Sukses

Jude Bellingham: Raja Baru Real Madrid

Jude Bellingham telah menjadi idola baru penggemar Real Madrid. Gelandang asal Inggris tersebut telah mencetak lima gol dari empat pertandingan awal LaLiga Spanyol 2023/2024.

Liputan6.com, Jakarta - Jude Bellingham seperti berlian. Tekanan demi tekanan telah membuat pemain asal Inggris itu seperti intan yang diasah baik-baik hingga indah kemilau cahayanya.

Bayangkan, dia pindah ke Jerman untuk bermain buat Borussia Dortmund yang mencoba menantang Bayern Munchen dalam perebutan gelar juara Bundesliga. Pemain kelahiran 29 Juni 2003 itu menjadi favorit penggemar dan bahkan kapten cadangan.

Bellingham menjadi starter Timnas Inggris di Piala Dunia 2022 Qatar. Dia kemudian dikontrak dengan harga mahal oleh Real Madrid. Itu terjadi sebelum berumur 20 tahun.

Semua itu sudah dipikulnya dalam tiga tahun terakhir. Tak hanya performanya yang terus meningkat, namun dia juga membuat segalanya terlihat lebih mudah.

Banyak klub besar Eropa yang menginginkan Bellingham di bursa transfer musim panas 2023. Tetapi, Real Madrid yang mendatangkannya dengan harga awal 103 juta euro, lalu naik menjadi €134 juta.

Sejauh ini, Bellingham tampak bernilai setiap sennya. Dia sudah mencetak lima gol dalam empat laga awal LaLiga Spanyol untuk Real Madrid.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jude Bellingham Produktif Cetak Gol

Jude Bellingham mencetak gol pada debutnya dalam kemenangan 2-0 Real Madrid atas Athletic Bilbao dalam laga pertama LaLiga Spanyol 2023/2024. Dia kemudian mencetak dua gol untuk membantu Los Blancos menang 3-1 atas Almeria setelah tertinggal terlebih dahulu.

Gol penentu kemenangan pada menit ke-81 di Celta Vigo dalam pertandingan ketiganya telah membuat para penggemar terpesona kepadanya. Gol berikutnya ke gawang Getafe membuat orang-orang bertanya apakah pemain berusia 20 tahun itu benar-benar manusia biasa.

Jude Bellingham menjadi pemain keempat yang mencetak gol dalam empat pertandingan pertamanya di LaLiga Spanyol pada abad ke-21. Sebelumnya ada Zlatan Ibrahimovic, Cristiano Ronaldo (keduanya pada 2009/2010) dan Cesc Fàbregas (2011/2012).

Dia juga bergabung dengan Ronaldo dan Robert Lewandowski sebagai salah satu dari tiga pemain yang hanya menjalani empat pertandingan untuk mencetak lima gol. Hanya Radamel Falcao yang mencapai jumlah tersebut dalam penampilan lebih sedikit, yakni tiga pertandingan.

Apa yang menjadi kunci keberhasilan Bellingham dalam mencetak gol? Ini mengingat dia bahkan bukan seorang penyerang.

Jawabannya sederhana. Bellingham diberi wewenang untuk secara efektif menjadi penyerang tambahan ketika Madrid menguasai bola. Sejauh ini, dia cukup sering mendapatkan bola di posisi depan.

Bahkan, Bellingham melakukan lebih banyak sentuhan, yaitu per 90 sentuhan di tengah area penalti dibandingkan di kotak tengah di dalam area pertahanan lawan.

 

3 dari 5 halaman

Jude Bellingham Bermain sebagai Pemain Nomor 10

Peran Jude Bellingham di Real Madrid sejauh ini sangat menarik. Pada dasarnya dia bermain sebagai pemain nomor 10 di belakang dua pemain depan, awalnya Rodrygo dan Vinícius Júnior. Tapi, Vinicius Junior menderita cedera otot saat melawan Celta Vigo, dan Joselu menggantikannya.

Bellingham juga mendapat banyak perlindungan, dengan trio lini tengah di belakangnya. Trio ini bisa mengendalikan, mendikte, dan menghalau serangan lawan.

Aurelien Tchouameni menjadi satu-satunya pemain yang selalu hadir sejauh ini. Namun, Eduardo Camavinga, Toni Kroos, Luka Modric dan Federico Valverde juga tampil dalam barisan tiga gelandang yang memungkinkan Bellingham berkeliaran serta melakukan serangan ke depan bila diperlukan.

Mengingat sudah mencetak lima gol – setelah mencetak delapan gol dalam 31 penampilan Bundesliga musim lalu – mungkin terlalu jelas untuk mengatakan bahwa Bellingham kejam di depan gawang.

Dia telah menyia-nyiakan empat peluang besarnya, dan lima golnya tercipta hanya dari 10 tembakan, dengan nilai akumulasi ekspektasi gol (xG) sebesar 1,8. Tidak ada pemain di lima liga top Eropa musim ini yang mengungguli xG sebanyak 3,2 sejauh Bellingham, dengan Teddy Teuma dari Reims berada di urutan kedua dengan 2,69 (3 gol dari 0,31 xG).

 

4 dari 5 halaman

Jude Bellingham Lebih dari Sekadar Pencetak Gol

Jude Bellingham benar-benar sudah mendapat kepercayaan pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti. Dia sudah mendapatkan 351 menit bermain, kedua terbanyak setelah David Alaba (360).

Pemain berusia 20 tahun itu telah mencetak lima dari delapan gol Real Madrid sejauh musim ini. Tidak ada pemain lain yang mencetak lebih dari satu gol dan tim jelas akan kehilangan Karim Benzema di lini depan jika bukan karena gol Bellingham.

Bellingham lebih dari sekadar pencetak gol. Faktanya dia mampu menciptakan sembilan peluang. Cuma Toni Kroos yang menciptakan peluang lebih banyak darinya, yakni 11.

Dia berada di urutan kedua di LaLiga Spanyol untuk keterlibatan di lini serang dengan 28 keterlibatan. Pemain asal Inggris itu di belakang gelandang Barcelona Frenkie de Jong (30) dan sejajar dengan Jules Kounde dari Barca serta bintang Celta Vigo Iago Aspas.

Bellingham juga menjaga bola dengan baik. Meskipun akurasi passingnya tak setinggi rekannya, Kroos (94,3%), Tchouaméni (92,8%), Camavinga (90,9%), Valverde (90,7%), serta Modric (90,0%), dia bermain lebih tinggi di lini depan, area yang lebih padat, sehingga akurasi 88,7% miliknya masih mengesankan.

Bermain dalam peran yang lebih menyerang, akan menarik untuk melihat apakah sisi pertahanannya di beberapa bulan mendatang. Sejauh ini, ia hanya melakukan tiga tekel dalam empat pertandingan untuk Real Madrid, memenangkan dua di antaranya.

Itu adalah hal yang hebat bagi Real Madrid. Los Blancos memiliki pemain yang tak hanya menunjukkan bahwa bisa menjadi saluran serangan yang sangat baik, namun hampir pasti dapat menyesuaikan diri dan menjadi gelandang berbeda dengan sama efektifnya bila diperlukan.

Bellingham adalah berlian yang menangani tekanan bermain di klub terbesar dunia. Dia mungkin tidak selamanya, tapi kita bisa berharap melihatnya bersinar dalam warna putih di masa mendatang.

 

5 dari 5 halaman

Peringkat LaLiga Spanyol

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.