Sukses

MU Singkirkan Real Betis dari Liga Europa, Marcus Rashford Lewati Rekor Cristiano Ronaldo

Tak hanya berhasil mengantar MU melenggang ke fase delapan besar Liga Europa, Marcus Rashford juga berhasil melampaui catatan Cristiano Ronaldo sebagai pencetak gol terbanyak keenam MU di kancah sepak bola Eropa usai menjebol gawang Real Betis di leg pertama dan kedua babak 16 besar.

Liputan6.com, Jakarta Manchester United (MU) sukses menuai hasil positif di kompetisi Liga Europa 2022/2023. Skuad racikan Erik ten Hag tembus ke babak perempat final usai menang agretat 5-1 atas Real Betis di fase 16 besar.

Setan Merah memang tampil menjanjikan sejak duel leg pertama pada Jumat (10/3/2023) lalu. David de Gea dan kawan-kawan memetik kemenangan telak 4-1 berkat gol dari Marcus Rashford (‘6), Antony (’52), Bruno Fernandes (’58), dan Wout Weghorst (’82).

Capaian dominan kembali didapat MU saat bertandang ke markas Real Betis di leg kedua, Jumat (17/3/2023) dini hari WIB. Rashford lagi-lagi tampil sebagai pahlawan Setan Merah dengan menyumbangkan gol semata wayang pada menit 55.

Tak hanya mengantar Setan Merah melenggang ke fase delapan besar, gol Rashford di gawang Real Betis membuatnya resmi melampaui rekor Cristiano Ronaldo sebagai pencetak gol terbanyak keenam MU di kancah sepak bola Eropa.

Mirror mencatat pemain internasional Inggris itu sejauh ini telah membukukan total 25 gol bagi Setan Merah dalam ajang Liga Champions dan Liga Europa.

Capaian tersebut melebihi raihan CR7 yang baru mengoleksi total 24 gol bersama MU di kompetisi Eropa, dengan rincian 1 gol di kualifikasi Liga Champions, 22 gol Champions League, dan 2 gol Europa League.

Adapun gol teranyar Ronaldo dicetak beberapa saat sebelum dirinya berpisah dengan Setan Merah. Pesepak bola berusia 38 tahun itu tercatat membobol jaring lawan masing-masing satu kali saat meladeni Sheriff Tiraspol di matchday ke-2 dan ke-5.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berpotensi Pecahkan Rekor Paul Scholes

Tak hanya melampaui pencapaian Cristiano Ronaldo, Marcus Rashford berpotensi menyalip gelandang legendaris MU Paul Scholes yang saat ini menempati urutan kelima daftar pencetak gol terbanyak Setan Merah di Eropa.

Dilansir dari Mirror, koleksi gol eks pesepak bola berusia 48 tahun tersebut memang hanya terpaut tipis dari Rashford. Ia tercatat telah mengantongi 26 gol bersama sang raksasa Premier League selama menjajal kompetisi Eropa.

Rashford punya peluang besar untuk menggeser posisi Scholes mengingat MU bakal mendapat tambahan setidaknya dua pertandingan di Europa League musim ini.

Kesempatan mengalahkan rekor legenda Setan Merah lainnya juga makin terbuka lebar apabila sang pemain berhasil mengantar MU tembus hingga partai puncak.

3 dari 4 halaman

Jalannya Pertandingan Real Betis vs MU

Real Betis sejatinya tampil cukup bersaing di awal babak pertama leg kedua fase 16 besar kontra MU. Kubu Spanyol langsung mengancam sejak menit ke-8 lewat aksi Juanmi. Ia bergerak melewati Harry Maguire dan melepas tembakan, tetapi masih melebar.

Juanmi kembali mencoba menciptkan peluang di menit ke-31. Keuntungan bagi Setan Merah lantaran pergerakannya dapat dihentikan oleh David de Gea.

Giliran MU yang nyaris membuka skor lewat Facundo Pellistri di masa injury time babak pertama. Malang, tembakannya masih mengenai tiang, sehingga kedudukan imbang 0-0 bertahan sampai turun minum.

Setan Merah tampil lebih agresif di babak kedua. Marcus Rashford membangun ruang untuk mencetak gol di menit ke-50, tetapi tembakannya dari jarak dekat belum akurat. Hal serupa terjadi tiga menit berselang. Lesakan sang pemain malah berhasil dihalau Rui Silva.

Rentetan upaya MU membahayakan jaring Real Betis akhirnya berbuah manis di menit ke-55. Marcus Rashford tak menyia-nyiakan kesempatan usai tembakan jarak jauhnya gagal dihalau Rui Silva. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan MU.

Pasukan Erik ten Hag masih mencoba menggandakan keunggulan. Namun, tak ada peluang emas lain yang mampu dikonversi menjadi gol. Kedudukan tak berubah sampai wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan.

4 dari 4 halaman

Daftar Tim Lolos Perempat Final Liga Europa

Dengan kemenangan atas Real Betis, MU berhak merebut satu tiket ke babak perempat final bersama tujuh tim lainnya. Berikut daftar lengkap kesebelasan yang lolos fase delapan besar Liga Europa 2022/2023.

  1. Union Saint Giloise (Belgia)
  2. Bayer Leverkusen (Jerman)
  3. AS Roma (Italia)
  4. Juventus (Italia)
  5. Sevilla (Spanyol)
  6. Manchester United (Inggris)
  7. Feyenoord (Belanda)
  8. Sporting Lisbon (Portugal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.