Sukses

Manchester United Terkena Imbas Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Manchester United ikut pusing juga dari batalnya Indonesia menggelar Piala Dunia U-20 2023.

Liputan6.com, Jakarta- Manchester United ikut terkena imbas dari gagalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. MU terpaksa melarang salah satu pemain muda berbakatnya untuk ikutan di Piala Dunia U-20 2023 yakni winger Alejandro Garnacho.

Pemain 18 tahun itu seharusnya membela timnas Argentina di Piala Dunia U-20. Garnacho merupakan andalan pelatih Javier Mascherano. Akan tetapi, menurut jurnalis Gaston Edul, MU hampir pasti tidak akan melepas Garnacho membela Argentina di Piala Dunia U-20 2023.

Manajer Erik ten Hag masih membutuhkan jasa Garnacho di akhir musim 2022/2023. Pasalnya Piala Dunia U-20 2023 dimulai saat kompetisi Eropa masih berlangsung. Piala Dunia U-20 2023 rencananya berlangsung sejak 20 Mei.

Jika Alejandro Garnacho diizinkan membela Argentina maka MU tak akan bisa memakai jasanya pada dua laga terakhir Liga Inggris kala melawan Bournemouth dan Fulham.

MU masih punya kepentingan di sisa Liga Inggris musim 2022/2023. Mereka berusaha finis di empat besar klasemen akhir agar mendapat tiket lolos ke Liga Champions musim depan.

Garnacho sendiri juga masih dalam proses pemulihan cedera pergelangan kaki yang didapat pada pertengahan bulan lalu. Garnacho sudah absen di empat laga Liga Inggris akibat cedera tersebut. Namun kondisinya sudah membaik dan diperkirakan tidak lama lagi sudah bisa bermain.

2 dari 5 halaman

MU Tak Beri Izin

Gaston Edul mengaku sudah mendapat bocoran bila MU telah memberitahu Garnacho untuk tidak memenuhi panggilan timnas Argentina untuk ikut putaran final Piala Dunia U-20 2023.

"Manchester United tidak ingin melepaskan Alejandro Garnacho untuk Piala Dunia dan mereka telah memberi tahu dia. Sepertinya mereka tidak akan melepaskannya. Federasi Argentina dan [Javier] Mascherano (manajer U-20) akan melakukan segala kemungkinan baginya untuk bermain tapi itu sulit," kata Edul kepada TyC Sports.

3 dari 5 halaman

Dirugikan dengan Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah

MU sebenarnya tak perlu menghadapi dilema melepas Garnacho andai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 tidak diganti dan tetap di Indonesia. Argentina sebenarnya tidak lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2023.

Namun karena FIFA membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 akibat protes penolakan Israel dan menggesernya ke Argentina maka tim Tango otomatis ikut serta lewat jatah sebagai tuan rumah.

4 dari 5 halaman

Bersinar di Manchester United.

Garnacho merupakan salah satu pemain yang secara mengejutkan bisa menembus tim utama MU. Ten Hag cukup sering memainkannya. Total Garnacho sudah tampil 29 kali dengan membuat empat gol dan lima assists.

MU menaruh harapan besar pada Garnacho agar bisa menjadi pemain hebat di masa mendatang. Mereka akan menjaga Garnacho dengan hati-hati.

5 dari 5 halaman

Klasemen