Sukses

Hasil Sepak Bola SEA Games 2023: Bungkam Myanmar, Thailand Tantang Timnas Indonesia di Final

Timnas Indonesia U-22 mengetahui lawan pada final sepak bola SEA Games 2023 Kamboja. Anak asuh Indra Sjafri bakal meladeni Thailand pada perebutan medali emas.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-22 mengetahui lawan pada final sepak bola SEA Games 2023 Kamboja. Anak asuh Indra Sjafri bakal meladeni Thailand pada perebutan medali emas.

Indonesia melangkah ke partai puncak terlebih dahulu usai menyingkirkan juara bertahan Vietnam 3-2 di Olympic Stadium, Kamboja, Sabtu (13/5/2023). Beberapa jam berselang, giliran Thailand yang melaju setelah membungkam Myanmar 3-0. 

Adalah Teerasak Poeiphimai ('37), Leon James ('85) dan Pokklaw Anan (90+7) yang mencetak gol bagi Thailand.

Ini adalah penampilan pertama Timnas Indonesia U-22 di partai pamungkas SEA Games setelah 2019. Garuda Nusantara juga mendapat kesempatan mengakhiri paceklik emas usai memenangkannya pada 1991.

Thailand merupakan negara tersukses dalam sepak bola SEA Games. Mereka sudah menjadi juara 16 kali.

Indonesia dan Thailand sebelumnya sudah bertemu tiga kali di final SEA Games, tepatnya pada 1991, 1997, dan 2013.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Indonesia Singkirkan Vietnam di Semifinal SEA Games 2023

Timnas Indonesia U-22 yang tampil menjanjikan di awal laga. Sanggup memimpin lebih dulu pada menit ke-9 usai lemparan ke dalam Pratama Arhan disambut oleh Komang Teguh.

Namun, Vietnam berhasil memanaskan persaingan setelah Nguyen Van Tung mencetak gol di menit ke-36 yang membuat skor imbang 1-1 bertahan sampai turun minum.

Timnas Indonesia U-22 baru bisa mengembalikan dominasi selepas jeda. Lemparan ke dalam Pratama Arhan lagi-lagi menjadi momok bagi skuad The Golden Star. Bola yang dikirimnya hanya ditinju oleh kiper Vietnam lalu jatuh ke kaki Marselino Ferdinan.

Penggawa KMSK Deinze lantas melepas tendangan jarak jauh. Setelahnya, si kulit bundar mengenai kaki Muhammad Ferrari, sehingga membelok arah dan merobek gawang Vietnam. Indonesia kembali unggul 2-1 atas Vietnam.

Malang, nasib buruk justru menimpa Garuda Nusantara tak lama berselang. Skuad racikan Indra Sjafri dipaksa bermain dengan 10 penggawa lantara Pratama Arhan diganjar kartu kuning kedua usai membuat pelanggaran ceroboh.

Ketiadaan satu pemain cukup mendongkrak kepercayaan diri The Golden Star. Indonesia yang berada dalam posisi tertekan akhirnya gagal meredam serangan lawan. Amiruddin Bagas Kaffa merobek gawang sendiri saat hendak membuang bola di menit 78.

Beruntung masa-masa kelam Indonesia tak bertahan lama. Taufany Muslihuddin tampil sebagai pahlawan Merah Putih di masa injury time.

Ia mencetak gol usai melepaskan tembakan mendatar dari luar kotak penalti. Alhasil, skor kembali berubah menjadi 3-2 untuk keunggulan Indonesia.

3 dari 3 halaman

Jadwal Perebutan Medali Sepak Bola SEA Games 2023

Perebutan Medali Perunggu

Selasa, 16 Mei 2023

16.00 WIB: Vietnam vs Myanmar

 

Perebutan Medali Emas

Selasa, 16 Mei 2023

19.30 WIB: Indonesia vs Thailand

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini