasi penguasaan bola nyaris 70 berbanding 30 persen. Dengan persentase tersebut, Leeds United jelas unggul dalam urusan peluang.

Tercatat, Leeds United melepaskan 10 upaya tembakan ke gawang berbanding 6 milik Nottingham Forest. Hanya, dari seluruh upaya Leeds United, 4 di antaranya berujung ke gawang, namun tak mencetak gol.

Cooper mengakui jika laga ini punya sejumlah persoalan. Meski menang di akhir laga, secara permainan, Nottingham Forest kalah.

"Di laga ini kami hanya bisa berbicara soal kegemilangan Navas dan penyelesaian akhir Brennan Johansson. Sisanya, kami tak bisa mengembangkan permainan," katanya.

 

 

2 dari 4 halaman

Rekor Keylor Navas

Laga debut Navas di Nottingham Forest menyisakan catatan apik. Penjaga gawang 36 tahun itu meraih kemenangan dan mengantarkan timnya naik ke urutan ke-13.

Lewat catatan itu pula, Navas sudah 4 kali meraih kemenangan di laga debut. Adapun, sisanya, kiper Kosta Rika itu juga menorehkan hasil serupa.

Saat debut membela Levante di pentas La Liga pada 2012, Navas juga meraih kemenangan. Saat itu, ia membantu timnya menang 3-0.

Setelah dua setengah musim di Levante, Navas diboyong Real Madrid. Saat debut bersama El Real, Navas juga menorehkan catatan impresif dengan meraih kemenangan kontra FC Basel.

Pun saat pindah ke Paris Saint Germain. Di laga debutnya di League 1 kontra Strasbourg, Navas membantu Les Parisiens menang.

Dengan demikian, Navas sudah mencatatkan 4 kemenangan di laga debut. Istimewanya lagi, ia menciptakannya di 4 liga top Eropa.

3 dari 4 halaman

Sanjungan Steve Cooper

Usia serta pengalaman Navas membuat Navas jadi pemain yang matang. Tak usah berkaca pada rekor-rekor yang sudah dicatatkannya, Navas selalu bermain trengginas tatkala membela suatu tim.

Kondisi ini yang membuat pelatih Nottingham Forest memuji Navas setinggi langit. Selain itu, Navas juga punya atitud baik di dalam dan luar lapangan.

"Dia adalah pemain berpengalaman dan semua orang mengetahui akan hal itu," kata Cooper.

Baru beberapa hari dia di sini, kami melihat adanya sosok pekerja keras dan rendah hati. Terlepas dari apa yang sudah saya katakan tentang apa yang sudah dilakukannya dalam permainan melawan Leeds, dia terlihat ingin terus meningkatkan kemampuannya hari demi hari," jelasnya.

4 dari 4 halaman

Profil Singkat Keylor Navas

Navas mengawali karier sepak bola mudanya pada 1999 hingga 2005 di Saprissa di Kosta Rika. Setelah 5 tahun bermain di akademi, Navas naik kelas ke tim utama dan bermain 73 kali selama 5 musim.

Setelah bermain apik di Kosta Rika, klub kasta kedua Spanyol, Albacete. Selama 2 musim sejak 2010 hingga 2012, Navas bermain 36 kali.

Namun di tahun pertamanya di Albacete, Levante sempat menggunakan jasanya. Kendati demikian, Navas hanya menjadi pelapis dan mencatatkan 1 penampilan di musim 2011.

Pada 2012, Levante mengontrak Navas 2 musim. Tercatat, ia bermain 46 kali.Penampilan Navas membuat Real Madrid kepincut. Sejak 2014 hingga 2019, Navas membela El Real dengan 3 di antaranya meraih gelar trofi Liga Champions.

Memasuki musim 2019, Navas diboyong PSG hingga musim ini. Namun, selama dua musim belakangan, Navas kerap terpinggirkan karena bersaing dengan Gianluigi Donnarumma sebagai kiper utama.

Alhasil, guna mendapat menit bermain, Navas memilih untuk dipinjamkan ke Nottingham Forest. 

Bicara Tim Nasional Kosta Rika, Navas sudah mentas sejak 2003 membela U-17. Sejak 2008, Navas adalah bagian tak terpisahkan dari Timnas Kosta Rika sampai saat ini dengan 110 penampilan.