Sukses

Elkan Baggott Bicara soal Kualitas Burundi Jelang FIFA Matchday Kontra Timnas Indonesia

Timnas Indonesia bakal menghadapi Burundi dalam FIFA Matchday, Sabtu (25/3/2023) dan Selasa (28/3/2023) mendatang. Bek Skuad Garuda Elkan Baggott pun mewaspadai kecepatan dan kekuatan fisik pemain dari negara Afrika tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia bakal meladeni perlawanan Burundi dalam pertandingan FIFA Matchday Maret 2023 yang dijadwakan berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi pada Sabtu (25/3/2023) dan Selasa (28/3/2023) mendatang.

Bek Skuad Garuda Elkan Baggott pun mengomentari potensi jalannya duel Indonesia vs Burundi di laga tersebut. Menurutnya, negara asal Afrika berpeluang menyulitkan tim racikan Shin Tae-yong sebab mereka memiliki sederet pemain berkualitas.

“Di Inggris saya punya banyak pengalaman bermain melawan pesepak bola dari negara-negara berbeda,” ungkap Elkan saat ditemui selepas latihan Timnas Indonesia di Jakarta International Stadium (JIS), Kamis (23/3/2023) malam WIB.

“Anda tahu, mereka (para pemain Burundi) pasti kuat, cepat. Mereka juga punya pemain berkualitas, jadi kami harus siap untuk untuk menghadapi tantangannya,” sambung pesepak bola berusia 20 tahun tersebut.

Lebih lanjut, Elkan juga turut mewaspadai adanya sejumlah pemain jebolan Eropa dalam Timnas Burundi. Salah satu nama yang ia sebut adalah Saido Berahino.

Penyerang kelahiran 1993 itu memang pernah melanglang buana di beberapa klub Liga Inggris, termasuk West Bromwich Albion, Brentford, dan Stoke City.

“Ya, Salah satu pemain yang saya tahu adalah Saido Berahino. Tentu saja mereka membawa beberapa pemain berkualitas,” tutur Elkan kepada awak media.

2 dari 3 halaman

Duet Elkan Baggott dan Jordi Amat

Demi mengantisipasi potensi bahaya yang bisa dihadirkan Burundi di FIFA Matchday, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong telah memanggil sejumlah pemain menjanjikan, salah satunya ialah penggawa naturalisasi Jordi Amat.

Laga ini pun menjadi kali pertama Jordi dan Elkan bakal berduet di lini pertahanan. Pasalnya, dalam debut Jordi di Piala AFF 2022, Elkan tidak menjadi bagian dari skuad Garuda. Ia kala itu memilih untuk memperkuat klubnya di Inggris.

“Saya tidak sabar menunggu (kesempatan main bersama Jordi). Seperti yang saya katakan, (dia adalah) pemain dengan kualitas top,” tutur Elkan saat ditanyai mengenai potensi duetnya dengan Jordi Amat di Timnas Indonesia.

“Saya bisa belajar banyak darinya. Anda tahu posisi saya, saya ingin belajar sebanyak yang saya bisa. Dan bermain bersama Jordi bakal membantu permainan saya juga,” sambung pesepak bola yang kini menjalani masa pinjaman di Cheltenham Town itu.

3 dari 3 halaman

Tanpa Shayne Pattynama dan Sandy Walsh

Sayangnya, di sisi lain, terdapat pula duo pemain naturalisasi yang batal menjalani debut dengan Skuad Garuda. Shayne Pattynama belum bisa memperkuat Tim Merah Putih lantaran proses perpindahan federasinya dari dari KNVB ke PSSI belum tuntas.

Sementara itu, Sandy Walsh saat ini tengah dilanda cedera cukup parah, yang memaksanya harus kembali menunda debut bersama Timnas Indonesia di FIFA Matchday.

Elkan Baggott pun menyayangkan nasib kurang beruntung yang dialami dua rekannya. Padahal, pemain kelahiran Thailand itu menilai kehadiran Pattynama dan Walsh bakal mendongkrak kualitas Skuad Garuda.

“Ya, sangat disayangkan mereka berdua tidak ada di sini. Kualitas keduanya tinggi, jadi jika ada mereka (Timnas Indonesia) akan bagus,” tutur Elkan pada Kamis (23/3/2023).

“Akan tetapi, sebagai tim, kita juga punya kualitas yang bagus. Seperti Jordi, dia adalah pemain yang hebat,” pungkas sang pemain kepada awak media.