Sukses

Cuci Gudang Pemainnya, Chelsea Berpotensi Dapatkan 6 Triliun

Bursa transfer musim panas ini bisa dibilang cukup aneh dan sibuk bagi Chelsea karena mereka baru saja menyetujui penjualan enam pemain tim utama secara efektif dalam satu langkah besar.

Liputan6.com, Jakarta - Jika melihat situasi Chelsea pada musim panas tahun lalu dan musim panas sekarang, nampaknya bisa dikatakan jika mereka sama-sama sibuk di bursa transfer. Namun, yang membedakan adalah tahun lalu The Blues sibuk membeli pemain, sedangkan sekarang mereka sibuk menjual para pemainnya.

Musim panas tahun lalu, Chelsea yang baru saja diambil alih oleh pemilik baru, Todd Boehly langsung tancap gas di pasar transfer pemain. Saat itu, klub peraih dua gelar Liga Champions tersebut mengeluarkan sekitar 215 juta poundsterling atau sekitar Rp4 triliun.

Adapun pemain yang didatangkan pada bursa transfer musim panas tahun lalu adalah Marc Cucurella, Wesley Fofana, Kalidou Koulibaly, Pierre-Emerick Aubameyang dan Raheem Sterling.

Namun, bursa transfer musim panas ini bisa dibilang cukup aneh dan sibuk bagi Chelsea karena mereka baru saja menyetujui penjualan enam pemain tim utama secara efektif dalam satu langkah besar.

Berdasarkan laporan dari pakar transfer Fabrizio Romano, keenam pemain tersebut adalah Kalidou Koulibaly, N’Golo Kante, Kai Havertz, Mateo Kovacic, Edouard Mendy dan Hakim Ziyech. Semuanya sudah dikonfirmasi telah mencapai kesepakatan dengan klub barunya masing-masing dan akan segera meninggalkan Stamford Bridge.

Selain itu, Callum Hudson-Odoi juga akan bergabung dengan Bayer Leverkusen dalam kesepakatan senilai 15 juta poundsterling.

Total dari semua pemain tersebut Chelsea akan mendapatkan uang senilai 136,5 juta poundsterling atau sekitar Rp2,5 triliun.

Namun, The Blues berpotensi mendapatkan lebih dari itu dengan Mason Mount, Romelu Lukaku, Christian Pulisic dan sejumlah pemain lainnya dikabarkan juga akan meninggalkan klub. Total potensi keuntungan yang diperoleh dari penjualan pemain mereka musim panas ini adalah sebesar 318,5 juta poundsterling atau sekitar Rp6 triliun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

The Blues Coba Curi Target Newcastle United

Sementara itu, selain sibuk menguangkan pemain-pemainnya, Chelsea dilaporkan juga berencana untuk mencoba merebut bintang AC Milan, Sandro Tonali yang juga diinginkan oleh Newcastle United. Laporan terbaru melalui David Ornstein mengklaim kesepakatan antara The Magpies dengan Rossoneri sudah hampir terwujud.

Melansir dari Football London, Chelsea dikabarkan telah memberi tahu Milan tentang niat mereka untuk mencoba dan membawa Tonali ke Stamford Bridge. The Blues juga menawarkan pemainnya, yakni Ruben Loftus-Cheek dan Christian Pulisic sebagai bagian dari kesepakatan.

Namun, Newcastle nampaknya unggul dalam perburuan ini. Mereka dikabarkan telah menyetujui persyaratan pribadi dengan Tonali. Belum ada informasi yang jelas mengenai jumlah mahar yang dikeluarkan oleh The Magpies untuk tanda tangan pemain berusia 23 tahun itu, tetapi yang jelas ia akan membutuhkan lebih dari 50 juta poundsterling untuk didatangkan.

3 dari 3 halaman

Kembali Tolak Tawaran Manchester United

Chelsea kembali menolak tawaran kedua Manchester United untuk gelandangnya, Mason Mount yang dianggap masih jauh dari permintaan harga mereka. Tawaran kedua United sendiri bernilai hingga 50 juta poundsterling, dengan 45 juta poundsterling akan dibayar di awal dan 5 juta poundsterling sebagai tambahan.

Meskipun tawaran kedua tersebut merupakan peningkatan dari tawaran pertama, Chelsea tetap bertahan pada pendiriannya. Klub asal London itu menginginkan lebih dari 70 juta poundsterling untuk Mount, yang dinilai oleh Setan Merah terlampau mahal untuk pemain yang kontraknya akan habis di tahun depan.

Kendati begitu, Chelsea telah mengajukan tawaran balasan sebesar 60 juta poundsterling, tetapi United masih berharap kompromi dapat disepakati. Harapan untuk mencapai kompromi itu mungkin juga meningkat dengan Arsenal yang baru saja sepakat dengan The Blues untuk mendatangkan Kai Havertz dalam kesepakatan senilai sekitar 65 juta poundsterling meski pemain tersebut masih terikat kontrak di Stamford Bridge hingga 2025.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.