Sukses

Tak Kalah dengan FIBA World Cup 2023, Atmosfir Final DBL 2023 Seri Surabaya Bikin Merinding

Final DBL 2023 Seri Surabaya berlangsung wah dengan suguhan yang sangat spektakuler.

Liputan6.com, Jakarta- Final party Honda DBL with Kopi Good Day 2023 East Java Series – North Region di DBL Arena, Surabaya, Sabtu (26/8/2023), berlangsung meriah. Venue berkapasitas 4.000 penonton ini terisi penuh oleh penonton yang ingin menyaksikan laga puncak tim tim putri dan putra liga basket pelajar terbesar Seri Surabaya.

Pada partai final putri Seri Surabaya (North Region) mempertemukan SMA Gloria 1 Surabaya versus SMA Petra 1 Surabaya. Sedangkan final putra antara SMA St Louis 1 Surabaya versus SMA Gloria 1 Surabaya.

Laga final DBL East Java Series 2023 ini juga dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo. Atmosfir dahsyat yang tak kalah dengan penyelenggaraan FIBA World Cup 2023 di Jakarta ini membuat kagum Menpora.

”Saya baru kali pertama ini hadir di DBL Arena. Kebetulan lagi di Surabaya dan ternyata waktunya pas final Honda DBL with Kopi Good Day Seri Surabaya. Saya lihat antusias para peserta dan energi dari para penonton sangat positif. Jadi saya senang sekali bisa hadir di sini dan semoga ke depannya bisa makin besar lagi dan makin masif,” ujar Menpora yang akrab disapa Dito ini.

Menurut Dito, hadirnya Honda DBL with Kopi Good Day yang konsisten digelar serta masif di 30 kota dari 22 provinsi se Indonesia ini diyakni membawa dampak yang sangat besar bagi perkembangan basket Tanah Air. ”Harus diakui, liga pelajar ini (Honda DBL with Kopi Good Day) jadi tulang punggung pembinaan basket Indonesia. Di sini kita semua tahu, banyak sekali, bahkan mayoritas atlet yang berkiprah di Tim Nasional Basket Indonesia itu jebolan DBL,” tegas Dito.

Lahirnya hasil positif terhadap perkembangan basket Indonesia, utamanya dalam gelaran SEA Games dua musim terakhir membuat Dito tergerak untuk memberi dukungan penuh bagi perhelatan Honda DBL with Kopi Good Day 2023 hingga musim-musim berikutnya. Demi memajukan basket Tanah Air agar lebih dipandang hingga kancah Internasional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harapan Menpora

“Semoga dengan keberadaan liga basket tingkat pelajar ini (Honda DBL with Kopi Good Day), bisa membuat anak-anak Indonesia makin semangat berolahraga, khususnya basket, dan kita yakin ke depannya industri olahraga khususnya basket akan lebih maju lagi,” tukas Dito.

Dari hasil laga puncak Seri Surabaya, tim putri SMA Gloria 1 Surabaya sukses mengamankan takhta sebagai juara bertahan Seri Surabaya. Srikandi Gloria 1 (SMA Gloria 1 Surabaya) berhasil mengalahkan Petra 1 (SMA Petra 1 Surabaya) dengan skor akhir 59-24.

Michelle Angelina menjadi bintang bagi keberhasilan tim putri Gloria 1. Bermain dengan catatan waktu 32 menit, pemain nomor punggung 28 tersebut mencatatkan double-double dengan koleksi 20 poin serta 12 rebound. Bantuan lainnya datang dari Putu Kezia yang juga mencetak double-double dengan torehan 10 poin plus 10 rebound.

3 dari 3 halaman

Sinlui Juara di Putra

Sementara dari persaingan putra, Sinlui (julukan SMA St Louis 1 Surabaya) juga berhasil mempertahankan gelar usai sukses meredam perlawanan ngotot SMA Gloria 1 Surabaya. Dengan skor akhir, 64-46.

Sebagai champion Seri Surabaya (North Region), putri Gloria 1 dan putra Sinlui akan didampingi oleh putri SMA Petra 1 Surabaya dan putra SMA Gloria 1 Surabaya (runner-up), untuk bertarung ke fase bergengsi Seri Jawa Timur atau Championship Series. Bersaing dengan para finalis dari pelaksanaan di tiga wilayah lainnya pada Seri Jatim, yakni South Region (Seri Malang), West Region (Seri Madiun), dan East Region (Seri Jember).

Fase bergengsi Championship Series untuk Seri Jatim ini akan kembali digelar di DBL Arena pada 28 hingga 30 Agustus. Puncaknya, dijadwalkan pada 2 September mendatang, untuk mendapatkan siapa tim basket sekolah terbaik putra dan putri yang berhak menyandang gelar champion Honda DBL with Kopi Good Day Seri Jatim musim ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.