Sukses

Eks Manchester United Buat Pernyataan Kontroversial soal Piala Dunia 2022: Sebut Kemenangan Argentina Cuma Settingan

Eks manajer Timnas Belanda Louis van Gaal baru-baru ini mengeluarkan pernyataan kontroversial terkait Piala Dunia 2022. Ia menyebut ajang sepak bola akbar yang dihelat di Qatar akhir tahun lalu itu hanyalah setting-an demi memenangkan Lionel Messi dan Timnas Argentina.

Liputan6.com, Jakarta Eks manajer Timnas Belanda Louis van Gaal baru saja mengeluarkan pernyataan kontroversial terkait Piala Dunia 2022. Ia menyebut ajang sepak bola akbar yang dihelat di Qatar akhir tahun lalu itu hanyalah settingan demi memenangkan Lionel Messi dan Timnas Argentina.

Seperti diketahui, Van Gaal memang masih menyandang status sebagai manajer kala Oranje tampil dalam ajang Piala Dunia 2022. Sayangnya, ia gagal mengantar Timnas Belanda melangkah jauh lantaran Virgil van Dijk dan kawan-kawan takluk dari Argentina di perempat final.

Adalah drama adu penalti yang membuat Belanda harus rela mengakui keunggulan Albiceleste. Setelah mengalami hujan 18 kartu kuning, anak-anak asuh Van Gaal pada akhirnya dipaksa tunduk 3-4 oleh Argentina usai bermain imbang 2-2 hingga pengujung masa tambahan waktu.

Dengan hasil ini, langkah Timnas Belanda otomatis terhenti. Sementara itu, pasukan Lionel Scaloni tampil tak terbendung hingga memasuki babak final Piala Dunia 2022.

Mereka sempat disulitkan oleh Timnas Prancis yang memegang predikat juara bertahan kala kedua tim bersaing di partai puncak. Walau demikian, Lionel Messi dan kawan-kawan lagi-lagi mampu memenangi persaingan setelah melakoni adu penalti di pengujung laga.

Van Gaal yang gagal menorehkan prestasi bersama timnya di ajang tersebut pun memandang skeptis pencapaian Timnas Argentina. Ia menuduh Albiceleste tak akan bisa meraih hasil serupa jika tak mendapat bantuan dari pihak tertentu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar Louis van Gaal

"Saya tidak ingin bicara banyak soal itu. (Namun), ketika Anda melihat bagaimana Argentina mencetak gol dan bagaimana kami mencetak gol, beberapa pemain Argentina nampak kelewatan, tetapi tidak dihukum," tutur Van Gaal kepada media Belanda NOS, seperti dilansir dari Mirror.

"Makanya saya pikir itu semua adalah pertandingan yang direncanakan (setting-an). Saya bersungguh-sungguh dengan semua yang saya katakan."

"Bahwa Messi harus (dibuat) jadi juara dunia (dengan memenangkan Piala Dunia 2022)? Ya, saya kira begitu," sambung mantan juru taktik berusia 72 tahun tersebut.

3 dari 3 halaman

Pisah dari Timnas Belanda usai Piala Dunia 2022

Sekadar informasi, Louis van Gaal sudah angkat kaki dari jabatannya di kursi kepelatihan Timnas Belanda sejak selesainya Piala Dunia 2022. Sebelumnya, sang pelatih pernah mengungkap kondisi kesehatannya jelang perpisahan dari Oranje.

Menurut laporan, Van Gaal sempat menjalani perawatan untuk kanker prostat yang pernah dideritanya beberapa waktu lalu. Dia baru-baru ini juga menjalani operasi lagi atas rekomendasi dokter, sehingga kembali butuh waktu untuk istirahat.

"Saya menjalani operasi lagi pada 9 Agustus dan timbul komplikasi. Saya tidak akan membuat Anda bosan dengan apa yang terjadi. Akan tetapi, keadaan saya terlihat baik sekarang," ungkap eks pelatih Belanda.

“Saya harus istirahat sampai 19 September. Setelah itu kita akan lihat apakah operasinya sudah mencapai tujuan," tambah dia, seperti dikutip dari Mirror.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.