Sukses

Hasil BRI Liga 1: Sempurnakan Gelar Juara, PSM Makassar Menang Telak atas Borneo FC di Laga Terakhir

PSM Makassar menutup BRI Liga 1 2022/2023 dengan catatan manis. Tak hanya menyabet gelar juara, Juku Eja juga menang telak 3-0 atas Borneo FC di laga terakhir pada Minggu (16/4/2023) malam WIB.

Liputan6.com, Jakarta PSM Makassar sukses menyempurnakan kemenangannya di BRI Liga 1 2022/2023 usai menumbangkan perlawanan Borneo FC dalam laga terakhr.

Bermain di Stadion Gelora B. J. Habibie pada Minggu (16/4/2023) malam WIB, pasukan Juku Eja membungkam tim tamu dengan tiga gol tanpa balas yang dilesakkan oleh Yance Sayuri (’12), Yakob Sayuri (’30), dan Wiljan Pluim (’60)

PSM Makassar memang tampil ganas sejak awal babak pertama. Anak-anak asuh Bernardo Tavares langsung mendapat peluang bagus di menit ke-7.

Yance Sayuri dan Everton menjalin kerja sama apik untuk menembus lini belakang Borneo. Malang, upaya ini belum berhasil dikonversi menjadi gol lantaran ruang tembak Yance segera ditutup oleh Terens Puhiri.

Gol perdana Juku Eja akhirnya mampu diciptakan pada menit ke-12. Tendangan bebas Yance Sayuri mulus melewati benteng pemain Pesut Etam dan gagal dijangkau oleh Angga Saputro. Alhasil, kedudukan sementara berubah menjadi 1-0.

Borneo FC mencoba mengais peluang guna menyeimbangkan kedudukan. Jonathan Bustos mendapat kesempatan untuk membobol jaring tim tuan rumah, tetapi bola yang dilesakkannya masih dapat diamankan oleh Reza Arya Pratama.

Pesut Etam belum jemu-jemu menebar ancaman di kubu pertahanan PSM Makassar. Serangan bertubi-tubi dikirimkan oleh tim tamu. Akan tetapi, tidak ada satu pun yang mampu bersarang di gawang kawalan Reza.

Justru tim tuan rumah yang sanggup menggandakan keunggulan di menit 31. Wiljan Plum menggiring bola melewati dua pemain Borneo FC, sebelum melepaskan umpan cantik yang mampu dituntaskan dengan maksimal oleh Yakob Sayuri.

Tak ada gol baru yang tercipta mendekati pengujung babak pertama. Borneo FC gagal menyeimbangkan kedudukan hingga turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua PSM Makassar vs Borneo FC

Pesut Etam mencoba menjawab tantangan Juku Eja di paruh kedua. Namun, tim besutan Pieter Huistra masih sulit memecah kebuntuan hingga laga berjalan lebh dari 50 menit.

PSM Makassar kembali unjuk gigi 15 menit pasca jeda. Wiljan Pluim lagi-lagi tampil sebagai sosok penting yang mengantar Juku Eja memperlebar selisih jarak dengan tim tamu.

Memanfaatan tendangan sudut Yance, pesepak bola berkepala plontos itu melakukan heading yang gagal diantisipasi oleh Angga Saputra. Skor sementara kembali berubah menjadi 3-0 untuk keunggulan PSM Makassar.

Borneo FC mulai kehabisan waktu. Peluang untuk memangkas ketertinggalan sejatinya sempat didapat Muhammad Sihran di menit 85. Namun, tembakan kaki kirinya yang kurang keras membuat bola gagal menembus gawang Juku Eja.

Tambahan waktu satu menit tak cukup bagi Pesut Etam untuk mencetak gol hiburan. Borneo FC mau tak may harus mengakui keunggulan sang juara BRI Liga 1 2022/2023 usai tunduk 0-3 hingga wasit meniupkan peluit panjang.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain PSM Makassar vs Borneo FC

PSM Makassar: Reza Arya Pratama; Erwin Gutawa, Akbar Tanjung, Safrudin Tahar; Yakob Sayuri, Muhammad Arfan, Kenzo Nambu, Ananda Raehan, Yance Sayuri; Wiljan Pluim, Everton

Borneo FC: Angga Saputro; Diego Michiels, Agung Prasetyo, Julio Cesar, Abdul Rachman; Jonathan Bustos, Adam Alis, Wahyudi Hamisi; Stefano Lilipaly, Matheus Pato, Terens Puhiri

4 dari 4 halaman

Klasemen Akhir BRI Liga 1 2022/2023

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.