Sukses

PSSI Disarankan Pantau Wonderkid Tottenham Sampai Pemain Mirip Pratama Arhan untuk Timnas Indonesia U-17

PSSI instruksikan Bima Sakti untuk menyiapkan pemain terbaik untuk Timnas Indonesia U-17 yang akan tampil di Piala Dunia U-17. Netizen pun memberi saran mulai dari pemain naturalisasi sampai pemain lokal mirip Pratama Arhan.

Liputan6.com, Jakarta PSSI bakal menseleksi pemain untuk Timnas Indonesia U-17 yang akan tampil di Piala Dunia U-17 yang berlangsung 10 November sampai 2 Desember 2023. Pelatih Timnas Indonesia U-17 bersama Indra Sjafri dan Shin Tae-Yong akan blusukan ke 9 kota untuk mencari pemain yang bagus.

Seleksi pemain diharapkan bisa rampung hingga pertengahan Juli sebelum digelar pemusatan latihan. Ini membuat pemilihan pemain untuk Timnas Indonesia U-17 harus berlangsung cepat

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir ingin mendapatkan pemain dari 9 kota yang akan didatangi untuk seleksi. Ini menghasilkan skuad timnas Indonesia U-17 yang mumpuni.

“Jadi kita akan melakukan rencana seleksi pada (pemain) U-16 dan 17 di sembilan wilayah untuk kita bisa petakan, kita gabungkan. (Lalu) nanti di bulan Juli-Agustus mulai TC dan September-Oktober kita kirim ke luar negeri, untuk training camp," kata Erick Thohir.

Bima Sakti sejauh ini belum mengeluarkan komentar terkait bagaimana mekanisme pencarian skuad untuk Timnas Indonesia U-17 yang tampil di Piala Dunia U-17. Namun netizen sudah mempromosikan banyak pemain untuk PSSI.

Netizen mempromosikan pemain naturalisasi sampai juga pemain lokal asal Karawang yang punya lemparan seperti Pratama Arhan, siapa saja mereka?

 

2 dari 4 halaman

Pemain SSB Kancil Mas Karawang Mirip Pratama Arhan

Pemain asal SSB Kancil Mas Karawang viral di media sosial. Pemain yang belum diketahui namanya ini jadi pembicaraan di TikTok dan Instagram usai memiliki lemparan ke dalam mirip Pratama Arhan.

Ini menyusul aksi sang pemain saat melakukan lemparan ke dalam untuk timnya SSB Kancil Mas Karawang. Aksi ini salah satunya diposting akun SSB Kancil Mas Karawang.

Dalam postingannya, SSB Kancil Mas Karawang menuliskan caption seperti ini. "Lemparan Ajaib!"

Kontan postingan ini juga memunculkan reaksi dari netizen. Salah satunya ade mumuh.

"@pssi @arya.m.sinulingga @erickthohir @shintaeyong7777 @ratu.tisha @novarianto30 tetap harus dipantau pemain ini punya bakat lemparan ke dalam long throw in," tulis ade umuh.

"Calon bibit mudah di timnas ini pak @erickthohir @shintaeyong777," tulis @rahmat_hidayat522

 

3 dari 4 halaman

Pemain Tottenham Hotspur U-18 Keturunan Indonesia

 

Satu rumor lagi muncul soal bakat pemain berdarah Indonesia, Gabriel Hal Willhoft-King. Akun twitter Joshua N menulis kalau pemain 17 tahun ini bisa membela 6 negara.

"Gabriel Han Willholft itu pemain gelandang tengah di Totetnham Hotspur U-18. Dia bisa main untuk Amerika Serikat, Inggris, Jerman China, Indonesia dan Indonesia," tulis Joshua.

"Dia terdaftar sebagai salah satu dari 20 bakat terbaik di Liga Inggris oleh media Guardian dan main untuk Timnas Inggris U-16."

Gabriel memiliki ibu berasal dari Yogyakarta. PSSI harus gerak cepat karena Gabriel bisa saja gabung dengan Inggris U-17.

"@pssi @erickthohir @shintaeyong7777 ayo gercep!" tulis penggurutu profesional menanggapi postingan Joshua.

4 dari 4 halaman

Erick Thohir Belum Bicara Target Timnas Indonesia U-17

Ketua Umum PSSI Erick Thohir masih enggan membicarakan target bagi tim Merah Putih di perhelatan tersebut. Pasalnya, PSSI hingga kini belum mengantongi nama-nama pemain yang bakal memperkuat Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023.

“Mengenai prestasi timnas, saya tidak mau mencanangkan hari ini karena belum ada persiapan sama sekali dan waktunya sangat mepet, empat bulan. Saya tahu mempersiapkan tim nasional itu bukan hal yang mudah,” tutur Erick Thohir dalam konferensi pers di Menara Danareksa, Jakarta Pusat, Sabtu (24/6/2023).

“Jadi kalau ditanya hari ini targetnya apa, hari ini saya tidak bisa jawab sebelum duduk dengan coaching staff. Kita duduk (dulu), (bahas) pemainnya siapa, pelatihnya siapa, lalu training-nya seperti apa,” sambung sosok yang merangkap sebagai Menteri BUMN Itu.