Sukses

Hasil Superpole Race WSBK Mandalika 2023: Alvaro Bautista Crash, Toprak Razgatlioglu Rebut Posisi Pertama

Pembalap Pata Yamaha Toprak Razgatlioglu sukses finis di posisi terdepan dalam balapan ulang Superpole Race World Superbike (WSBK) Mandalika 2023 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Minggu (5/3/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Pembalap Pata Yamaha Toprak Razgatlioglu sukses finis di posisi terdepan dalam Superpole Race World Superbike (WSBK) Mandalika 2023 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Minggu, 5 Maret.

Rider berusia 26 tahun tersebut menjadi yang tercepat dalam balapan. Diikuti Andrea Locatelli, Alex Lowes, Jonathan Rea, dan Axel Bassani yang secara beruturut-turut menempati posisi lima besar.

Superpole Race WSBK Mandalika 2023 langsung diwarnai crashed. Loris Baz dan Alex Lowes tergelincir dari kendaraannya ketika balapan baru dimulai.

Tak lama berselang, giliran Jonathan Rea yang mengalami nasib buruk. Ia ikut-ikutan tertimpa kecelakaan di lap pertama yang memaksa dikibarkannya red flag, sehingga race harus terhenti sementara waktu.

Para pembalap pun kembali ke pit bersama kuda besinya. Sementara itu, marshal yang bertugas langsung turun untuk menangani lintasan Sirkuit Mandalika, termasuk tikungan dua yang menjadi lokasi crash Rea.

Race akhirnya baru bisa diulang sekitar pukul 09.50 WIB. Pembalap memulai dengan melakukan sighiting lap, sebelum menuju starting grid masing-masing untuk melakukan warm up (pemanasan) diikuti balapan sebanyak 8 laps.

Toprak Razgatlioglu langsung mendominasi jalannya Superpole Race WSBK Mandalika. Ia mampu mengasapi rival-rivalnya dan berada di posisi terdepan dalam balapan yang dihelat di Sirkuit Mandalika pada Minggu (5/5/2023) pagi.

Namun, kejadian kurang menyenangkan kembali mewarnai jalannya race. Loriz Baz mendapat gangguan di tikungan 10 dan mengalami kontak dengan Alex Lowes.  Alvaro Bautista juga mengalami crash yang membuatnya keluar dari lintasan di lap keempat.

Posisi tiga besar pun dihuni oleh Razgatlioglu, Locatelli, dan Lowes di dua lap terakhir. Jonathan Rea menguntit di posisi empat, disusulAxel Bassani yang duduk di urutan kelima.

Lowes mencoba membayangi rivalnya dan merebut tempat kedua. Namun, Locatelli masih terlampau tangguh untuk dilalui. Tak ada perubahan posisi di tiga besar hingga pembalap mencapai garis finis. Razgatlioglu dominan di tempat pertama, diikuti Locatelli dan Lowes. 

2 dari 3 halaman

Hasil Superpole Race

1. Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha)

2. Andrea Locatelli (Pata Yamaha)

3. Alex Lowes (Kawasaki Racing Team)

4. Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team)

5. Axel Bassani (Motocorsa Racing)

6. Xavi Vierge (Team HRC)

7. Michael Ruben Rinaldi (Aruba.it Racing Ducati)

8. Michael van der Mark (BMW Motorrad)

9. Scott Redding (ROKit BMW Motorrad WorldSBK Team)

10. Dominique Aegerter (GYTR GRT Yamaha)

11. Danilo Petrucci (Barni Spark Racing Team)

12. Garrett Gerloff (Bonovo Action BMW)

13. Philpp Oettl (Team GoEleven)

14. Remy Gardner (GYTR GRT Yamaha)

15. Lorenzo Baldassarri (GMT94 Yamaha)

16. Iker Lecuona (Team HRC)

17. Hafizh Syahrin (PETRONAS MIE Racing Honda)

18. Oliver Konig (Orelac Racing Movisio)

19. Eric Granado (Petronas Mie Racing Hona)

Tom Sykes (Kawasaki Puccetti Racing)

Alvaro Bautista (Aruba.it Racing Ducati)

Loris Baz (Bonovo Action BMW)

3 dari 3 halaman

Jadwal WSBK Mandalika 2023

WSBK Mandalika 2023 kini tinggal menyisakan balapan (race) 2 yang dihelat pada Minggu (5/3/2023) siang WIB. Simak rincian jadwalnya berikut ini!

Minggu, 5 Maret 2023

11.00 WIB: Race 2 WSSP

12.30 WIB: Race 2 WSBK