Sukses

Hasil BRI Liga 1: PSM Makassar Gasak Barito Putera Dua Gol Tanpa Balas

PSM Makassar sukses memetik poin penuh saat menjamu Barito Putera dalam laga pekan ke-12 BRI Liga 1 2023/2024 yang dihelat di Stadion Gelora B.J. Habibie paada Jumat (15/9/2023) sore WIB.

Liputan6.com, Jakarta PSM Makassar sukses memetik poin penuh saat menjamu Barito Putera dalam laga pekan ke-12 BRI Liga 1 2023/2024 yang dihelat di Stadion Gelora B.J. Habibie paada Jumat (15/9/2023) sore WIB. Juku Eja unggul 2-0 berkat gol yang dilesakkan oleh Kenzo Nambu ('40) dan Rasyid Bakri ('90+3).

Menilik jalannya laga, PSM Makassar dan Barito Putera sempat kesulitan menembus lini pertahanan masing-masing di awal babak pertama. Juku Eja baru mendapat kesempatan bagus di menit 13.

Adilson yang berada pada posisi bebas tanpa pengawalan mencoba menuntaskan umpan dari Rizky Eka Pratama, tetapi sepakannya terlalu lemah, sehingga mudah diselamatkan oleh Dhika Bayangkara.

Barito Putera mencoba membalas ancaman PSM Makassar. Peluang akhirnya gantian didapat oleh tim tamu memasuki menit ke-24. Gustavo Tocantins berpeluang mencatatkan namanya di papan skor. Sayang, bola yang dia tanduk masih mendarat di atas mistar gawang.

Kedua tim semula masih buntu hingga pertandingan berjalan lebih dari setengah jam. Namun, Kenzo Nambu mendadak membuat kejutan ketika ia dikirim sebagai eksekutor tendangan bebas pada menit 39.

Pesepak bola asal Jepang melesakkan bola ke arah tiang jauh yang melewati pagar hidup pemain Barito Putera. Dhika Bayangkara gagal menjangkau si kulit bundar, sehingga skor sementara berubah menjadi 1-0.

Tak ada gol baru yang tercipta di lima menit akhir pertandingan waktu normal. Barito Putera gagal mengejar ketertinggalan selama sisa waktu yang ada. Alhasil kedudukan 1-0 untuk keunggulan PSM bertahan sampai turun minum.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua PSM Makassar vs Barito Putera

Barito Putera mencoba tampil lebih menyerang di babak kedua. Akan tetapi, Laskar Antasari masih belum mampu menggetarkan jaring Reza Arya Pratama.

Sejumlah perubahan pun coba dilakukan oleh pelatih Rahmad Darmawan hingga mendekati menit ke-70. Namun, belum ada satu upaya pun dari tim tamu yang berhasil membuahkan angka pertama.

Justru Kenzo Nambu yang berkesempatan menambah keunggulan timnya di menit ke-71. Ia melepaskan tendangan spekulatif, tetapi masih melebar dari tiang gawang.

Gustavo Tocantins sejatinya sempat sekali menggetarkan gawang Reza Arya Pratama di menit 87. Akan tetapi, golnya dianulir oleh wasit lantaran sudah berada pada posisi offside.

Juku Eja menambah nestapa Barito Putera di masa injury time. Rasyid Bakri mencetak angka kedua bagi timnya usai shooting akurat yang dia lepaskan bersarang di gawang Laskar Antasari.

Barito Putera kehabisan waktu untuk mengejar ketertinggalan. Laga berakhir dengan skor 2-0 untuk keunggulan PSM Makassar.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain PSM Makassar vs Barito Putera

PSM Makassar: Reza Arya Pratama; Dzaky Asraf, Erwin Gutawa, Safrudin Tahar, Rizky Eka Pratama; Muhammad Arfan, Akbar Tanjung; Adilson Gancho da Silva, Ananda Raehan, Kenzo Nambu; Everton

Barito Putera: Dhika Bayangkara; Hasyim Kipuw, Renan Alves, Muhamad Firly; Makan Konate, Bayu Pradana, Bagus Kahfi, Ilham Zusril Mahendra, Frendi Saputra; Gustavo Tocantins, Murilo Mendes

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2023/2024