Sukses

Putuskan Gantung Sepatu, Legenda Manchester City David Silva Sampaikan Pesan Menyedihkan

Mantan bintang Manchester City David Silva terpaksa gantung sepatu setelah mengalami cedera ligamen anteriornya selama latihan pramusim bersama klub La Liga Real Sociedad.

Liputan6.com, Jakarta Legenda Manchester City David Silva telah mengumumkan pengunduran dirinya dari sepak bola. Silva memutuskan pensiun pada usia 37 tahun.

Pemain internasional Spanyol itu terpaksa gantung sepatu setelah mengalami cedera ligamen anteriornya selama latihan pramusim bersama klub La Liga Real Sociedad.

Dijuluki 'El Mago' (sang pesulap), Silva kini telah mengakhiri karier bermainnya selama 19 tahun. Silva pun tak lupa ucapkan selamat tinggal secara emosional lewat sebuah video yang diposting di media sosial.

"Hari ini adalah hari yang menyedihkan bagi saya. Hari ini adalah waktu untuk mengucapkan selamat tinggal pada apa yang telah saya dedikasikan sepanjang hidup saya. – ketujuh terbanyak dalam sejarah divisi ini.

Silva, yang membuat total 93 penampilan untuk Sociedad selama tiga musim, kembali ke tanah airnya pada tahun 2020 setelah menikmati 10 tahun yang sangat sukses di Stadion Etihad. Di kompetisi itu, Silva menjadikan dirinya sebagai salah satu playmaker terhebat yang menghiasi Liga Inggris.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Silva Memenangkan Tiga Gelar Utama Bersama Negaranya Spanyol

Playmaker kelahiran Arguineguin itu berkontribusi dengan 77 gol dan 141 assist dalam 436 penampilan untuk The Citizens di semua kompetisi. Itu termasuk 93 assist di Liga Inggris. mencatat 32 gol dan 36 assist dalam 168 penampilan antara 2004 dan 2010.

Silva juga sempat mengalami masa pinjaman di Eibar dan Celta Vigo. Pemain internasional Spanyol dengan 125 caps itu memenangkan tiga gelar utama bersama negaranya, mengangkat Piala Dunia 2010 di antara kemenangan di Kejuaraan Eropa 2008 dan 2012.

3 dari 4 halaman

Bersama Manchester City Silva Memenangkan Empat Gelar Liga

Silva, yang status legendarisnya dihormati dengan membuat patung di luar Stadion Etihad, memenangkan empat gelar Liga Premier, lima Piala EFL, dua Piala FA, dan dua Community Shield bersama Man City sebelum kembali ke Spanyol tiga tahun lalu.

"Ches, Armeros, Celtinas, Citizens, dan Tuxri Urdines, terima kasih karena Anda telah membuat saya merasa seperti di rumah sendiri."

Terkait dengan keputusan Silva pensiun, Man City langsung menanggapinya di laman resminya. "Semua orang di Manchester City ingin mendoakan yang terbaik bagi David di masa pensiunnya dan berterima kasih sekali lagi atas kontribusi luar biasa yang dia berikan kepada klub sepak bola kami selama sepuluh tahun di sini."

4 dari 4 halaman

Timnas Spanyol Memposting Video untuk Menghormati Silva

Sebuah tweet dari Valencia disampaikan pula pada Silva: "Terima kasih banyak, pesulap. Valencia dan Mestalla akan selalu menjadi rumah Anda. Kami bangga bahwa Anda adalah bagian dari sejarah kami."

Akun Twitter tim nasional Spanyol, memposting video untuk menghormati playmaker 35 gol itu bersama dengan pesan: "Gracias untuk semua sepak bola yang telah Anda berikan kepada kami @21LVA. Keajaiban Anda akan bertahan selamanya."

Silva meninggalkan Real Sociedad setelah membuat 34 penampilan di semua turnamen musim lalu, mencetak tiga gol dan memberikan tujuh assist saat tim Imanol Alguacil mengamankan tempat keempat di La Liga dan lolos ke Liga Champions 2023-24.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.