Sukses

Prank Wasit di Final Sepak Bola SEA Games 2023 Indonesia vs Thailand, Jokowi Juga Terkecoh

Presiden RI Joko Widodo mengaku juga sempat terkecoh ketika wasit asal Oman Qasim Ali Al-Hatmi meniup peluit jelang selesainya final sepak bola SEA Games 2023 Indonesia vs Thailand.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo mengaku juga sempat terkecoh ketika wasit asal Oman Qasim Ali Al-Hatmi meniup peluit jelang selesainya final sepak bola SEA Games 2023 Indonesia vs Thailand.

Usai kejadian tersebut, pelatih Timnas Indonesia Indra Sjafri masuk lapangan, melakukan sujud syukur, dan berselebrasi karena mengira pertandingan sudah berakhir. Saat itu Garuda Nusantara sedang memimpin 2-1 di Olympic Stadium, Selasa (16/5/2023).

"Saya keliru juga, sudah saling salaman, saling menyelamati, ternyata masih main dan gol. Kaget juga," ujar Presiden dari unggahan kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden.

Nyatanya Al-Hatmi meniup peluit karena terjadi pelanggaran. Thailand kemudian mencetak gol penyama kedudukan dan memaksa digelarnya perpanjangan waktu di laga SEA Games 2023 ini.

Beruntung Indonesia tetap meraih kemenangan 5-2 dan mengakhiri paceklik 32 tahun emas sepak bola SEA Games. Atas keberhasilan ini, Jokowi mentraktir jajaran menteri serta bawahannya menikmati durian di Medan, Sumatera Utara.

Tampak hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam perayaan kecil itu adalah Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, serta anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

"Tadi sore memang saya janjian, para menteri dengan wagub dan lain-lain, kalau menang, saya traktir di Si Bolang untuk makan durian bareng-bareng. Jadi, karena menang, ya, harus nraktir karena janjiannya seperti itu," ujar Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nobar Final SEA Games 2023 Bersama Gibran

Video itu berawal dengan potongan adegan yang menunjukkan lokasi nonton bareng Jokowi bersama bersama putra sulungnya yang juga Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Walikota Medan Bobby Nasution bersama istri Kahiyang Ayu, serta jajaran Paspamres.

Jokowi tampak merayakan gol yang dicetak Beckham Putra ke gawang Thailand, melengkapi kemenangan 5-2 bagi Indonesia yang mengunci medali emas.

Presiden juga memastikan akan memikirkan hadiah yang pantas diberikan sebagai bonus bagi tim Indonesia atas pencapaian di SEA Games 2023 Kamboja.

Terlebih, Indonesia menyudahi dahaga raihan medali emas sepak bola putra SEA Games yang sebelumnya telah berlangsung 32 tahun lamanya.

"Hadiah nanti dipikirkan. Akan tetapi, kita beri nanti. Karena ini betul-betul ditunggu oleh seluruh masyarakat Indonesia, sudah 32 tahun," kata Jokowi.

3 dari 3 halaman

Ucapan Selamat Jokowi

Presiden Joko Widodo melalui akun Twitter mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada skuad asuhan Indra Sjafri. "Pertandingan yang dramatis sepanjang 120 menit, diwarnai hujan kartu merah dan kuning, gol-gol indah bahkan sampai injury time," tulis Presiden Jokowi.

"Akhirnya Tim Garuda Muda mempersembahkan medali emas sepak bola dari SEA Games 2023, akhir sebuah penantian selama 32 tahun. Selamat, Garuda Muda!" cuit Jokowi dalam cuitan yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini