Sukses

Mantan Wonderkid Gagal Manchester United Resmi Gantung Sepatu

Manchester United sempat menaruh harapan besar ketika merekrutnya di usia 17 tahun, sayangnya malah gagal total.

Liputan6.com, Jakarta- Penyerang Italia Giuseppe Rossi akhirnya memutuskan pensiun dari sepak bola profesional pada 22 Juli 2023. Rossi memilih gantung sepatu pada usia 36 tahun setelah merasa fisiknya sudah tidak kuat bersaing di level atas.

"Hari ini saya mengumumkan pengunduran diri saya dari permainan yang indah. Ini merupakan perjalanan yang tak terlupakan! Dari berlarian di halaman belakang sebagai seorang anak dengan bola di kaki saya dan menjadikan ayah saya sebagai pelatih, hingga bermain di level sepak bola setinggi mungkin, di stadion terindah yang dapat ditawarkan sepak bola dan bermain dengan/melawan pemain dan klub terbaik di dunia….Saya sangat bersyukur telah menjadi bagian dari permainan ini. Mimpi saya menjadi kenyataan," ujar Rossi via media sosial.

Rossi merupakan wonderkid gagal Manchester United. Harapan besar sempat disematkan kepada Rossi ketika MU membajaknya dari Parma di tahun 2004. Ketika itu Rossi baru berusia 17 tahun.

MU langsung memberikan kesempatan kepada Rossi debut di tim senior pada 20 November 2024 di putaran kelima Piala Liga Inggris. Rossi masuk menggantikan David Bellion.

Setahun kemudian MU memberikan Rossi kesempatan debut di Liga Inggris. Rossi masuk di menit 78 menggantikan Ruud van Nistelrooy. Baru sembilan menit berada di lapangan, Rossi langsung mencetak gol dan membawa MU menang 3-1 atas Sunderland pada 15 Oktober 2005.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Karier Rossi di MU Berantakan

Namun karier Rossi di MU kemudian tak berkembang. Total Rossi cuma main 14 kali di berbagai ajang. Setan Merah sempat dua kali meminjamkannya ke Newcastle dan Parma. Meski mampu mencetak sembilan gol di Parma, MU tak jadi memakai Rossi dan menjualnya ke Villarreal di musim panas 2007.

Rossi cukup bersinar bersama Villarreal. Di empat musim pertamanya, Rossi selalu rutin mencetak gol dua digit di LALIGA dengan torehan terbaik di musim 2010/2011 dengan koleksi 18 gol. Sayangnya cedera parah menghambar karier Rossi.

3 dari 4 halaman

Melanglang Buana hingga Akhirnya Pensiun

Selepas dari Villarreal, Rossi kembali ke Italia membela Fiorentina. Lagi-lagi cedera menghambat kariernya yang sempat menanjak lagi di musim 2013/2024. Kemudian Rossi sempat main di Levante, Celta Vigo, Genoa, hingga ke Amerika Serikat bersama Real Salt Lake.

Klub terakhir yang diperkuat Rossi adalah SPAL hingga akhir musim 2022/2023. Rossi baru mengumumkan pensiun pada akhir Juli 2023. Rossi kemungkinan akan fokus menekuni karier baru sebagai komentator sepak bola. Dia sudah menjajalnya sejak 2021 lalu di Amerika Serikat.

4 dari 4 halaman

Klasemen Liga Inggris

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini