Sukses

Tak Jadi Prioritas PSSI, Bagaimana Nasib Timnas Indonesia U-20 di Asian Games 2022?

Tim sepak bola Indonesia bakal segera menjajal kompetisi multi event level Asia, Asian Games 2022. Namun, PSSI selaku federasi sepak bola Tanah Air telah menegaskan ajang itu tak bakal jadi prioritas untuk meraih prestasi.

Liputan6.com, Jakarta - Tim sepak bola Indonesia bakal segera menjajal kompetisi multi event level Asia, Asian Games 2022. Namun, PSSI selaku federasi sepak bola Tanah Air telah menegaskan ajang itu tak bakal jadi prioritas untuk meraih prestasi.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengklaim pihaknya tidak akan menerjunkan pemain sarat pengalaman ke ajang tersebut. Sebaliknya, mereka bakal menurunkan Timnas Indonesia U-20 dengan didampingi pelatih Indra Sjafri.

Erick menyebut pemilihan pemain U-20 di Asian Games ditujukan untuk mengasah kemampuan Garuda Nusantara sekaligus mempersiapkan mereka sebelum melangkah ke jenjang kelompok usia selanjutnya.

Di samping itu, langkah ini juga diperlukan demi merotasi komposisi Timnas Indonesia, mengingat skuad Merah Putih memang bakal dihantam agenda padat di paruh kedua 2023.

Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI pun sudah menyampaikan rencana ini ke Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo. Gagasan tersebut diutarakan berbarengan dengan rapat untuk membahas persiapan Piala Dunia U-17 2023 pada Jumat (7/7/2023).

"Tim (nasionl) senior akan menyiapkan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di bulan Oktober. Tentu ada yang di antara itu, yaitu Asian Games 2022," ujar Erick selepas pertemuan dengaan Menpora di Gedung Kemenpora Jakarta.

"Memang kami akan mengusulkan kepada Pak Menteri bahwa Asian Games ini justru untuk cikal-bakal pembentukan tim U-20 yang kita prioritaskan sebagai jenjang U-23," tambahnya.

Hal serupa juga berlaku untuk Piala AFF U-23. Erick menyebut kejuaraan itu hanya dijadikan sarana pemantapan bagi timnas sebelum tampil dalam kualifikasi Piala Asia U-23 September mendatang.

2 dari 3 halaman

Menpora: Tunggu Team Review

Rencana ini lantas memunculkan pertanyaan terkait nasib Timnas Indonesia U-20 di Asian Games 2022. Pasalnya, jika tanpa potensi medali, pemerintah bisa saja memilih untuk tak menyokong biaya keberangkatan pasukan Garuda Nusantara menuju ajang multi event Asia.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo belum bisa memberi kepastian. Ia mengeklaim pihaknya masihnya harus menunggu hasil team review untuk menentukan posisi Timnas Indonesia U-20 di Asian Games 2022.

"Ya, untuk Asian Games sementara kita lagi proses di team review, jadi ini akan kita umumkan begitu nanti review-nya sudah selesai," tutur Dito saat ditanyai awak media.

"(Diberangkatkan atau tidaknya) tergantung hasil team review," tandas menteri berusia 32 tahun tersebut.

3 dari 3 halaman

PSSI Tak Pasang Target untuk Timnas Indonesia U-20

Sebelumnya di kesempatan berbeda, PSSI memang telah menegaskan pihaknya tidak akan memasang target medali bagi Timnas Indonesia U-20 yang turun di ajang Asian Games 2022. Turnamen multi event level Asia itu hanya dipandang sebagai sarana persiapan jangka panjang bagi skuad Garuda Nusantara.

"Nanti makanya saya bicara ke Coach Indra, yang Asian Games 2022 kami akan siapkan U-20, terus kenapa takut? Sama Argentina saja sudah berani," tutur Erick di Stadion Madya, Jakarta, Kamis (6/7/2023).

"Tapi kan itu apa, tidak ada target. Targetnya apa? Buat masa depan. Target buat masa depan, kenapa? (Karena) U-20 tahun depan jadi U-21."

"Kalau bisa (pemain) U-20 (ya inginnya) U-20 terus. Cuma enggak dikasih sama Allah, (mereka) umurnya makin tua, jadi nanti habis U-20 jadi U-21, 22," sambung Erick sembari berkelakar.

Video Terkini