Sukses

MU Menangkan Carabo Cup 2023/2023, Kiper David de Gea Ukir Rekor Baru

David de Gea tampil gemilang di bawah mistar MU saat bertemu Newcastle United di final Carabao Cup 2022/2023.

Liputan6.com, Jakarta Manchester United mengalahkan Newcastle United pada final Piala Liga atau Carabao Cup dengan skor 2-0, Minggu (26/2/2023). Kemenangan ini sekaligus mengakhiri puasa gelar MU selama enam tahun terakhir.

Bertanding di Stadion Wembley, Minggu (26/2/2023), MU menang berkat dua gol dari Casemiro dan Marcus Rashford. Ini adalah gelar pertama MU sejak 2017 dan gelar perdana sejak ditangani Erik Ten Hag. 

Di luar itu, kemenangan atas Newcastle United juga memberi warna baru bagi performa David de Gea. Dalam laga itu, penjaga gawang asal Spanyol tersebut mencatatkan clean sheets ke-181 bersama MU. Torehan tersebut juga sekaligus memecahkan rekor clean sheets terbanyak sepanjang sejarah The Red Devils. Sebelumnya, rekor fantastis tersebut dipegang oleh Peter Schmeichel selama 24 tahun. 

De Gea sendiri tampil gemilang bersama MU ketika sukses membungkam Newcastle. Membuat beberapa penyelamatan, kiper nomor satu United tersebut membantu tim merebut kemenangan meskipun tidak dapat mendominasi permainan. Tercatat Setan Merah hanya mampu peroleh 38 persen penguasaan bola.

Kendati begitu, MU dinilai lebih sukses memanfaatkan peluang yang mereka ciptakan. Tercatat dari 14 tembakan dilesatkan skuad besutan Erik ten Hag. Sepuluh di antaranya mengarah langsung ke gawang Loris Karius. Sebaliknya, The Magpies hanya membuat dua tembakan on target dari 15 tembakan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentar De Gea

De Gea sangat antusias menyambut kemenangan MU atas Newcastle United di final Carabao Cup 2022/2023. Ia juga mengaku itu hari yang paling sempurna untuk  memecahkan rekor baru. 

"Itu (laga final) adalah hari yang sempurnah untuk melakukannya. Mencatatkan rekor adalah sesuatu yang luar biasa jadi saya sangat bangga. Mari kita lanjutkan dan cobalah untuk menjaga clean sheets lainnya bersama,” ujar De Gea ketika diwawancara MUTV usai laga kontra Newcastle United.

 

3 dari 4 halaman

Jalannya Laga

MU menjuarai Carabao Cup 2022/2023 usai kalahkan Newcastle United 2-0 di Stadion Wembley, Senin dini hari WIB (27/2/2023). Ini adalah gelar pertama buat sang manajer Setan Merah Erik ten Hag.

Dua gol yang yang memupus catatan enam tahun MU puasa gelar setelah terakhir menjuarai Liga Europa 2016/2017 diciptakan Casemiro dan Marcus Rashford.

Sejak awal laga MU yang memang berambisi meraih trofi pertama langsung bermain menekan. Meski begitu Newcastle juga tak kalah sengit memberikan perlawanan.

Usaha keras Manchester United akhirnya membuahkan hasil pada menit 33. Casemiro mencetak gol yang berawal dari tendangan bebas Luke Shaw.

Tertinggal satu gol Newcastle semakin menaikkan tempo permainan. Namun, gawang mereka justru kembali kebobolan pada menit 39.

Rashford mencatatkan namanya di papan skor usai menerima umpan dari Wout Weghorst. Skor 2-0 untuk MU bertahan hingga usai.

4 dari 4 halaman

Babak II

Newcastle di awal babak ini coba merespons dengan meningkatkan tempo. Di sisi lain kedua tim sama-sama membuat perubahan susunan pemain di awal babak ini.

Newcastle terus coba menggempur MU. Setan Merah dipaksa bertahan dan berjibaku menjaga lini belakang mereka. Ten Hag merespons dengan memainkan Sabitzer untuk meningkatkan perlindungan di lini tengah.

Memasuki 10 menit akhir, Newcastle jelas tampak frustrasi. Mereka mencoba segala cara dan akhirnya terpaksa melepas tembakan-tembakan jarak jauh yang masih terlalu mudah bagi pertahanan MU.

Tambahan waktu 5 menit tidak cukup bagi Newcastle untuk mencetak gol balasan. Wasit meniup peluit panjang. Skor 2-0 untuk kemenangan MU.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.