Sukses

Pebasket Putri Indonesia Diundang Ikut Jr NBA Showcase di Las Vegas

Asia cuma punya dua wakil di Jr NBA Showcase. Salah satunya pebasket putri Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta- National Basketball Association (NBA) dan Women's National Basketball Association (WNBA) pada akhir Juni 2023 kemarin mengumumkan menggelar program Jr NBA Showcase yang dipersembahkan oleh Nike. Ini merupakan sebuah ajang basket global bagi pemain muda yang menampilkan 40 pemain berbakat usia 13 dan 14 tahun dari 17 negara.

Jr NBA Showcase ini akan diselenggarakan di Las Vegas, Amerika Serikat, mulai tanggal 12 hingga 16 Juli 2023. Program pelatihan basket dan pengembangan kepemimpinan ini akan berlangsung selama beberapa hari dan akan dilaksanakan bersamaan dengan AT&T WNBA All-Star 2023 dan NBA 2K24 Summer League 2023, serta akan dimeriahkan dengan pertandingan eksibisi pada Sabtu,15 Juli di Cox Pavilion.

Indonesia sendiri memiliki satu wakil yang diundang ikut ke Jr NBA Showcase di Las Vegas yakni pebasket putri asal Surabaya, Shannon Dominique Susila. Praktis cuma ada dua pemain dari Asia yang ikut event ini. Selain Shannon, ada pebasket putra Jepang Kaito Nakamura.

Para peserta J. NBA Showcase akan turut serta dalam program pengembangan keterampilan, latihan beregu, serta pertandingan eksibisi bersama dengan rekan-rekan dari seluruh dunia. Para pemain muda ini juga akan berkesempatan untuk menunjukkan keterampilan serta bakat mereka dalam sesi Jr NBA Showcase Skills Competition yang dipersembahkan oleh Gatorade, yang juga akan menampilkan kompetisi three-point, dunk, dan kontes bakat lainnya pada Jumat, 14 Juli 2023 di lapangan yang nantinya akan digunakan untuk ajang AT&T WNBA All-Star.

Selain itu, para peserta akan mengikuti dan memimpin kegiatan coaching clinic bagi anak muda yang merupakan salah satu bagian dari acara NBA Cares, di mana mereka akan mendapatkan tentang keterampilan kehidupan sehari-hari serta program pengembangan kepemimpinan di bawah bimbingan para pemain aktif, mantan pemain, serta pelatih dari NBA, WNBA, dan G League.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nonton NBA Summer League

Para peserta juga akan merasakan keseruan dari perhelatan WNBA dan NBA dengan menghadiri rangkaian acara AT&T WNBA All-Star Weekend dan NBA 2K24 Summer League.

"Dengan diadakannya Jr. NBA Showcase para pemain muda dari seluruh dunia akan mendapatkan wadah baru untuk berkembang sebagai pemain dan pemimpin, menunjukkan potensi mereka serta menciptakan kenangan seumur hidup mereka, di mana pada musim panas tahun ini Las Vegas akan menjadi pusat berlangsungnya bakat terbaik basket ditampilkan," ujar NBA Senior Vice President, Head of Youth Basketball Development David Krichavsky.

"Bersama dengan Nike, NBA dan WNBA berkomitmen untuk meningkatkan pengalaman bermain basket bagi para pemain muda di seluruh tingkatan, dan Jr. NBA Showcase memberikan kesempatan baru bagi para pemain usia 13 dan 14 tahun ini dalam mempersiapkan langkah selanjutnya dalam perjalanan mereka di dunia basket."

3 dari 3 halaman

Pertandingan Disiarkan NBA TV

Upaya pengembangan olahraga basket NBA mencakup sistem akar rumput (grassroots) hingga sistem elit yang menyediakan program sesuai dengan usia serta tahapan, sehingga dapat membantu pemain berkembang dengan aman dan efektif di semua tingkatan. Jr NBA Showcase menambahkan lapisan baru pada upaya liga yang telah dilakukan sebelumnya dalam memberikan kesempatan bagi para atlet usia sekolah menengah pertama dan menengah atas untuk semakin berkembang.

Selain NIKE, AT&T, Gatorade, dan Wilson juga menjadi mitra kelas dunia yang akan mendukung Jr NBA Showcase dan meningkatkan keseruan pengalaman bagi para pemain dan pelatih yang berpartisipasi.

Pertandingan eksibisi Jr NBA Showcase akan ditayangkan secara langsung di NBA App dan pada NBA TV di hari selanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini