Sukses

Bola Ganjil: Dari Teman Jadi Atasan, Ada yang Terpisahkan 20 Tahun

Para eks pemain sepak bola kini mendapat kesempatan untuk melanjutkan karier sebagai pelatih lebih cepat ketimbang generasi-generasi sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Para eks pemain sepak bola kini mendapat kesempatan untuk melanjutkan karier sebagai pelatih lebih cepat ketimbang generasi-generasi sebelumnya. Efek kesuksesan para arsitek muda, di antaranya Jose Mourinho dan Pep Guardiola, hampir dua dekade lalu membuat mantan pemain tidak perlu menunggu lama lagi sebelum mendapat tawaran bekerja.

Frank Lampard, Steven Gerrard, Xavi Hernandez, Xabi Alonso, hingga Andrea Pirlo adalah beberapa nama yang menempuh jalur ekspres pada profesi tersebut. Beberapa di antaranya bahkan ada yang belum memiliki pengalaman sama sekali ketika langsung dipercaya memimpin tim utama klub tenar Eropa.

Konsekuensi fenomena ini membuka peluang relasi baru. Mereka punya kans melatih mantan rekan setim. Perasaan canggung mungkin muncul. Bagaimanapun, mereka yang kini menjabat pelatih harus mampu memposisikan diri sebagai atasan eks teman setim.

Jika gagal, instruksi mereka bakal tidak didengar. Risikonya yang bersangkutan akan kehilangan wibawa dan otomatis berdampak buruk terhadap tim.

Nama-nama yang disebut di atas mayoritas melatih mantan rekan tidak lama setelah gantung sepatu. Hal sama tidak bisa digunakan untuk Sean Dyche dan Ashley Young.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sean Dyche dan Ashley Young Dipisahkan 20 Tahun

Kedua sosok pernah satu klub di Watford. Mereka berkolaborasi selama dua tahun pada 2003-2005, dengan Dyche menjabat kapten tim pada musim terakhirnya di Vicarage Road.

Dari situ, Dyche pergi ke Northampton Town dan bermain dua musim sebelum gantung sepatu. Sementara Young terus mengorbit bersama Watford. Dia pindah ke Aston Villa pada tahun sama Dyche pensiun.

Young terus membangun reputasi bersama The Villans, yang berbuah transfer ke Manchester United. Usai menghabiskan sembilan tahun di Old Trafford, dia menjajal Serie A bersama Inter Milan. Young lalu pulang ke Aston Villa sebelum pindah ke Everton musim panas ini.

The Toffees ditangani Dyche, yang kini menimba karier sebagai pelatih. Dia bekerja di Goodison Park sejak awal tahun ini, setelah sebelumnya menangani Watford dan Burnley.

Usai jeda 20 tahun, Dyche dan Young kembali memiliki hubungan profesional. Namun, selisih tersebut ternyata bukan yang terlama di lapangan hijau.

 

3 dari 3 halaman

Olli Huttunen dan Jari Litmanen

Olli Huttunen dan Jari Litmanen merupakan masa lalu dan masa depan Finlandia ketika tampil bersama tahun 1989. Setelah gantung sepatu, Huttunen membangun karier kepelatihan di klub yang membesarkan namanya FC Haka.

Sementara Litmanen, yang berusia 18 tahun saat debut di timnas, menjadi pesepak bola terbaik Finlandia sepanjang masa. Dia berusia 39 tahun ketika memperkuat tanah kelahiran untuk terakhir kali melawan San Marino, November 2010.

Litmanen saat itu melakoni penampilan ke-137 bagi Finlandia, dengan Huttunen menjalani debut sebagai nakhoda timnas. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini