Sukses

Piala AFF U-23: Ketua BTN Sumardji Semprot Persija dan PSM karena Tidak Mau Lepas Pemain ke Timnas Indonesia U-23

Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji menyemprot dua klub papan atas Liga 1 Persija Jakarta dan PSM Makassar karena tidak mau melepas pemainnya ke Timnas Indonesia U-23.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji menyemprot dua klub papan atas Liga 1 Persija Jakarta dan PSM Makassar akibat tidak mau melepas pemainnya ke Timnas Indonesia U-23.

Seperti diketahui, pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong telah memanggil 23 nama untuk Piala AFF U-23. Ajang ini akan berlangsung di Thailand dari 17 sampai 26 Agustus 2023.

Sayangnya hingga latihan perdana yang digelar Kamis (10/8/2023), hanya ada 17 nama yang sudah bergabung dengan Garuda Muda. Sementara empat nama yakni Beckham Putra, Kadek Arel, Alfeandra Dewangga, dan Adi Satryo dikonfirmasi telah memberi tanggal bergabung

Akan tetapi dua sisanya, yakni Rizky Ridho (Persija Jakarta) dan Dzaky Asraf (PSM Makassar) belum menunjukkan tanda-tanda akan dilepas oleh klub masing-masing ke Timnas Indonesia U-23. 

"(Pemain) yang belum hadir dikarenakan ada beberapa pertandingan yang harus diikuti di Liga 1, pertama Beckham dari Persib. Sesuai konfirmasi surat ke kami, tanggal 13 baru akan bergabung. Kadek Arel dari Bali United itu tanggal 12 baru akan bergabung. Dewangga dan Adi Satryo besok baru akan bergabung," tutur Sumardji saat ditemui di Lapangan A, Senayan, Kamis (10/8/2023). 

"Ini sudah ada kepastian mereka akan datang. Artinya, kita pun juga bisa memaklumi kehadirannya walau itu ditunda. Tetapi, yang membuat kami prihatin, saya sangat kecewa akibat tidak hadirnya dua pemain dengan berbagai macam alasan Pertama Persija Jakarta (Rizky Ridho), yang kedua PSM Makassar (Dzaky Asraf)," sambungnya kepada aeak media.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sumardji Bakal Laporkan Persija dan PSM ke Ketum PSSI

Menanggapi situasi ini, Sumardji selaku Ketua BTN memberi peringatan tegas kepada Thomas Doll dan Bernardo Tavares selaku pelatih Persija Jakarta serta PSM Makassar. Ia bakal segera melaporkan kedua pelatih kepada Ketua Umum PSSI Erick Thohir sebagai buntut dari situasi ini. 

"Hanya dipanggil untuk memperkuat timnas saja sama pelatihnya ditahan, tidak dilepas. Bangsa ini membutuhkan tenaga, pikiran para pemain. Akan tetapi, kalau pelatih asingnya yang ada di negara ini, yang cari makan di negara ini mempersulit, saya kira masyarakat bisa menilai sendiri," ujar sosok yang juga menduduki kursi Exco PSSI.

"Dan ini akan saya laporkan ke Ketua Umum supaya ada tindakan ke belakang seperti apa. Tidak boleh kita biarkan. Orang pelatih asing cari makan di negara kita, tetapi mempersulit timnas, kalau bicara timnas ini bicara negara." 

"Jadi pada kesempatan ini, saya berharap dukungan dari masyarakat karena kalau tidak ada dukungan dari masyarakat, kami pun akan kesulitan karena pelatih asing selalu berlindung pada bukan kalender FIFA," tegas Sumardji.

3 dari 4 halaman

Sudah Siapkan Plan B untuk Timnas Indonesia U-23

Terlepas dari hal itu, Sumardji mengklaim pihaknya juga telah menyiapkan plan B apabila Persija Jakarta dan PSM Makassar sampai akhir ogah melepas Rizky Ridho serta Dzaky Asraf ke Timnas Indonesia U-23.

Menurut Sumardji, ada dua nama alternatif yang bisa dinmjadikan opsi, yakni Mohammad Kanu dan Haykal Alhafiz. 

"Memang ketika nanti betul-betul Dzaky dan Ridho enggak datang, saya sudah koordinasi dengan coach Shin. Opsinya adalah, saty Kanu, dan mungkin opsi kedua Haykal, kami akan komunikasikan lagi dengan klub," papr Sumardji.

"Tetapi kemarin saya sudah ditelepon sama manajemen sama Persis Solo, kalau memang Kamu dibutuhkan hari ini juga akan dikirim. Tidak usah ragu-ragu dan Persis Solo mendukung sepenuhnya program timnas," tambah dia.

4 dari 4 halaman

Daftar Pemain yang Dipanggil untuk Piala AFF U-23

Kiper:

Ernando Ari Sutaryadi (Persebaya Surabaya)

Muhamamd Adi Satryo (PSIS Semarang)

Daffa Fasya (Borneo FC Samarinda)

 

Bek:

Rizky Ridho (Persija Jakarta)

Muhammad Ferarri (Persija Jakarta)

Alfeandra Dewangga (PSIS Semarang)

Bagas Kaffa (Barito Putera)

Komang Teguh (Borneo FC Samarinda)

Frengky Missa (Persikabo 1973)

Dzaky Asraf (PSM Makassar)

 

Gelandang:

Beckham Putra Nugraha (Persib Bandung)

Robi Darwis (Persib Bandung)

Rifky Dwi (Persita Tangerang)

Esal Sahrul (Persita Tangerang)

Arkhan Fikri (Arema FC)

Fajar Fathur Rahman (Borneo FC Samarinda)

Jeam Kelly Sroyer (Persik Kediri)

Salim Tuharea (Madura United)

 

Penyerang:

Irfan Jauhari (Persis Solo)

Ramadhan Sananta (Persis Solo)

Abdul Rahman (RANS Nusantara FC)

Muhammad Ragil (Bhayangkara FC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.