Sukses

FIBA World Cup 2023: Kanada Menang Lagi, Lumat Lebanon

Kanada sukses menghajar Lebanon di laga keduanya di FIBA World Cup 2023. Kanada masih 100 persen.

Liputan6.com, Jakarta- Kanada melanjutkan performa apiknya di FIBA World Cup 2023. Shai Gilgeous Alexander dan kawan-kawan menang lagi di laga keduanya di Jakarta. Kali ini Kanada mencukur Lebanon 128-73 di Indonesia Arena, Minggu (27/8/2023) sore WIB.

Dengan demikian Kanada berpeluang besar lolos ke babak selanjutnya. Mereka memuncaki klasemen Grup H FIBA World Cup 2023 dengan dua kali menang. Pada laga perdana Kanada menang atas Prancis.

Kanada telat panas di awal pertandingan. Lebanon bisa unggul 4-0 lebih dulu melalui aksi-aksi dari Wael Arakji dan Ali Haidar. Kanada baru bisa berbalik unggul saat kuarter pertama tersisa tujuh menit 16 detik berkat lima angka beruntun dari Dwight Powell.

Lebanon kembali unggul melalui lay-up Arakji. Namun setelah itu pertandingan dikuasai oleh Kanada. Kelly Olynyk, RJ Barrett dan Shai Gilgeous Alexander bergantian mencetak poin untuk membuat Kanada menjauh dari Lebanon. Kanada menutup kuarter pertama dengan 29-13.

Di awal kuarter kedua, Kanada banyak menyimpan pemain intinya. Namun para pelapis Kanada tetap lebih tangguh dari Lebanon. Zach Edey berperan menghancurkan Lebanon di saat Kelly Olynyk duduk di bangku cadangan.

Lebanon sempat menjaga asal lewat aksi-aksi dari Karim Zeinoun. Namun RJ Barrett membayar lunas dan tetap menjaga margin keunggulan Kanada di atas 20 angka. Kanada menutup paruh pertama dengan keunggulan 66-30 setelah Dillon Brooks melesakkan buzzer beater tiga angka.

2 dari 3 halaman

Dillon Brooks Sihir Indonesia Arena

Kanada semakin dominan di kuarter tiga. Banyaknya turn over dari Lebanon memudahkan Kanada mencetak poin. Bahkan Kanada banyak melakukan dunk di kuarter tiga melalui RJ Barrett, Shai Gilgeous Alexander, Kelly Olynyk hingga Dillon Brooks.

Lebanon benar-benar dibuat tak berdaya oleh Kanada. Kembali Kanada melesakkan buzzer beater tiga angka menutup kuarter tiga. Kali ini lewat Nickeil Alexander Walker. Kanada unggul sangat jauh 100-48.

Keunggulan 50 poin lebih ini membuat pelatih Kanada Jordi Fernandez Torres memainkan 100 persen para pemain cadangannya saja di kuarter empat. Lebanon mulai bisa mengimbangi Kanada. Mereka bisa mencetak 25 angka. Tapi Kanada tetap unggul 28-25 di kuarter empat dan menutup laga dengan 128-73.

3 dari 3 halaman

RJ Barrett Jadi Pemain Terbaik

RJ Barrett terpilih sebagai pemain terbaik di laga ini. Pemain New York Knicks tersebut menyumbang 17 angka untuk Kanada. Pemain cadangan Trae Bell-Haynes menyusul dengan raihan 15 poin.

Shai Gilgeous Alexander finis dengan 12 poin, sedangkan Brooks menyumbang 10 angka. Di kubu Lebanon Omari Spellman menjadi top skor dengan 15 poin. Adapun Zeinoun menghasilkan 15 poin.

Video Terkini