Sukses

Jadwal Asian Games 2023, Kamis 28 September: Berharap Menembak dan Wushu Kembali Menyumbang Emas

Seperti diketahui, emas milik Indonesia di Asian Games 2023 datang dari menembak dan wushu.

Liputan6.com, Jakarta - Inilah jadwal Asian Games 2023, Kamis (28/9/2023), yang tengah berlangsung di Hangzhou, China. Para atlet Indonesia terus berjuang demi merebut medali emas di ajang tersebut.

Peluang menduduki podium tertinggi hadir hari ini. Menyusul sukses Muhammad Sejahtera Dwi Putra yang merebut dua emas, Indonesia berharap atlet menembak lain bisa berkontribusi.

Mereka akan tampil di nomor 10m running target team women, 10m running target women, 10m air pistol team men, dan 10m air pistol men.

Kans emas lain datang dari wushu. Samuel Marbun bakal menghadapi Afshin Salimi Toupghara dari Iran pada final nomor sanda 65kg. Seperti diketahui, emas milik Indonesia di Asian Games 2023 datang dari menembak dan wushu.

Selain itu, timnas dari sejumlah cabor juga bertanding Kamis. Di antaranya tim sepak bola yang bersua Uzbekistan pada babak 16 besar. Sementara basket putra bersua Jepang di fase grup.

Hingga Rabu (27/9/2023) malam WIB, Indonesia menempati peringkat delapan di klasemen medali Asian Games 2022 dengan koleksi tiga emas, dua perak, dan tujuh perunggu.

2 dari 3 halaman

Indonesia Tambah Perak Asian Games 2023, Rabu 27 September

Indonesia gagal merebut emas Asian Games, Rabu (27/9/2023). Capaian terbaik dipersembahkan Sanggoe Dharma Tanjung yang merebut perak stakeboard nomor men’s street.

Bertanding di Qiantang Roller Sports Center, Sanggoe memulai run pertamanya dengan baik dan mendapatkan 62,54 poin. Di run kedua, ia mampu melakukan trick andalan untuk mendapatkan poin lebih besar, 64,77.

Di nomor trick, skateboarder 21 tahun ini menyelesaikan dua trick terbaik dari lima kesempatan yang diberikan dengan skor 68,08 di percobaan trick kedua dan 67,78 di percobaan ketiga. Sanggoe gagal di percobaan trick pertama, keempat dan kelima.

Total, Sanggoe memperoleh 200,63 poin untuk memastikan medali perak. Skateboarder tuan rumah Asian Games 2023, China, Zhang Jie berhak atas medali emas dengan total poin 231,14 dan medali perunggu direbut wakil tuan rumah lainnya, Su Jianjun dengan 195,73 poin.

“Terima kasih buat semuanya, saya tidak menyangka juga dapat medali karena Jepang, China, Korea sekarang ganas-ganas mainnya. Masih penasaran untuk bisa dapat medali emas sebenarnya. Kita harus coba latihan terus,” kata Sanggoe usai lomba.

Dalam perjuangan merebut perak, Sanggoe juga berhasil mengalahkan Ginu Onodera, peringkat ketiga dunia asal Jepang. Ginu yang juga merupakan pro player skateboard itu finis di urutan ketujuh dengan raihan 76,39 poin.

3 dari 3 halaman

Indonesia Incar 12 Emas Asian Games 2023

Kontingen Indonesia menggirimkan total 413 atlet ke Hangzhou, China. Target kali ini jauh lebih rendah ketimbang Asian Games 2018. Kali ini Indonesia mematok masuk 12 besar di klasemen medali. Sebanyak 12 medali emas dibidik kontingen Indonesia di Hangzhou.

Dari 413 atlet yang diberangkatkan di China, Indonesia total mengikuti 30 cabang olahraga. Kontingen Indonesia di Hangzhou dipimpin oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang bertindak sebagai CdM tim Indonesia.

"Pesan saya kepada para atlet, Asian Games bukan sekedar pertandingan. Ini adalah panggung di mana kita menunjukkan jati diri, kehormatan, dan semangat bangsa kita. Jangan ragu untuk mengejar medali emas," ujar Ketua NOC Raja Sapta Oktohari.

"Jangan ragu untuk mengejar medali emas. Jangan gentar menghadapi lawan. Ingatlah, setiap langkah dan keringat kalian merepresentasikan doa dan harapan 273 juta rakyat Indonesia," tambahnya.