Sukses

FIFA Mulai Cek Stadion Piala Dunia U-17 2023 Hari Ini, PSSI Sebut 3 Poin Utama

FIFA akan memulai pemeriksaan sejumlah stadion-stadion untuk Piala Dunia U-17 di Indonesia. FIFA akaan fokus pada tiga hal pada pemeriksaan stadion ini.

Liputan6.com, Jakarta - FIFA akan memulai pemeriksaan sejumlah stadion-stadion untuk Piala Dunia U-17 2023 pada Sabtu, 29 Juli 2023. Jakarta International Stadium akan menjadi tempat pertama yang dikunjungi dan diinspeksi FIFA.

Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha mengungkapkan terdapat tiga fokus kunjungan otoritas sepak bola dunia itu. "Pertama, kesiapan venue, termasuk main venue dan lapangan-lapangan latihan," kata Tisha di Jakarta, Sabtu (29/7).

Tisha menyampaikan FIFA juga akan mengecek kualitas venue yang berada pada pitch management atau lapangan dengan lebih spesifik soal jenis dan kondisi rumput. Poin ketiga yang menjadi perhatian F terkait dengan team services, termasuk akomodasi untuk para peserta.

Dalam suratnya, ucap Tisha, FIFA merekomendasikan rumput JIS untuk diganti. Pertandingan dengan format turnamen yang memiliki intensitas tinggi membuat FIFA ingin memastikan penggantian rumput dengan sistem pemulihan yang cepat.

"Di surat juga disebutkan bahwa pemulihan perbaikan ini butuh waktu 8-10 pekan. Menurut saya, ini inisiatif yang sangat baik dari FIFA agar Indonesia bisa mempersiapkan JIS agar bisa digunakan untuk Piala Dunia U-17," ujar Tisha.

 

2 dari 3 halaman

Delapan Stadion Piala Dunia U-17 2023

PSSI semula menyodorkan delapan stadion untuk digunakan sebagai venue Piala Dunia U-17 2023. Enam di antaranya merupakan stadion yang sudah dipersiapkan menjadi lokasi penyelenggara FIFA U-20 World Cup. Sementara itu dua lain merupakan kandidat baru, dengan Jakarta International Stadium sebagai salah satunya.

"Sejak awal kita sudah mengusulkan kepada FIFA delapan stadion, di mana yang 6 itu (stadion) U-20. Tapi, kita juga menginginkan 2 stadion tambahan supaya kita punya lebih banyak lapangan yang berstandar internasional maupun FIFA. Kebetulan, ini kan ada kejuaraannya. Dari situ tentu proses dari FIFA mengecek," kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

"Dari pantauan FIFA, catatannya memang ada. Contoh yang di stadion ini, harus ada perbaikan ini. Tetapi, memang khusus yang satunya (JIS), FIFA menulis dengan black and white. Dan ini juga menyangkut akses dan semua."

"Lalu, kalau ditanya apakah Bu Tisha dan Pak Erick melobi FIFA? Tidak, FIFA punya standarisasi yang jauh lebih tinggi dari kita. Dengan mekanismenya, memang ada seperti itu," tandas sosok yang merangkap Menteri BUMN itu.

 

3 dari 3 halaman

Jadwal Kunjungan FIFA ke Indonesia

Sekadar informasi, FIFA dijadwalkan berkunjung dalam rangka pengecekan stadion Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia pada 28 Juli hingga 2 Agustus mendatang.

PSSI dan federasi sepak bola dunia rencananya akan melakukan kick-off meeting pada pada 28 Juli malam, dilanjutkan aktivitas pengecekan mulai 29 Juli, diikuti dengan pertemuan kembali bersama PSSI pada 1 Agustus.