Sukses

Menpora Baru Dito Ariotedjo Disebut Jadi Angin Segar untuk Atlet SEA Games 2023

Dito Ariotedjo diangkat menjadi Menpora baru untuk gantikan Zainudin Amali jelang SEA Games 2023 Kamboja digelar pada Mei nanti.

Liputan6.com, Jakarta Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia di SEA Games 2023 Lexyndo Hakim menyambut gembira ditunjuknya tokoh muda Golkar, Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang baru. Dito Ariotedjo sudah resmi dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Menpora di Istana Negara, Jakarta, Senin.

Presiden Jokowi melantik Dito pada H-32 jelang SEA Games 2023 di Kamboja yang dijadwalkan bergulir pada 5-17 Mei. Ini disebut Lexyndo Hakim sebagai angin segar bagi atlet yang akan tampil di SEA Games 2023 Kamboja.

Lexyndo mengatakan hal itu merupakan bagian dari bentuk perhatian Presiden Jokowi terhadap olahraga Indonesia, khususnya kepada para atlet yang akan tampil pada SEA Games 2023.

"Terima kasih Pak Presiden yang di tengah kesibukannya, di tengah kepusingannya mengurus sepak bola, masih memikirkan tentang atlet kita yang akan berangkat ke SEA Games di Kamboja," kata Lexy seperti dikutip antara.

Lexy mengatakan penunjukan Dito membawa angin segar dan harapan buat para atlet yang akan berangkat ke SEA Games. Ini juga diharapkan dapat memperjelas segala hal terkait SEA Games yang selama ini masih abu-abu.

"Ya kita sangat bersyukur karena di sela-sela terbatasnya waktu menuju SEA Games kita diberikan Menpora yang pasti akan bergerak cepat. Harapan kami semua, kehadiran Pak Menpora yang baru bisa membawa optimisme dari Presiden kepada atlet dengan mempercayai anak muda untuk menjadi Menpora. Jadi ini waktunya untuk kaum muda berbicara," kata Lexy.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dito Ariotedjo Menpora Baru Berpengalaman di Olahraga

 

Seperti diketahui, Dito merupakan merupakan staf khusus bidang hubungan antarlembaga di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian selain juga mantan Ketua Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI). Selain itu, Dito juga pernah menjabat sebagai Ketua ISSI DKI periode 2015-2019 dan tercatat sebagai salah satu komisaris RANS Nusantara.

"Sejak ditunjuk sebagai CdM pada 14 Februari saya bersama tim langsung bekerja secara paralel. Komunikasi dan koordinasi termasuk salah satunya berkunjung ke Kamboja untuk memastikan semua persiapan di sana dan kunjungan ke cabang olahraga yang sedang pelatnas untuk memberikan semangat dan motivasi atlet," ujar Lexy.

"Kami dari Tim CdM dan atlet serta pengurus cabang olahraga pastinya berharap banyak pada Pak Menpora yang baru bisa gerak cepat untuk satu-dua hari ini sudah bisa mengumumkan cabor-cabor mana saja yang akan dikirim mewakili Merah Putih di SEA Games Kamboja nanti," katanya.

 

3 dari 4 halaman

Jokowi Resmi Lantik Dito Ariotedjo

 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Terhitung hari ini, Dito secara resmi telah menggantikan posisi Zainudin Amali yang mengundurkan diri untuk fokus menjadi Wakil Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Pelantikan Dito Ariotedjo sebagai Menpora dilakukan bersama dengan pelantikan Komjen Rycko Amelza sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggantikan Komjen Boy Rafli Amar.

Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," ucap Dito Ariotedjo saat membacakan sumpah jabatan di Istana Negara Jakarta, Senin (3/4/2023).

Mengutip rekam jejaknya, pria bernama lengkap Ario Bimo Nandito Ariotedjo ini lahir pada 25 September 1990 di Jakarta. Dito panggilan akrabnya mulai merambah dunia politik dengan menjadi kader Partai Golkar. Saat di Golkar, Dito terlibat dalam organisasi kepemudaan sayap partai, Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI). Selama di AMPI, Dito sempat menjabat sebagai ketua umum.

Melihat latar pendidikannya, Dito adalah lulusan SMAN 6 Jakarta dan Fakultas Hukum Universita Indonesia (FHUI). Dunia kampus dijalani Dito dengan sibuk berorganisasi dan menjadi aktivis melalui jalur badan eksekutif mahasiswa (BEM) dengan mengemban tanggung jawab sebagai bendahara umum.

 

4 dari 4 halaman

Golkar Dukung Dito Ariotedjo Jadi Menpora Baru

 

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Nurul Arifin meyakini jika sosok Dito Ariotedjo mampu mengemban tugas sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Pelantikan Dito akan dilakukan pada Senin (3/4) pukul 16.00 WIB.

Dito akan dilantik, setelah sebelumnya Zainudin Amali memilih mengundurkan diri sebagai Menpora usai terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI. Untuk mengisi kekosongan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, sebagai Plt Menpora.

"Kami yakin Dito mampu mengembang tugas barunya sebagai Menpora," kata Nurul, saat dikonfirmasi, Senin (3/4).

Lebih lanjut, Nurul Arifin menjelaskan, bagaimana kiprah Dito dalam partai di umurnya yang masih muda. Dito adalah politisi muda Partai Golkar, dan sudah memimpin Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Golkar.

"Dito sosok anak muda yang kreatif dan inovasinya terlihat selama memimpin AMPI," paparnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.