Sukses

FIBA World Cup 2023: Sibuk Urus Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Tak Sempat Ikuti Pemain-Pemain NBA

Pelatih timnas sepak bola Indonesia Shin Tae-yong hadir menyaksikan FIBA World Cup 2023 di Indonesia Arena, Selasa (29/8/2023). Sayangnya, ia mengaku tak punya jagoan lantaran jarang nonton basket dan terlalu sibuk mengurus Timnas Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong membuat kejutan dalam ajang FIBA World Cup 2023 di Indonesia Arena. Juru taktik asal Korea Selatan itu hadir untuk menyaksikan laga Kanada vs Latvia pada Selasa (29/8/2023).

Sekadar informasi, Shin Tae-yong sebelumnya baru selesai mengantar Timnas Indonesia U-23 berlaga dalam ajang Piala AFF U-23 2023 di Thailand.

Meski tak dipasangi target oleh PSSI, eks pelatih Timnas Korea Selatan sukses mengantar Garuda Muda tembus ke babak final. Anak-anak aush STY lantas finis sebagai runner-up usai kalah daari Vietnam lewat drama adu penalti di babak final.

FIBA World Cup pun menjadi semacam intermezzo di tengah kesibukan Shin Tae-yong mengurus timnas. Sayangnya, pelatih berusia 52 tahun mengaku tak punya tim jagoan dalam ajang Piala Dunia Basket 2023.

Ia konon tidak terlalu mengikuti dinamika basket dan tak sempat menonton banyak pertandingan di cabor tersebut lantaran terlalu sibuk menangani skuad sepak bola Indonesia.

"Jujur saya tidak ada waktu untuk nonton basket, perhatian dan fokusnya semua ke bola saja, ya. Jadi hanya stres di bola saja untuk saat ini," ujar Shin Tae-yong saat ditanyai awak media di depan pintu masuk VIP Indonesia Arena jelang laga FIBA World Cup 2023 Kanada vs Latvia, Selasa (29/8/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

STY Tak Terlalu Mengikuti NBA

Lebih lanjut, Shin Tae-yong juga menyebut dia saat ini sudah tidak terlalu mengikuti NBA. Kebanyakan nama-nama beken yang dikenalnya adalah anggota timnas basket Korea yaang sudah tak aktif bermain.

"Sekarang jujur saya sudah tidak nonton (NBA) lagi, jadi tidak terlalu kenal pemain-pemain saat ini," papar Shin Tae-yong kepada awak media.

"(Kalau dulu) ada Michael Jordan, dan memang ada pemain-pemain timnas basket (Korea) juga yang saya kenal dekat, seperti ada Pelatih Kim Hoe Jae dan Moon Kyung Eun," tambah dia.

3 dari 3 halaman

Terima Undangan Erick Thohir

Sementara itu, terkait alasan kedatangan Shin Tae-yong ke Piala Dunia Bola Basket 2023, sang pelatih mengaku dia menerima undangan dari Ketum PSSI Erick Thohir.

Sosok yang juga berstatus sebagai anggota FIBA Central Board itu sempat memberi tawaran nonton bersama kepada juru taktik Timnas Indonesia saat keduanya bertemu di Thailand beberapa waktu lalu.

"Jadi saat kami di Kamboja, ketika saya datang untuk memberi dukungan kepada Timnas SEA Games, waktu itu timnas basket juga memberi dukungan penuh kepada timnas sepak bola, dan saya pun memang senang dengan basket juga," jelas Shin Tae-yong.

"Kebetulan saat di Thailand kemarin, Pak Erick Thohir menawarkan bagaimana kalau kita nonton bersama dan saya dengan senang hati menerima tawaran itu," ujarnya kepada awak media.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.