Sukses

Tambah Kekuatan Timnas Indonesia, PSSI Segera Naturalisasi Pemain Serie B Italia

PSSI berupaya mewujudkan ambisinya untuk menambah kekuatan Timnas Indonesia. Langkah teranyar yang diambil ialah dengan mendatangkan nama baru dari Serie B untuk menjalani proses naturalisasi.

Liputan6.com, Jakarta - PSSI tengah berupaya menjalankan ambisinya untuk menambah kekuatan Timnas Indonesia. Langkah teranyar yang diambil ialah dengan mendatangkan nama baru dari Serie B untuk menjalani proses naturalisasi.

Melansir situs resmi PSSI, Ketua Umum Erick Thohir, baru-baru ini, telah mengumumkan rencananya untuk memboyong bek tangguh asal Belanda, Jay Idzes.

Pesepak bola berusia 23 tahun ini bermain di Serie B Italia bersama Venezia. DIa sudah diboyong ke Tanah Air guna menjalani proses administrasi.

Idzes diharapkan dapat menjadi tambahan kekuatan signifikan bagi Skuad Garuda di level senior. Apalagi, pemain kelahiran 2000 itu sebelumnya pernah menjad sosok penting yang mengantar Go Ahead Eagles finis di peringkat 11 klasemen akhir Eredivisie musim lalu.

"Hari ini saya mengumumkan bahwa pemain asal klub Venezia Jay Idzes akan kita proses guna memperkuat Merah Putih di ajang internasional untuk Garuda Mendunia," ujar Erick Thohir seperti dilansir dari situs resmi PSSI.

"Idzes masih berusia 23 tahun. Kariernya sedang menuju puncak. Jadi pemain ini adalah pemain yang sangat potensial dan akan Insyaallah akan menambah kekuatan timnas kita," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Profil Calon Naturalisasi Timnas Indonesia Jay Idzes

Sekadar informasi, Jay Idzes merupakan pesepak bola kelahiran Mierlo, Belanda, 2 Juni 2000. Ia didapuk menjadi calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia lantaran memiliki darah keturunan dari kakek dan neneknya.

Idzes tercatat sudah mulai menekuni dunia sepak bola sejak usia 7 tahun. Ia mengawali kariernya dengan bergabung bersama klub amatir Mierlo, SC Brabant, selama satu setengah tahun, sebelum akhirnya dilirik oleh talent scout PSV Eindhoven

Idzes lantas berlatih di akademi PSV selama lima tahun, kemudian kembali hijrah ke iakademi VVV-Venlo & Helmodsports pada 2014. Menghabiskan waktu 2 tahun di klub tersebut dia kembal mencoba peruntungan di klub Eerste Divisie, FC Eindhoven, dan bermain bersama tim akademi junior.

Di sana, dia mulai menunjukkan potensi dan dibutuhkan oleh tim utama FC Eindhoven. Akan tetapi, pada 2020, Idzes memutuskan pindah ke Go Ahead Eagles.

Idzes kemudian pindah lagi ke Liga Italia pada awal musim 2023 untuk bergabung dengan Venezia di Serie B.

3 dari 3 halaman

Statistik Jay Idzes di Go Ahead Eagles dan Venezia

Bersama Go Ahead Eagles, Jay Idzes tercatat mampu mengolksi total 93 penampilan di semua kompetisi sejak awal kedatangannya. Ia juga sukses mengoleksi 3 gol serta 5 assists di bawah namanya.

Sementara itu bersama Venezia, Idzes belum banyak menunjukkan kiprah lantaran baru bergabung musim panas ini. Situs Transfermarkt mencatat pemain berusia 23 tahun tersebut cuma mengoleksi 5 penampilan, dengan 4 di antaranya tersaji di Serie B, sementara 1 sisanya di Coppa Italia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.