Sukses

Hasil BRI Liga 1: Persebaya Lumat Borneo FC, Persikabo Kalahkan Dewa United

Persebaya Surabaya sukses memetik poin penuh dalam pertandingan pekan ke-11 BRI Liga 1 2023/2024 kontra Borneo FC pada Minggu (3/9/2023). Hasil serupa juga didapat oleh Persikabo yang mampu mengalahkan Dewa United dengan skor tipis 1-0.

Liputan6.com, Jakarta - Persebaya Surabaya sukses memetik poin penuh dalam pertandingan pekan ke-11 BRI Liga 1 2023/2024 kontra Borneo FC. Tampil di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Minggu (3/9/2023) sore WIB, Bajul Ijo menggasak lawannya dengan skor 2-1. 

Hasil serupa juga dipetik oleh Persikabo 1973 saat menjamu Dewa United di hari yang sama. Tim tuan rumah menang tipis 1-0 berkat gol tunggal Yandi Sofyan pada menit ke-52. 

Menilik jalannya laga, Persebaya Surabaya dan Borneo belum tampil lepas di awal babak pertama. Duo kesebelasan masih kesulitan menembus lini pertahanan masing-masing hingga laga berjalan lebih dari 5 menit. 

Borneo sempat mencoba menebar ancaman memasuki menit ke-7. Terens Puhiri mengirim umpan jarak jauh yang coba diarahkan kepada Stefano Lilipaly, tetapi bola segera dijemput oleh kiper Andhika Ramadhani.

Kedua tim masih berupaya memecah kebuntuan hingga 15 menit awal babak pertama. Barulah pada menit ke-21 Bajul Ijo berhasil menciptakan keunggulan.

Adalah Bruno Moreira yang mencatatkan nama di papan skor bagi Persebaya. Aksinya sekaligus mengantar tim tuan rumah memimpin sementara dengan 1-0 jelang pertengahan babak pertama. 

Persebaya Surabaya terus berusaha membongkar pertahanan Pesut Etan demi menggandakan keunggulan. Kesempatan apik kembali didapatkan oleh Bajul Ijo di menit 39. 

Ze Valente melepaskan serangan berbahaya ke kubu tim tamu. Namun, penyelamatan gemilang Nadeo Argawinata menggagalkan upaya keduanya mencetak gol tambahan. 

Justru Borneo FC yang berhasil menyamakan kedudukan jelang turun minum. Blunder di lini  belakang Persebaya Surabaya berbuntut pada terciptanya gol bunuh diri oleh Yohanes Kandaimu. Situasi ini membuat skor berubah imbang 1-1 sampai jeda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua Persebaya Surabaya vs Borneo FC

Laga ketat kembali berlanjut pasca turun minum. Borneo FC nyaris membuat kejutan di awal babak kedua ketika Felipe Cadenazzi melepas tendangan spektakuler. 

Berawal dari pengamatan cerdiknya yang menyadari kiper Bajul Ijo berada di posisi terlalu maju, Cadenazzi mencoba melepas tendangan melambung untuk mengoyak jaring Persebaya. Keuntungan bagi tuan rumah lantaran bola gagal bersarang di gawang Andhika Ramdhani.

Cadenazzi kembali menjadi momok bagi lini belakang Bajul Ijo di menit 58. Ia mengirim header yang mendarat di jaring Persebaya. Malang, aksi itu tak dihitung sebagai gol usai wasit mengeluarkan kartu kuning lantaran menganggap sempat terjadi pelanggaran. 

Barulah di menit 72, Persebaya Surabaya membalas ancaman Borneo FC. Ze Valente dengan ciamik mencetak gok kedua Bajul Ijo setelah menuntaskan umpan Catur Pamungkas secara diagonal, yang sulit diselamatkan oleh Nadeo. 

Setelahnya, kedua tim balik menemui jalan buntu. Tak ada gol baru yang mampu dihasilkan oleh Persebaya dan Borneo, meski sejumlah peluang sempat tercipta. Skor 2-1 untuk keunggulan tuan rumah bertahan sampai bubaran.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain Persebaya Surabaya vs Borneo FC

Persebaya Surabaya: Andhika Ramadhani; Yohanes Kandaimu, Reva Adi Utama, Kadek Raditya, Arief Catur Pamungkas; Sho Yamamoto, Andre Oktaviansyah, Ze Valente; Song Ui-Yong, Bruno Moreira, Wildan Ramdhani

Borneo FC: Nadeo Argawinata; Fajar Fathur Rahman, Silverio Silva, Leo Lelis, Diego Michiels; Kei Hirose, Hendro Siswanto, Adam Alis; Terens Puhiri, Felipe Cadenazzi, Stefano Lilipaly

4 dari 4 halaman

Persikabo 1973 vs Dewa United

Sementara itu di lokasi berbeda, Persikabo 1973 dan Dewa United kesulitan menunjukkan taring di babak pertama. Duo kesebelasan harus puas menutup paruh pembuka dengan skor imbang tanpa gol, usai gagal membobol jaring masing-masing. 

Barulah pada menit ke-52 tim tuan rumah berhasil memecah kebuntuan. Yandi Sofyan mencatatkan namanya di papan skor, yang mengantar Persikabo unggul sementara 1-0. 

Dewa United tak kuasa mengejar ketertinggalan di sisa waktu yang dimiliki. Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan gagal menyeimbangkan kedudukan, sehingga laga berakhir dengan 1-0 untuk kemenangan Persikabo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.