Sukses

Petik Kemenangan Perdana di Indonesia Open 2023, Fajar/Rian Ogah Ulangi Kesalahan dalam Turnamen Sebelumnya

Ganda putra bulu tangkis Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sukses memetik kemenangan perdana di babak 32 besar Indonesia Open 2023, Selasa (13/6/2023).

Liputan6.com, Jakarta Ganda putra bulu tangkis Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sukses memetik kemenangan perdana di babak 32 besar Indonesia Open 2023. 

Pasangan peringkat satu dunia itu unggul lewat dua game langsung, 21-15 dan 21-11, atas pasangan Denmark Jeppe Bay/Lasse Molhede dalam laga yang dihelat di Istora Senayan, Jakarta, pada Rabu (13/5/2023).

Dalam pernyataan selepas laga, Fajar/Rian mengungkap pihaknya memang sudah melakukan persiapan maksimal agar bisa memetik hasil apik di pertandingan kali ini.

Ganda putra Indonesia mengeklaim mereka tak ingin mengulangi kesalahan di turnamen sebelumnya, yakni takluk di babak-babak awal dalam Malaysia Masters 2023 serta Singapore Open 2023.

"Di babak pertama Indonesia Open ini (kami) cukup tegang karena sudah lama kami tidak main di hadapan publik sendiri dan (mendengarkan) gemuruh suporter. Pasangan Denmark juga bermain luar biasa tadi," ucap Fajar selepas laga pada Selasa (13/6/2023). 

"Akan tetapi, kami berdua sudah menyiapkan strategi sebelum bermain. (Kami) juga sudah berkomunikasi dengan pelatih bagaimana cara mainnya," katanya lagi.

"Dan kami berdua tidak mau mengulang kekalahan lagi di babak awal karena (dalam) dua turnamen di Malaysia dan Singapura, kami kalah di babak pertama. Kami berdua ingin lebih fokus lagi, apalagi ini turnamen super 1000," pungkas tandem Rian kepada awak media.

2 dari 3 halaman

Kiprah Fajar/Rian di Dua Turnamen Terdahulu

Sebagaimana diketahui, Fajar/Rian memang gagal melangkah jauh dalam ajang Malaysia Masters 2023 serta Singapore Open 2023.

Ganda putra peringkat satu dunia kandas di babak 32 besar Malaysia Masters usai ditaklukkan oleh jagoan Korea Selatan Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae dengan 16-21, 19-21.

Skenario tak jauh berbeda kembali tersaji di Singapore Open 2023. Fajar/Rian yang menyandang status unggulan pertama malah takluk di fase awal dari pasangan Inggris Ben Lane/Sean Vendy dengan 15-21 dan 18-21.

3 dari 3 halaman

Strategi Hadapi Babak 16 Besar Indonesia Open 2023

Baru di Indonesia Open 2023 Fajar/Rian mampu menembus babak 16 besar di tiga turnamen terakhir. 

Duo asal Merah Putih itu pun ogah menyia-nyiakan kesempatan. Fajar/Rian bertekad tampil fokus, terutama saat menghadapi pasangan China Ren Xiang Yu/Tan Qiang di putaran kedua. 

"Menurut saya mereka (Ren/Tan) pasangan bagus, mereka mempunyai speed dan power yang sangat luar biasa," tutur Fajar selepas kemenangan di babak pertama. 

"Semua tahu bahwa China memiliki (kualitas) itu semua. Dan kami berdua juga tidak mau terlena, kami ingin fokus dari awal game seperti tadi," sambung dia.