Sukses

Jelang Piala Dunia U-17 2023, Bima Sakti Bakal Berguru dari 3 Sosok, Shin Tae-yong Salah Satunya

Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti bakal belajar dan menjaring masukan dari tiga sosok jelang mengantar anak-anak asuhnya tampil dalam perhelatan Piala Dunia U-17 2023 yang dijadwalkan bergulir akhir tahun ini. Siapa saja mereka?

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti bakal belajar dan menjaring masukan dari tiga sosok jelang mengantar anak-anak asuhnya tampil dalam perhelatan Piala Dunia U-17 2023 yang dijadwalkan bergulir akhir tahun ini.

Seperti diketahui, Indonesia memang mendapat durian runtuh setelah sempat gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

FIFA selaku federasi sepak bola internasional mempercayakan Tanah Air sebagai pengganti Peru yang dianggap tidak siap dari segi infrastruktur untuk menggelar ajang FIFA U-17 World Cup edisi ini.

Keputusan tersebut sekaligus memberi kesempatan bagi talenta-talenta muda Indonesia unjuk gigi di kancah internasional. Namun, PSSI bersama tim pelatih harus bekerja keras mengingat waktu persiapan yang dimiliki terbilang mepet.

Bima Sakti yang mendapat kepercayaan untuk menukangi Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023 pun ogah menyia-nyiakan peluang ini.

Ia bertekad melakukan pemantapan secara maksimal sembari menjaring masukan dari pelatih timnas senior Shin Tae-yong, pelatih timnas U-23 Indra Sjafri, serta calon direktur teknik baru PSSI.

"(Pendamping) sudah ada. Ada pilihan itu Coach Indra, Coach Shin Tae-yong, sama rencana Dirtek yang baru. Saya disuruh memilih, ya saya pilih semuanya," tutur Bima Sakti saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (30/6/2023) malam WIB.

"Ya kan ini gelaran Piala Dunia, otomatis kita butuh masukan, butuh referensi, butuh saran. Dan saya pikir ketiga pelatih ini, kita (bisa) ambil ilmunya mereka untuk persiapan yang saya lakukan," sambung juru taktik berusia 46 tahun tersebut.

2 dari 3 halaman

Bima Sakti Gelar Pemusatan Latihan Mulai Juli

Lebih lanjut, Bima Sakti juga mengungkap rencananya terkait pemusatan latihan bagi Timnas Indonesia U-17. Ia mengeklaim pihaknya bakal segera menggelar agenda tersebut sebagai bentuk persiapan tim Merah Putih mulai Juli ini.

"Kita akan persiapan di bulan Juli. Bulan depan ini kita akan TC (pemusatan latihan) sekalian juga melihat beberapa pemain yang baru untuk kita seleksi," tutur Bima Sakti kepada Liputan6.com. 

"(TC-nya mulai) di awal, pertengahan awal (Juli). Kita akan TC, untuk seleksinya mereka tetap jalan. Jadi kami juga tetap harus persiapkan tim."

"Nanti kita ada tim seleksi, jadi mereka akan memantau. Nanti kita lihat lah perkembangan anak-anak yang diseleksi di daerah-daerah," tambah dia.

3 dari 3 halaman

Bakal Temui STY, Indra Sjafri, dan Dirtek Baru

Adapun sebelum TC Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti berencana untuk lebih dulu bertemu dengan trio pendampingnya. Hal ini dimaksudkan guna meminta saran dari mereka terkait pemusatan latihan bagi anak-anak asuhnya.

Sebagai catatan, nama direktur teknik baru PSSI saat ini belum terungkap. Pasalnya, pihak federasi masih melakukan seleksi pada kandidat yang didatangkan dari Jerman.

"Rencananya memang saya akan bertemu mereka semua ini sebelum TC, mohon saran dari mereka semuanya.," ucap Bima Sakti.

"Yang pasti mereka berpengalaman, kemudian apa yang bisa saya pakai nanti sharing-sharing mereka, ya saya akan terapkan di timnas U-17," pungkasnya.