Sukses

Legenda Manchester United Ngeri Dengar Kritikan Liverpool soal Blunder Wasit VAR

Liverpool sangat dirugikan usai satu gol dianulir saat melawan Tottenham Hotspur pada pekan ketujuh Liga Inggris. Eks Manchester United turut beri komentar.

Liputan6.com, Jakarta Liverpool mengalami mimpi buruk saat kalah 1-2 dari Tottenham Hotspur pada pekan ketujuh Liga Inggris di Tottenham Stadium, Sabtu (30/9/2023). Liverpool main dengan 9 pemain dan satu gol dari Luis Diaz dianulir wasit VAR.

Belakangan diketahui, wasit VAR yang membantu wasit di lapangan sudah melakukan blunder. Mereka tepatnya salah komunikasi dengan wasit di lapangan pada pertandingan Tottenham vs Liverpool.

Saat wasit di lapangan mendengar penjelasan "pengecekan selesai", mereka menduga itu pengecekan soal offisden. Padahal wasit VAR saat itu ingin mengkonfirmasi gol tersebut tidak offside.

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp cukup bijak menanggapi kesalahan VAR itu. Dia mengatakan kesalahan manusia bisa saja terjadi, tapi itu tidak dengan Liverpool.

Liverpool diketahui mengajukan surat protes kepada Liga Inggris pada Minggu (1/10/2023) sore. Isi surat protes itu bernada ancaman dimana Liverpool menegaskan sedang mempertimbangkan cara lain untuk mencari keadilan.

Legenda Manchester United Gary Neville menilai Liverpool tak perlu mengeluarkan protes seperti itu. Dia mengatakan kata-kata yang dipakai Liverpool sangat berbahaya.

 

2 dari 5 halaman

Komentar Gary Neville soal Pernyataan Liverpool

Liverpool tak beruntun karena dua pemain yaitu Curtis Jones dan Diogo Jota dikartumerah. Mereka juga kebobolan karena gol bunuh diri dari Joel Matip di menit-menit akhir injury time babak dua.

Fakta-fakta di atas saja sudah membuat Liverpool marah. Meski begitu, Neville menilai Liverpool tak perlu agresif karena PGMOL atau komite pelaksana pertandingan Liga Inggris meminta maaf setelah kesalahan itu.

"Jurgen Klopp sudah mengatasi situasi dengan baik setelah laga itu. Banyak fans sepak bola yang tentu bersimpati dengan apa yang terjadi dan tahu itu salah!" tulis Neville di media sosial miliknya.

"Namun pernyataan keras Liverpool itu sebuah kesalahan! Pernyataan soal mencoba cari opsi-opsi lain itu berbahaya dan agresif."

 

3 dari 5 halaman

Neville Ribut dengan Fans Liverpool di Media Sosial

 

Gary Neville benar-benar kecewa dengan komentar Liverpool. Dia mengatakan apa yang terjadi di lapangan sudah buruk.

"Pernyataan maaf harusnya dihormati, bukan diremehkan," tulisnya.

Neville bahkan membalas tulisan fans Liverpool yang menyebut bahwa kesalahan seperti ini bakal terulang lagi.

"Seperti apa bentuknya itu teman? Ini blunder. Kita smeua pernah melakukannya."

 

4 dari 5 halaman

Pernyataan Liverpool soal VAR

 

Liverpool dalam surat protesnya menerima permintaan maaf PGMOL. Namun mereka mempertanyakan penggunaan VAR yang seharusnya membuat pertandingan jadi lebih baik.

"Sudah jelas pengaplikasian law of the game tidak terjadi dengan benar, ini membuat integritas olahraga rusak," tulis Liverpool di pernyataan mereka.

"Kami paham tekanan dari wasit tapi harusnya tekananan itu agak berkurang, bukan malah diperburuk dengan penggunaan VAR."

5 dari 5 halaman

Peringkat Liverpool di Liga Inggris

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di Premier League.

    Manchester United

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • man utd

  • Tottenham