Sukses

Ketua Umum PSSI Erick Thohir: FIFA Setuju Piala Dunia U-17 2023 di 4 Kota

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan FIFA telah menyetujui penyelenggaran Piala Dunia U-17 2023 di empat stadion.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan FIFA telah menyetujui penyelenggaran Piala Dunia U-17 2023 di empat stadion.

Turnamen yang berlangsung pada 10 November sampai 2 Desember itu akan berlangsung di Jakarta International Stadium (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya).

"Dari delapan stadion, kemarin hasil rapat dengan FIFA, kita akhirnya sepakat empat stadion. Kenapa empat stadion juga, memikirkan logistik, terbang ke sini, terbang ke sini, kan itu semua harus diperhitungkan," kata Erick Thohir usai mendampingi Presiden Jokowi meresmikan Indonesia Arena di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (7/8/2023).

Erick melanjutkan, akan ada dua grup yang bertanding di Jakarta, kemudian dua grup di Bandung, satu grup di Surabaya, dan satu grup di Solo.

PSSI juga mengusulkan timnas Indonesia bertanding di Jakarta. Selain itu, pembukaan juga diselenggarakan di Jakarta, sedangkan pertandingan semifinal dan final digelar di Solo. Keempat stadion ini juga sebelumnya telah dikunjungi FIFA untuk inspeksi khususnya pada kondisi rumput.

Induk federasi sepak bola dunia tersebut akan kembali mengunjungi Indonesia pada 26 Agustus dengan membawa tim yang lebih besar sebagai persiapan Piala Dunia U-17 2023.

 

2 dari 3 halaman

JIS Jadi Perhatian Utama Jelang Piala Dunia U-17 2023

Oleh karenanya, PSSI bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Pj, Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan mempersiapkan kunjungan FIFA tersebut.

Persiapan itu juga menyangkut pada laga pembuka Piala Dunia U-17 yang akan digelar di Jakarta International Stadium (JIS). Dalam kesempatan sebelumnya, Erick menekankan akses keluar masuk di JIS masih menjadi sorotan agar bisa menampung kapasitas maksimal 82 ribu penonton.

"Jakpro DKI akan merenovasi di dalam JIS karena memang ini kan aset yang dimiliki DKI, walaupun pemerintah pusat pun membantu aset itu karena penggunaan pembangunan itu dana PEN. Tetapi pemerintah pusat sepertinya akan mencoba membantu yang di luar," kata Erick.

3 dari 3 halaman

FIFA Inspeksi Stadion di Indonesia Jelang Piala Dunia U-17 2023

FIFA mulai memeriksa kesiapan stadion Indonesia untuk perhelatan Piala Dunia U-17 2023 dengan mengunjungi Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu (29/7/2023) pagi. Setelahnya FIFA melihat Lapangan ABC di kompleks Gelora Bung Karno, Stadion Madya, Lapangan Hoki kompleks Gelora Bung Karno, dan Stadion Soemantri Brodjonegoro.

Keesokan harinya FIFA dijadwalkan bertolak ke Bandung, Jawa Barat, untuk meninjau Lapangan ITB, Lapangan Sidolig, Lapangan Batununggal, Lapangan IPDN, Lapangan Unpad, Stadion Arcamanik, dan Stadion Si Jalak Harupat.

Lalu Senin (31/7/2023), FIFA menuju ke Surabaya, Jawa Timur, demi inspeksi Lapangan G10N, Lapangan Thor, dan Stadion Gelora Bung Tomo.

Terakhir Selasa (1/8/2023), FIFA bertolak menuju Surakarta, Jawa Tengah, untuk memeriksa Lapangan Blulukan, Lapangan Banyuanyar, Lapangan UNS, Lapangan Kampung Sewu, Lapangan Sriwedari, Lapangan Sriwaru, Lapangan Kota Barat, dan Stadion Manahan.

Rombongan FIFA kembali ke Jakarta, Rabu (2/7/2023) untuk melakukan pembahasan bersama dengan PSSI terkait hasil inspeksi. 

Video Terkini