Sukses

Timnas Indonesia U-20 Dipastikan Berangkat ke Asian Games 2022 dan Tetap Diberi Target

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menegaskan pihaknya bakal tetap memasang target bagi penggawa Timnas Indonesia yang diberangkatkan menuju ajang olahraga multievent Asian Games 2022.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memastikan Timnas Indonesia bakal dikirim mengikuti ajang Asian Games 2022 di Hangzhou yang dijadwalkan bergulir mulai September hingga Oktober mendatang. 

Walau begitu, menteri berusia 32 tahun menegaskan pihaknya bakal tetap memasang target bagi penggawa Merah Putih yang diberangkatkan menuju ajang olahraga multievent level Asia. 

"Asian Games tadi kita habis rapat review, rencananya mau finalisasi di minggu ini. (Cabor yang berangkat) 32 mungkin, ya, nanti saya cek. Termasuk sepak bola," tutur Dito saat ditemui di Gedung Kemenpora, Selasa (25/7/2023) sore WIB. 

"Ya ini yang namanya kita inginkan kontingen, tetep harus ada targetnya. Mungkin itu (sepak bola disebut) tanpa target untuk menyemangati atletnya saja," sambung Menpora kepada awak media. 

Sebagaimana diketahui, PSSI selaku federasi sepak bola Indonesia memang sempat menggaungkan rencana untuk tidak memasang target medali bagi Timnas Indonesia yang tampil di Asian Games 2022 Hangzhou. 

Kompetisi olahraga multievent se-Asia dianggap tak masuk dalam target prioritas PSSI. Alhasil, federasi sepak bola Indonesia semula berencana mengirim Timnas Indonesia U-20 untuk mengasah kemampuan di ajang tersebut.

2 dari 3 halaman

Timnas Indonesia Punya Sasaran Prioritas Lain

Adapun PSSI lebih memilih memasang target prioritas di kompetisi lain. Timnas Indonesia U-23 diharapkan dapat tampil maksimal dalam Kualifikasi Piala Asia U-23, demi mengamankan slot tanding di Qatar tahun depan. 

Timnas senior juga diekspektasikan mampu memetik hasil positif saat berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Oktober, sebelum mentas di ajang Piala Asia 2023 awal tahun depan. 

Sementara itu di level junior, Timnas Indonesia U-17 tengah digembleng persiapan jelang menjamu negara-negara lain dalam perhelatan Piala Dunia U-17 2023 yang diagendakan berlangsung di Tanah Air pada akhir tahun ini.

3 dari 3 halaman

Piala AFF U-23 Juga Tak Jadi Prioritas

Buntut dari padatnya agenda Timnas Indonesia, PSSI mau tak mau harus "mengorbankan" beberapa ajang dengan hanya menjadikannya sebagai sasaran antara.

Selain Asian Games 2022, Piala AFF U-23 yang dijadwalkan bergulir di Thailand mulai pertengahan Agustus juga tak bakal dijadikan target prioritas oleh federasi sepak bola Tanah Air. 

"Apa yang kita pentingkan hari ini? U-17, AFC U-23. Kalau itu menang, lolos main di AFC U-23 bulan Mei di Qatar. Kalau masuk berapa besar, saya belum hitung, (tembus) ke mana? Olimpiade," ujar Ketum PSSI Erick Thohir saat ditemui di Stadion Madya, Jakarta, Kamis (6/7/2023) lalu. 

"Program itu kita harus fokus karena AFF U-23 tidak jadi prioritas. Asian Games juga tidak menjadi prioritas. (Itu) menjadi sasaran untuk meningkatkan pemain muda supaya mereka siap melapis yang U-23."

"Takutnya yang pemain U-23 ada cedera, amit-amit, yang lapis siapa? U-20. Harus punya keberanian. Memang nanti (para pemain bisa) dihujat, tidak apa-apa. Yang penting punya strategi jangka panjang dan jangka pendek," imbuhnya kala itu.