Sukses

Usai Hadiri Kongres FIFA di Rwanda, Erick Thohir Beberkan Rencana Sinergi PSSI dengan AFC

Ketua Umum PSSI Erick Thohir membeberkan rencana sinergi yang akan dijalin pihaknya dengan AFC usai mengikuti Kongres FIFA ke-73 di Kigali, Rwanda, pada Kamis (16/3/2023) lalu.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PSSI Erick Thohir membeberkan rencana sinergi yang akan dijalin pihaknya dengan AFC usai mengikuti Kongres FIFA ke-73 di Kigali, Rwanda, pada Kamis (16/3/2023) lalu. 

Sosok yang menjadi suksesor Mochamad Iriawan di kursi tertinggi federasi sepak bola Tanah Air itu memang baru saja kembali dari Afrika bersama sejumlah anggota komite eksekutif (exco) PSSI untuk menghadiri agenda FIFA.

Dalam keterangan yang diberikan kepada awak media, Minggu (19/3/2023), Erick mengeklaim dirinya sempat bertemu dengan perwakilan konfederasi sepak bola Asia (AFC) di sela-sela agenda untuk membahas terkait rencana sinergi jadwal kompetisi.

Hal ini dilakukan guna memastikan adanya waktu istirahat bagi para pemain di tengah padatnya jadwal perhelatan sepak bola level nasional, Asia Tenggara, Asia, hingga dunia.

"Kalau dari AFC kemarin, kita mensinergikan agenda. Karena kita ingat agenda sepak bola di dunia itu ada FIFA Matchday, ada kalender AFC, dan ada kalender AFF," tuturnya saat ditemui di Jakarta.

"Kapan istrahatnya para pemain (kalau agendanya terlalu padat)? Kapan juga kita mempersiapkan tim nasional," sambung Erick.

"Salah satu (pembahasan saat kita) duduk bersama AFC, nanti di pertemuan berikutnya kita akan memaparkan agenda kita ini (turnamen pramusim Liga 2 dan Liga 3) yang tadi (kita rancang) dalam sarasehan," tandasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rencana Turnamen Pramusim Liga 2 dan Liga 3

Sebagai informasi, PSSI sebelumnya memang berencana menggelar turnamen pramusim untuk klub-klub Liga 2 dan Liga 3 pada medio Juni hingga Oktober mendatang.

Langkah ini dilakukan guna mengantisipasi kekosongan kompetisi sekaligus mengatasi persoalan menganggurnya pemain, wasit, serta pelatih klub-klub Liga 2 dan Liga 3.

“Untuk jangka pendek, kita akan melakukan turnamen (pramusim bersama klub) Liga 2 dan Liga 3 di bulan Juni sampai September atau Oktober,” tutur Erick pada Minggu (19/3/2023) siang WIB.

“Artinya apa? Isu mengenai pemain menganggur, wasit menganggur, pelatih menganggur, kita sudah lakukan terobosan dengan adanya turnamen (pramusim) Liga 2 dan Liga 3,” tandas eks presiden Inter Milan.

3 dari 3 halaman

Kerja Sama PSSI dengan Negara Lain

Tak hanya berencana menyinergikan jadwal dengan AFC, Erick Thohir mengeklaim pihaknya juga sempat membahas rancangan kerja sama dengan berbagai negara, termasuk Jepang dan Australia.

"Jepang sudah akan menandatangani kerja sama dengan Indonesia untuk kerja sama liga. Kerja samanya seperti apa?  Itu bisa (dalam hal) manajemen, perwasitan, sistem, dan lain-lain. Dengan Jepang juga mau ada kerja sama untuk pembangunan sepak bola putri."

"Lalu dengan Australia, ini kan negara tetangga yang sudah masuk zona Asia. Kelasnya dia cukup tinggi. Kita ingin lihat apa teknologi olahraga yang mereka gunakan. Karena sport science salah satu yang terbaik (di dunia adalah milik) Australia. Kita juga ingin belajar dari mereka," kata Erick.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.