Sukses

Hasil MotoGP Motegi 2023: Balapan Tak Selesai Karena Hujan, Jorge Martin Juara dan Marc Marquez Podium

Marc Marquez finis ketiga di balapan MotoGP Motegi 2023. Balapan cuma berlangsung setengah saja karena hujan deras.

Liputan6.com, Jakarta- Balapan MotoGP Motegi 2023 penuh drama dan tidak bisa diselesaikan 24 lap akibat cuaca buruk. Jorge Martin dinyatakan sebagai pemenang, Marc Marquez akhirnya bisa naik podium di MotoGP 2023 setelah finis di urutan ketiga pada Minggu (1/10/2023) siang WIB.

MotoGP Motegi 2023 diwarnai hujan deras. Balapan terpaksa dihentikan saat baru berlangsung 12 lap. Setelah rehat sekitar 20 menit, balapan sempat akan coba dilanjutkan. Namun karena kondisi sirkuit masih hujan dan dianggap membahayakan pembalap, MotoGP akhirnya memilih menyelesaikan balapan di lap 12.

Pembalap mendapatkan poin penuh karena balapan sudah berlangsung 50 persen. Posisi disesuaikan saat red flag berkibar di akhir lap 12

Jorge Martin melakukan start dengan baik. Dia mampu berada di posisi terdepan saat balapan dimulai. Namun hujan mulai turun di sebagian sirkuit saat start.

Para pembalap mayoritas memilih masuk pit sebelum lap pertama selesai untuk menggantikan motor. Michelle Pirro yang memimpin balapan karena belum masuk pit. 

Martin mampu berada di posisi terdepan diantara para pembalap yang masuk pit. Disusul Aleix Espargaro dan Marc Marquez. 

Namun Martin sempat membuat kesalahan sehingga melorot empat peringkat. Ketika Pirro akhirnya masuk pit jelang lap kelima , Aleix Espargaro yang memimpin. 

2 dari 4 halaman

Marquez Memanfaatkan Kondisi Trek Basah

Martin cepat bangkit. Perlahan dia melewat Marquez dan berhadapan langsung dengan Francesco Bagnaia yang ada di urutan kedua. Tak butuh waktu lama, Martin bisa menyalip Bagnaia. 

Saat balapan memasuki lap kesembilan, Martin sudah bisa mengambil alih pimpinan balapan MotoGP Motegi 2023 dari Aleix Espargaro. Bagnaia juga kemudian menyalip Aleix. 

Akan tetapi Bagnaia kesulitan memepet Martin yang terus melesat didepan. Jarak keduanya terus menjauh sampai 1,6 detik saat balapan berlangsung 11 lap.

Hujan makin deras mengguyur Motegi saat lap 12. Marquez memanfaatkan dengan baik. Sempat melorot ke urutan enam, Marquez mampu melejit ke urutan tiga melewati Marco Bezzecchi dan Miguel Oliveira.

3 dari 4 halaman

Balapan Diselesaikan di Lap 12

Balapan akhirnya dihentikan sementara karena cuaca semakin buruk. Red flag dikibarkan saat balapan tersisa 12 lap. Setelah rehat sejenak, MotoGP Motegi 2023 sebenarnya coba dilanjutkan kembali.

Para pembalap sudah masuk sirkuti dan melakukan pemanasan. Tapi melihat kondisi cuaca dan trek yang masih diguyur hujan deras, demi keamanan para pembalap maka balapan tidak jadi dilanjutkan.

Pemenang sesuai dengan siapa yang berada di posisi terdepan saat balapan berjalan 12 lap. Martin pun berhak menjadi pemenang, disusul Francesco Bagnaia dan Marquez. Ini menjadi podium pertama Marquez di MotoGP 2023.

4 dari 4 halaman

Hasil Lengkap MotoGP Motegi 2023

1 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP23)
2 Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP23)
3 Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)
4 Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)
5 Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP23)
6 Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16)
7 Augusto Fernandez SPA Tech3 GASGAS (RC16)*
8 Fabio Di Giannantonio ITA Gresini Ducati (GP22)
9 Raul Fernandez SPA RNF Aprilia (RS-GP22)
10 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
11 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
12 Joan Mir SPA Repsol Honda (RC213V)
13 Cal Crutchlow GBR Yamalube RS4GP (YZR-M1)
14 Stefan Bradl GER LCR Honda (RC213V)
15 Pol Espargaro SPA Tech3 GASGAS (RC16)
16 Michele Pirro ITA Ducati Lenovo (GP23)
17 Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1)
18 Miguel Oliveira POR RNF Aprilia (RS-GP22)
19 Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP23)
  Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP23)
  Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
Video Terkini