Sukses

Indonesia Open 2023 Dibanjiri Pebulu Tangkis Top Dunia

Indonesia Open 2023 akan diikuti pebulu tangkis top dunia. Sebab, turnamen bulu tangkis ini satu dari empat seri tertinggi level BWF World Tour Super 1000 dan menyediakan poin rangking menuju kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Kapal Api Group Indonesia Open 2023 siap digelar. Turnamen paling bergengsi dan ditunggu badminton lovers di Tanah Air ini akan berlangsung di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 13-18 Juni.

Kepastian itu disampaikan Sekretaris Jenderal PP PBSI M. Fadil Imran. Sebagai tuan rumah, Indonesia sudah siap menyelenggarakan Indonesia Open berhadiah total 1,325 juta dolar AS atau hampir Rp 20 miliar.

Turnamen bulu tangkis ini merupakan satu dari empat seri tertinggi level HSBC BWF World Tour Super 1000. "Kami tentu sudah siap untuk menggelar kejuaraan paling bergengsi di Tanah Air ini. Apalagi ini turnamen level HSBC BWF World Tour Super 1000 yang pasti akan dibanjiri pemain top dunia datang ke Jakarta," kata Fadil Imran dalam acara jumpa pers di Jakarta, Selasa (23/5).

Para pebulu tangkis top dunia yang absen pada Indonesia Masters, Januari lalu, dipastikan berlaga di Indonesia. Sebab ada regulasi BWF, pemain yang berada di rangking Top 15 untuk tunggal dan Top 10 ganda, wajib hadir.

Dengan begitu, persaingan dipastikan lebih seru, sengit, dan ketat. Sejak laga pembuka, pertandingan akan sangat menarik untuk dinikmati para badminton lovers. Apalagi, turnamen ini juga sudah mulai menyediakan poin rangking menuju kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

 

 

2 dari 3 halaman

Sukses Penyelenggaraan dan Prestasi

Sebagai tuan rumah, Fadil Imran berharap Indonesia tak hanya ingin sukses dari segi penyelenggaraan, tetapi juga prestasi. Dia sangat berharap ada gelar juara dari pebulu tangkis Indonesia.

"Semoga tahun ini ada gelar juara yang bisa direbut pemain tuan rumah. Tahun lalu, kita gagal. Harapannya, tahun ini performa pemain Indonesia bisa lebih baik lagi," harap Fadil Imran.

Para pemain terbaik yang dimiliki Indonesia dipastikan semuanya tampil. Ada Anthony Ginting, Jonatan Christie, Gregoria Mariska, Fajar Alfian/MuhammadRian Ardianto, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, hingga Rehan Naufal Kushanjanto/Lisa Ayu Kusumawati dan lainnya dipastikan siap meramaikan kejuaraan.

 

3 dari 3 halaman

Tahun ini, Indonesia Open mendapat sponsor utama perusahaan Kapal Api Group. Sehingga nama resmi turnamen adalah, Kapal Api Group Indonesia Open 2023. "Kami sampaikan ucapan terima kasih kepada perusahan Kapal Api Group yang menjadi title sponsor Indonesia Open 2023," kata Fadil Imran.

Chief Marketing Officer (CMO) of Kapal Api Group Christeven Mergonoto mengungkapkan pihaknya sejak 2021 mendukung bulu tangkis Indonesia, dimulai menjadi sponsor tim pemain pelatnas. Kemitraan ini kini makin besar dengan menjadi sponsor utama perhelatan Indonesia Open.

"Kami adalah brand lokal yang terus mendukung bulu tangkis. Apalagi, bulutangkis adalah olahraga dengan prestasi terbaik di Indonesia. Kami punya kewajiban untuk teeus mendukung atlet-atlet kita di turnamen ini," ucap Christeven.