Sukses

Hasil BRI Liga 1 2023/2024: Gol Tunggal Song Ui-yuong Antar Persebaya Hajar PSM Makassar

Persebaya Surabaya sukses memetik poin penuh dalam laga pekan ke-9 BRI Liga 1 2023/2024 pada Jumat (18/8/2023) usai menghajar PSM Makassar dengan skor tipis 1-0.

Liputan6.com, Jakarta- Persebaya Surabaya sukses memetik poin penuh dalam laga pekan ke-9 BRI Liga 1 2023/2024 pada Jumat (18/8/2023) sore WIB. Berhadapan dengan PSM Makassar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Bajul Ijo menang tipis 1-0 berkat gol yang dilesakkan Song Ui-young di menit ke-9.

PSM Makassar sejatinya langsung mencoba menggempur lini pertahanan Persebaya Surabaya di awal babak pertama. Kenzo Nambu memperoleh peluang emas pada menit ke-3 usai menerima umpan dari Everton, tetapi finishing-nya belum akurat, sehingga gagal dikonversi menjadi gol.

Bajul Ijo yang bertindak sebagai tuan rumah mencoba membalas ancaman tim tamu. Akan tetapi, peluang set piece tendangan bebas yang didapatnya pada menit ke-5 gagal dimaksimalkan oleh penggawa Persebaya.

Barulah pada menit ke-9 Persebaya Surabaya lebih dulu berhasil memecah kebuntuan. Song Ui-yong melepas tendangan akurat dari luar kotak penalti yang sulit dijangkau Reza Arya Pratama, sekaligus mengubah skor sementara menjadi 1-0.

PSM Makassar mencoba mengejar ketertinggalan dari tuan rumah setelahnya. Akan tetapi, nestapa justru dirasakan Juku Eja pada menit ke-25 lantaran Rizky Eka Pratama ditarik keluar akibat cedera.

Tak ada perubahan signifikan yang terjadi pasca cooling break. PSM Makassar sempat memperoleh kesempatan melakukan shooting langsung lewat Kenzo Nambu, tetapi belum berhasil membuahkan gol.

PSM Makassar tak kunjung mampu menyamakan kedudukan di sisa babak pertama. Skor 1-0 untuk keunggulan Persebaya pun bertahan sampai turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua Persebaya Surabaya vs PSM Makassar

PSM Makassar mencoba mengejar ketertinggalan di babak kedua. Akan tetapi, belum ada celah bagi Juku Eja untuk mencetak angka penyeimbang di kandang Persebaya.

Ananda Raehan sempat mendapat peluang emas pada menit ke-57 usai menerima umpan dari Yakob Sayuri. Ruang terbuka tercipta di lini belakang Bajul Ijo, tetapi finishing-nya lagi-lagi masih melayang tipis di atas mistar gawang.

Memasuki menit 63, giliran Persebaya Surabaya yang mendapat kesempatan lewat Kasim Botan. Ia melepas tendangan yang berpotensi mengoyak jaring Reza Arya Pratama, andai bola yang dikirimnya tidak membentur tiang.

PSM Makassar mencoba membalas ancaman Persebaya semenit berselang. Yance Sayuri melepas tendangan keras yang menyusur tanah, tetapi gagal berbuah gol lantaran masih menyamping dari gawang kawalan Andhika.

Kedua tim balik menemui jalan buntu di 20 menit akhir pertandingan waktu normal. Tak satu pun peluang mampu dikonversi menjadi angka, sehingga skor 1-0 untuk keunggulan Persebaya bertahan sampai bubaran.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain Persebaya Surabaya vs PSM Makassar

Persebaya Surabaya: Andhika Ramadhani (GK), Dusan Stevanovic, Reva Adi Utama, Kadek Raditya, Arief Catur Pamungkas, Sho Yamamoto, Andre Oktaviansyah, Kasim Botan, Song Ui-young, Bruno Moreira, Wildan Ramdhani

PSM Makassar: Reza Arya Pratama (GK), Yakob Sayuri, Erwin Gutawa, Yuran Fernandes, Yance Sayuri, Dzaky Asraf, Akbar Tanjung, Rizky Eka Pratama, Adilson Gancho Silva, Everton, Kenzo Nambu

4 dari 4 halaman

Klasemen Sementara BRI Liga 1 2023/2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.