Sukses

Liverpool Tersingkir dari Liga Champions, Jurgen Klopp Akui Real Madrid Layak Lolos ke Perempat Final

Liverpool resmi tersingkir dari kompetisi Liga Champions usai kalah agregat 2-6 dari Real Madrid. Pelatih The Reds Jurgen Klopp mengakui bahwa Los Blancos memang layak lolos ke perempat final.

Liputan6.com, Jakarta Real Madrid kembali menjadi mimpi buruk Liverpool di Liga Champions. Setelah sempat dikalahkan di partai final edisi 2021/2022, skuad asuhan Jurgen Klopp kembali menuai hasil negatif kala bersua dengan Los Blancos dalam kompetisi musim ini.

The Reds disingkirkan sang raksasa La Liga di babak 16 besar setelah kalah agregat 2-6. Peluang Liverpool melaju ke babak selanjutnya memang nyaris tak terlihat sejak mereka dibantai di leg pertama pada Rabu (22/2/2023) lalu.

Gol cepat Darwin Nunez (‘4) dan Mohamed Salah (’14) mampu dibalas dengan lima gol yang bersumber dari brace Vinicius Junior dan Karim Benzema, serta sumbangsih Eder Militao.

Catatan tersebut membuat Liverpool start dengan posisi minor 2-5 di leg kedua. Anak-anak asuh Klopp sejatinya berupaya tampil lebih tangguh saat bertandang ke markas Real Madrid pada Kamis (16/3/2023) dini hari WIB.

The Reds menampilkan permainan agresif. Akan tetapi, upayanya mampu dibendung dengan rapi oleh lini belakang tuan rumah. Justru Los Blancos yang kembali membobol jaring Alisson pada menit 78. Benzema mencatatkan namanya di papan usai meneruskan umpan Vini Jr.

Dengan hasil ini, Los Blancos melenggang ke babak perempat final Liga Champions 2022/2023. Sementara itu, Liverpool harus mengubur mimpinya untuk merebut kembali trofi Si Kuping Besar yang sempat mereka dapatkan pada 2019 silam.

Pelatih The Reds Jurgen Klopp tak bisa menyembunyikan kekecewaannya usai menelan hasil minor di kompetisi sepak bola elite Eropa. Ia mengakui bahwa hasil yang didapat timnya di babak 16 besar tak sejalan dengan harapan mereka.

“Kalah 5-2 (di leg pertama) bukanlah hasil bagus jika Anda ingin lolos (ke delapan besar). Anda harus bisa tampil spesial (jika ingin membalikkan keadaan), dan kami tidak bisa melakukannya malam ini,” tutur Klopp kepada BT Sport, seperti dilansir dari BBC.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentar Jurgen Klopp Pasca Kekalahan dari Real Madrid

Walau begitu, Klopp juga tak segan memuji performa Real Madrid. Menurutnya, skuad asuhan Carlo Ancelotti memang layak tembus ke perempat final berkat penampilan impresif yang ditunjukkan selama bersua dengan Liverpool.

“Real Madrid mendapatkan peluang terbaik, dan Alisson sempat melakukan dua penyelamatan fantastis. Memang tim yang layaklah yang lolos (ke perempat final), kami harus mengakui hal itu,” katanya selepas kekalahan dari Los Blancos.

“Babak knock-out memang seperti ini adanya. Ini bukan hasil yang kami inginkan, tetapi inilah yang kami dapatkan,” tandas dia, mengutip laporan BBC.

3 dari 4 halaman

Jurgen Klopp Tak Mau Berandai-andai

Jurgen Klopp juga ogah berandai-andai timnya tampil lebih baik di leg pertama babak 16 besar. Juru taktik asal Jerman itu menilai Liverpool tetap saja berpotensi tersingkir dari Liga Champions, andai mereka bermain imbang dengan Real Madrid di kandang sendiri.

“Jika kami bermian imbang di kandang (Anfield), lalu tampil seperti yang kami lakukan mala mini (di markas Real Madrid), kami mungkin akan tetap tersingkir juga,” tutur Klopp.

“Kita tidak bisa datang ke sini dan berharap bakal mendapatkan sesuatu (yang berbeda). Kami mempersiapkan penampilan special mala mini, tetapi nyatanya hal itu tidak bisa diwujudkan,” pungkas pelatih berusia 55 tahun.

4 dari 4 halaman

Daftar Tim Lolos Perempat Final Liga Champions

Dengan kemenangan atas Liverpool, Real Madrid resmi menyusul sejumlah tim lain ke perempat final Liga Champions 2022/2023. Simak daftar lengkapnya berikut ini!

  1. AC Milan (Italia)
  2. Benfica (Portugal)
  3. Bayern Munchen (Jerman)
  4. Chelsea (Inggris)
  5. Manchester City (Inggris)
  6. Inter Milan (Italia)
  7. Real Madrid (Spanyol)
  8. Napoli (Italia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.