Sukses

Semifinal Sepak Bola SEA Games 2023: Indra Sjafri Ogah Beberkan Strategi Timnas Indonesia U-22 Hadapi Vietnam

Timnas Indonesia U-22 bakal meladeni Vietnam di babak semifinal cabang olahraga sepak bola SEA Games 2023, Sabtu (13/5/2023). Pelatih Garuda Nusantara Indra Sjafri ogah memberi bocoran strategi yang bakal dipakai tim racikannya saat menghadapi The Golden Star.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-22 bakal meladeni Vietnam di babak semifinal cabang olahraga sepak bola SEA Games 2023. Duel antara duo kesebelasan dijadwalkan bergulir pada Sabtu (13/5/2023) mulai pukul 16.00 WIB.

Pertandingan Indonesia vs Vietnam diprediksi bakal berlangsung sengit. Pasalnya, Pasukan The Golden Star sejak dulu memang dikenal sebagai salah satu musuh bebuyutan Indonesia di kancah sepak bola Asia Tenggara.

Adapun Vietnam lolos ke semifinal SEA Games 2023 dengan status runner-up grup B usai bermain imbang dengan Thailand di laga pemungkas, Kamis (11/5/2023).

Sementara itu, Indonesia berhasil menyandang predikat juara grup A setelah menyapu bersih kemenangan atas Filipina, Myanmar, Timor Leste, dan Kamboja di fase penyisihan.

Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri tak menampik bahwa semifinal merupakan babak yang sudah dinantikan oleh anak-anak asuhnya. Walau begitu, juru taktik berusia 60 tahun ogah memberi bocoran strategi yang bakal dipakai saat menghadapi The Golden Star.

“(Strategi melawan Vietnam adalah) pertanyaan yang tidak harus dijawab di meja ini. Yang pasti, di Vietnam ada perubahan kepelatihan, dari pelatih yang lama (Park Hang-seo) menjadi coach Philippe Troussier,” tutur Indra Sjafri saat menghadiri konferensi pers pra pertandingan pada Jumat (12/5/2023).

“Saya pikir dengan empat kali pertandingan, Insyaallah kami mengikuti semua pertandingan Vietnam, dan mudah-mudahan apa yang kami rekap tentang kelebihan dan kekurangan Vietnam tepat adanya,” sambung dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Timnas Indonesia U-22 Sudah Siap

Lebih lanjut, Indra Sjafri menegaskan bahwa Timnas Indonesia U-22 sudah siap melakoni laga semifinal. Apalagi pihaknya telah menentukan starting XI terbaik berdasarkan data yang didapat sepanjang babak penyisihan grup.

“Tentu kita sangat siap. Seperti yang kami sampaikan di awal bahwa empat laga di grup jadi pertandingan untuk mencari tim eleven, dan Alhamdulillah (saat) pertandingan terakhir kemarin, semua pemain yang kami bawa sudah dapat jam pertandingan,” papar Indra.

“Kami punya kesimpulan bahwa pemain-pemain yang akan tamil besok sudah fix dan mudah-mudahan bisa menjadi apa yang ditargetkan, lolos ke final, Insyaallah,” sambung sosok yang merangkap sebagai Direktur Teknik PSSI itu.

3 dari 4 halaman

Sudah Pernah Lawan Vietnam di SEA Games

Indra Sjafri memang cukup optimistis dengan prospek Indonesia di laga kontra Vietnam. Pasalnya, ia sudah pernah mengantar anak-anak asuhnya bersua dengan The Golden Star di babak final SEA Games 2019 Filipina.

“Kebetulan tahun ini ketemu lagi (dengan Vietnam) di semifinal SEA Games dan saya punya pengalaman di Manila, ketemu (mereka) di final,” ujar Indra.

“Saya pikir yang penting bagaimana Timnas Indonesia, dalam sejarah sebelumnya sering berhadapan dan kami sudah membawa misi bahwa laga besok itu adalah pertemuan kesekian saya dengan Vietnam.”

“Bukan saya tak pernah menang lawan Vietnam, waktu AFF U-22 di sini juga kita pernah berhadapan dengan Vietnam, Thailand juga pernah kami kalahkan. di SEA Games Manila juga pernah kami kalahkan Thailand. Sepakbola adalah momentum, tergantung bagaimana kita merespons, menyiapkan tim sebaik mungkin,” pungkasnya.

4 dari 4 halaman

Jadwal Semifinal Sepak Bola SEA Games 2023

Sabtu, 13 Mei 2023

16.00 WIB: Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam

20.00 WIB: Thailand vs Myanmar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.