Sukses

Manchester City vs Arsenal: Erling Haaland Pecahkan Rekor Liga Inggris, Samai Prestasi Cristiano Ronaldo

Haaland sukses memecahkan rekor Liga Inggris untuk satu gol dalam 38 pertandingan. Dia juga menyamai rekor milik Cristiano Ronaldo.

Liputan6.com, Jakarta- Erling Haaland begitu luar biasa pada musim debutnya di Liga Inggris. Pemuda asal Norwegia tersebut langsung bisa memecahkan rekor yang sebenarnya sulit dipecahkan pada percobaan pertamanya.

Haaland kini sah menyandang status pemain paling banyak mencetak gol dalam satu musim Liga Inggris dengan format 38 pertandingan. Pemain 22 tahun itu sudah mengoleksi 33 gol berkat sumbangan satu gol saat City melumat Arsenal 4-1 pada Kamis (27/4/2023) dini hari WIB.

Rekor gol terbanyak yang dipecahkan Haaland sebelumnya dipegang winger Liverpool Mohamed Salah. Pemain Mesir tersebut menjadi top skor Liga Inggris dengan 32 gol pada musim 2017/2018.

Yang luar biasa Haaland memecahkan rekor Salah dengan jumlah pertandingan baru 29 kali. Haaland masih bisa mempertajam rekor tersebut karena Manchester City masih memiliki tujuh pertandingan lagi di Liga Inggris musim 2022/2023.

Eks pemain Borussia Dortmund itu bahkan bisa memecahkan rekor milik Alan Shearer dan Andy Cole sebagai pemain paling banyak membuat gol dalam satu musim Liga Premier dengan 34 gol.

Cole dan Shearer melesakkan 34 gol dalam satu musim Premier League yang masih memakai format 42 pertandingan di musim 1993/1994 dan 1994/1995. Praktis Haaland cuma butuh dua gol di sisa tujuh laga City untuk melewati pencapaian Cole dan Shearer.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Samai Rekor Ronaldo dan Torres

Satu gol yang dicetak Haaland saat melawan Arsenal juga membuatnya menyamai pencapaian Cristiano Ronaldo dan Fernando Torres sebagai pemain yang mencetak gol kandang terbanyak dalam satu musim dengan 21 gol.

Ronaldo melakukannya untuk Manchester United pada musim 2007/2008. Torres juga mencetak 21 gol di musim yang sama bersama Liverpool.

3 dari 3 halaman

Rekor Lain

Sebelumnya Haaland juga sudah sukses memecahkan rekor legenda Manchester United dan Salah berkat satu golnya ke gawang Bayern Munchen di Liga Champions.

Haaland menjadi bintang kemenangan 3-0 City atas Bayern Munchen pada leg pertama perempat final Liga Champions, Rabu (12/4/2023) dini hari WIB. Pemuda 22 tahun itu membuat satu gol dan satu assists untuk gelandang serang Bernardo Silva.

Eks pemain Borussia Dortmund itu seharusnya bisa mencetak dua gol. Sayangnya peluang emas Haaland di babak pertama masih bisa dibendung kiper Munchen Yann Sommer.

Walau cuma membuat satu gol, Erling Haaland kembali masuk buku sejarah. Haaland menjadi pemain Liga Inggris dengan koleksi gol terbanyak dalam satu musim di semua ajang yang diikuti. Total Haaland sudah mencetak 45 gol di berbagai ajang pada musim 2022/2023.

Haaland melewati rekor yang dipegang bersama oleh pemain MU Ruud van Nistelrooy dan Mohamed Salah. Van Nistelrooy membuat 44 gol di musim 2002/2003. Sedangkan Salah melakukannya pada musim 2017/2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.