Sukses

Sepak Bola SEA Games 2023: Indra Sjafri Sudah Temukan Komposisi Pemain Timnas Indonesia U-22 untuk Semifinal

Timnas Indonesia U-22 berhasil keluar sebagai juara grup A usai menyapu bersih kemenangan di babak penyisihan SEA Games 2023 Kamboja. Juru taktik Garuda Nusantara Indra Sjafri mengeklaim pihaknya sudah mendapat susunan pemain terbaik untuk melakoni laga semifinal pada akhir pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-22 sukses membuktikan dominasinya di fase grup A SEA Games 2023 Kamboja. Pasukan Merah Putih melaju ke semifinal dengan status juara grup usai menyapu bersih kemenangan di babak penyisihan.

Garuda Nusantara sejak awal memang cukup diunggulkan dalam persaingan grup A SEA Games 2023 . Terbukti, Marselino Ferdinan dan kawan-kawan langsung memetik kemenangan 3-0 atas Filipina di laga perdana, Sabtu (29/4/2023).

Timnas Indonesia U-22 kembali menunjukkan taringnya dengan berjaya 5 gol tanpa balas atas Myanmar, serta menaklukkan Timor Leste 3-0. Teranyar, Tim Merah Putih unggul 2-1 meski bermain di hadapan suporter tuan rumah Kamboja.

Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri bersyukur atas pencapaian anak-anak asuhnya. Ia juga mengeklaim pihaknya sudah menentukan komposisi pemain di babak semifinal berkat informasi yang dikumpulkan sepanjang fase grup A.

“Alhamdulillah kami menuntaskan fase grup dengan empat kemenangan dan tentu kita juga bersyukur tadi merotasi atau memainkan pemain-pemain yang jam bermainnya kurang,” tuturnya selepas laga melawan Kamboja, Rabu (10/5/2023), dilansir dari situs PSSI.

“Kalau ditanyakan persiapan semifinal, persiapan kami ya itu: dari pertandingan pertama, kedua, ketiga, keempat. Itu adalah persiapan semifinal dan periodisasinya sesuai dengan apa yang kami rancang.”

“Dari 4 match, kami simpulkan, dapat susunan terbaik timnas untuk hadapi semifinal. Itu berkat dari 4 match (di fase grup). Termasuk lawan Kamboja, hampir 5 pemain kunci tidak dimainkan. Bersyukur dari 20 pemain yang dipiliih, semua tunjukkan kemampuannya,” tandas juru taktik berusia 60 tahun tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Mau Pilih Lawan di Semifinal

Sekadar informasi, Timnas Indonesia U-22 bakal didampingi Myanmar di semifinal SEA Games 2023 Kamboja. Kepastian ini didapat skuad racikan Michael Feichtenbeiner usai mengalahkan Filipina di laga pemungkas, Rabu (10/5/2023).

Sementara itu di grup B, Thailand dan Vietnam menjadi duo grup yang sukses mengamankan slot tanding di fase empat besar. Mereka bakal saling sikut pada Kamis (11/5/2023) demi memperebutkan posisi juara grup.

Indra Sjafri mengeklaim pihaknya tak bisa memilih atau menghindari lawan mana pun di semifinal. Maklum, Thailand dan Vietnam memang sama-sama dikenal sebagai negara yang digdaya dalam kancah sepak bola ASEAN.

“Indonesia tidak bisa hindari lawan siapa pun. Mereka (yang) pilih, mau lawan kami atau Myanmar? Silakan pilih,” tutur pelatih kelahiran 1963 itu.

3 dari 3 halaman

Jadwal Semifinal SEA Games 2023

Indonesia masih menunggu lawan yang akan dihadapi dalam semifinal SEA Games 2023. Walau begitu, pertarungan di fase empat besar dipastikan bakal berlangsung pada akhir pekan ini. Berikut jadwal lengkapnya.

Sabtu, 13 Mei 2023

16.00 WIB: Timnas Indonesia U-22 vs Runner-up Grup B

19.00 WIB: Juara Grup B vs Timnas Myanmar U-22

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.