Sukses

Harry Kane Incar Rekor Wayne Rooney Jelang Laga Kontra Italia

Kapten timnas Inggris Harry Kane berpotensi memecahkan rekor top skor yang dipegang Wayne Rooney.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Inggris akan bertandang ke Stadion Diego Armando Maradona untuk sekali lagi berhadapan dengan Italia dalam Kualifikasi Euro 2024 pada Jumat (24/3/2023). Three Lions yang belum pernah merasakan kemenangan atas Gli Azzuri nampaknya akan berusaha keras untuk memecah rekor buruk tersebut.

Di samping itu, melansir dari BBC Sport, kapten timnas Inggris Harry Kane dinilai akan memiliki ‘motivasi tambahan’ ketika menghadapi Italia karena berpotensi memecahkan rekor top skor yang dipegang Wayne Rooney, sebut Gareth Southgate.

“Saya tahu ia akan memiliki motivasi tambahan besok malam untuk kembali dan menunjukkan kepada semua orang tentang dirinya dengan seragam Inggris,” ujar sang manajer.

Sementara ini, Kane telah mengantongi 53 gol untuk Inggris, sama seperti sang pemegang rekor, Rooney. Lebih baik lagi, bomber Tottenham Hotspur tersebut melakukannya dalam jumlah pertandingan yang jauh lebih sedikit (80) ketimbang eks striker Manchester United itu (120).

Sebenarnya Kane berpeluang untuk memecahkan rekor tersebut lebih cepat. Namun, striker berusia 29 tahun itu gagal mengonversi tendangan penalti dalam babak perempat final Piala dunia 2022 ketika Inggris harus takluk di tangan Perancis.

“Kami sudah melihat penampilannya untuk klubnya, ia telah melupakannya,” kata Southgate mengenai kegagalan Kane di ajang Piala Dunia.

Pertandingan di Italia besok akan menandai dimulainya perjuangan Inggris untuk mendapat tempat di ajang Euro 2024 yang akan diadakan di Jerman musim panas tahun depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fokus ke Depan

Setelah berhasil lolos ke semi final Piala Dunia 2018 dan final Euro 2020, di mana mereka dikalahkan oleh Italia, skuad asuhan Gareth Southgate merupakan salah satu tim yang difavoritkan dalam Euro 2024. Namun, Southgate mengatakan hasil yang mereka peroleh di masa lalu tidak akan relevan ke depannya, khususnya untuk laga esok.

“Kami harus memiliki kerendahan hati untuk bekerja keras dan lolos lagi. Ini adalah pertandingan yang bagus untuk mewujudkannya,” ucap pria berusia 52 tahun itu.

3 dari 3 halaman

Bersemangat

Jelang duel klasik antara Italia dengan Inggris ini, aspek keamanan telah banyak dibicarakan selama persiapan pertandingan. Pekan lalu, delapan orang ditangkap dalam kerusuhan antara pendukung Eintracht Frankfurt dengan Napoli.

Namun, Gareth Southgate tidak menghiraukan masalah tersebut dan malah mengungkapkan jika ia sudah tidak sabar datang ke Italia.

“Saya belum pernah ke Naples sebelumnya dan sejarah sepak bola di sini sangat kaya. Saya senang bermain di kota yang mencintai sepak bola, dengan sejarah yang hebat,” kata Southgate.

Eks pemain yang berposisi sebagai bek tersebut juga mendorong para pendukung Inggris agar senantiasa berkelakuan baik ketika datang ke pertandingan tandang.

“Kami selalu meminta penggemar kami untuk menjadi turis yang baik dan menghormati budaya lokal dan kami berharap tidak akan ada masalah ketika pertandingan berlangsung dan beberapa hari setelahnya,” tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.