Sukses

Bintang NBA Jamal Murray dan Kristaps Porzingis Dipastikan Absen di FIBA World Cup 2023

Murray dan Porzingis memilih absen berlaga di FIBA World Cup 2023 karena kondisi fisik yang tak memungkinkan.

Liputan6.com, Jakarta- Dua bintang NBA yang dinantikan penampilannya di Jakarta saat FIBA World Cup 2023 berlangsung dipastikan absen. Jamal Murray tidak jadi membela Kanada. Sedangkan Kristaps Porzingis tak ikut bersama timnas Latvia bertanding di Indonesia Arena.

Kristaps Porzingis yang lebih dulu mengumumkan batal main di Piala Dunia Basket 2023 pada Rabu (16/8/2023) pagi WIB. Pemain klub Boston Celtics itu menarik diri karena mengalami cedera plantar fasciitis.

Keputusan Porzingis absen di FIBA World Cup 2023 diambil setelah menjalani pemeriksaan MRI. Porzingis kemudian langsung membahas hasil pemeriksaan MRI tersebut dengan tim kepelatihan dan medis Celtics serta timnas Latvia.

"Setelah beberapa minggu pemulihan dan pemeriksaan MRI berulang, plantar fasciitis kaki saya masih menghalangi saya untuk berada di lapangan dengan kesiapan penuh. Keputusan bersama ini dibuat oleh staf medis dan staf pelatih tim nasional, serta tim Celtics. Keputusan seperti itu tidak mudah dibuat, tetapi saya berjanji akan berada di sana dan mendukung tim sebaik mungkin. sebanyak yang saya bisa," tulis Porzingis di media sosial dalam bahasa Latvia.

Absennya Porzingis menjadi pukulan telak bagi Latvia. Di Piala Dunia Bola Basket 2023 mereka masuk grup berat bersama Prancis, Kanada dan Lebanon. Davis Bertans yang akan jadi andalan utama Latvia di Jakarta nanti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Murray Perlu Istirahat

Beberapa jam setelah Porzingis, giliran Jamal Murray yang dipastikan absen. Timnas Kanada akhirnya mengumumkan Murray tidak akan ikut bermain di FIBA World Cup 2023. Murray merasa perlu mengistirahatkan dan memulihkan tubuhnya setelah berjuang habis-habisan membantu Denver Nuggets menjuarai NBA 2023.

"Ketika saya datang ke kamp pelatihan, saya ingin melihat bagaimana tubuh saya akan merespon setelah musim yang panjang dan menuntut dan apakah saya secara fisik mampu bersaing di level tertinggi yang dibutuhkan untuk Piala Dunia," kata Murray.

“Dalam konsultasi dengan staf medis dan tim, jelas dibutuhkan pemulihan tambahan, dan saya telah membuat keputusan sulit untuk tidak berpartisipasi dalam turnamen. Masih menjadi impian saya untuk mewakili Kanada di Olimpiade, dan saya akan mendukung tim di setiap langkah saat mereka mengejar tujuan ini.”

3 dari 3 halaman

Murray Pernah Cedera ACL

Murray tak berani terlalu memforsir tubuhnya karena pernah mengalami cedera ACL parah pada tahun 2021 lalu. Akibatnya Murray absen lama dan baru bisa bangkit kembali pada musim lalu dimana dirinya membantu Nuggets menjuarai NBA untuk pertama kalinya.

Tanpa Murray, Kanada masih memiliki banyak pemain bintang NBA yang akan berlaga di Jakarta. Ada Dillon Brooks, Shai Gilgeous Alexander, RJ Barrett, Nickeil Alexander-Walker hingga LuGuentz Dort

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini