Sukses

Indonesia Tak Ikut Bertanding, Menpora Ingin Raih 2 Sukses di Piala Dunia Basket 2023

Menpora memberikan dukungan penuh kepada Perbasi dan LOC Piala Dunia Basket 2023.

Liputan6.com, Jakarta- Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, meminta Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP PERBASI) dan Panitia Pelaksana Lokal (LOC) dapat meraih dua kesuksesan saat menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket 2023 atau FIBA Basketball World Cup 2023 bersama Jepang dan Filipina.

Pernyataan ini disampaikan Dito usai Penandatanganan Kerja Sama (PKS) antara Kemenpora RI yang diwakilkan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kemenpora Dharmo Susilo dengan Ketum PP PERBASI Danny Kosasih untuk pelaksanaan FIBA Basketball World Cup 2023 di Media Center Kemenpora, Jakarta, Rabu (24/5/2023) siang.

"Saya ucapkan selamat kepada PP PERBASI dan LOC yang akan menyelenggarakan even Piala Dunia Basket. Di olahraga biasanya ada tiga sukses yang harus diterapkan, yakni sukses prestasi, sukses administrasi dan sukses penyelenggaraan. Tapi karena kali ini tidak ikutan, saya harap ada dua sukses," kata Menpora Dito.

Seperti diketahui Indonesia memang tidak akan ikut bermain di Piala Dunia Basket 2023. Indonesia tak lolos kualifikasi. FIBA mengharuskan Indonesia berjuang lewat kualifikasi karena peringkat yang lebih rendah dibandingkan Jepang dan Filipina.

Karena tidak ikut bertanding, Menpora Dito menyebut, sebagai tuan rumah Indonesia harus sukses penyelenggaraan. Artinya harus bisa menciptakan atmosfir pertandingan yang menarik.

"Kita mendapatkan Grup yang menarik level dunia dari Prancis, Spanyol, Kanada dan lainnya yang akan membuat daya tarik wisatawan mancanegara yang akan datang. Saya harap LOC memastikan pelayanan terbaik untuk seluruh kontingen, karena ini skalanya dunia. Dan juga untuk penonton ini juga harus diperhatikan dengan baik," tutur Menpora Dito yang didampingi Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Surono dan Staf Khusus Peningkatan Prestasi dan Pengembangan Industri olahraga Ardima Rama Putra.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nobar

Menpora Dito juga mengusulkan ide adanya nonton bareng Piala Dunia Basket 2023 untuk masyarakat yang tak mampu membeli tiket menonton langsung di Indonesia Arena.

"Kalau bisa dilobi-lobi agar nanti ada acara nobar, meski aturan di FIBA seperti apa boleh tidaknya, karena tiketnya lumayan mahal. Ini bertujuan agar masyarakat juga bisa merasakan kehadiran penyelenggaraan Piala Dunia Basket di Indonesia," harap Menpora.

3 dari 3 halaman

Pemain NBA

Piala Dunia Basket 2023 akan berlangsung mulai 25 Agustus hingga 10 September 2023. Indonesia kebagian menggelar pertandingan di dua grup yakni G dan H. Disana bercokol juara bertahan Prancis yang akan bersaing dengan Iran, Pantai Gading, dan Brasil di Grup G. Sedanngkan di Grup H ada Prancis, Kanada, Latvia dan Lebanon.

Banyak bintang-bintang NBA yang bakal main di Jakarta pada Piala Dunia Basket 2023. Antara lain Joel Embiid, Rudy Gobert, Ricky Rubio, Kristaps Porzingis, Jamal Murray hingga Shai Gilgeous Alexander.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini