Sukses

Kualifikasi Piala Dunia 2026: Shin Tae-yong Ungkap Tantangan Terberat saat Bertemu Brunei Darussalam

Timnas Indonesia bakal segera memulai perjuangannya di kualifikasi Piala Dunia 2026. Shin Tae-yong selaku pelatih Skuad Garuda pun meminta para pemainnya tidak lengah meski unggul di atas kertas dibanding Brunei Darussalam yang menjadi calon lawannya.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia bakal memulai perjuangannya di kualifikasi Piala Dunia 2026. Skuad Garuda dijadwalkan bersua dengan Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (12/9/2023), pukul 19.00 WIB.

Jelang melakoni pertandingan tersebut, Shin Tae-yong meminta anak-anak asuhnya untuk tidak lengah. Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan diharapkan dapat tetap tampil dengan bekerja keras, meski unggul di atas kertas ketimbang calon lawannya.

"Besok kita melawan Brunei Darussalam, memang lawan yang paling berat bagi kita besok itu lengah," ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers pra pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Rabu (11/10/2023).

"Jadi yang terpenting kita tidak lengah dan bekerja keras di dalam lapangan saat melawan Brunei, maka pastinya kita bisa menunjukkan yang terbaik," tandas juru taktik asal Korea Selatan.

Tak dapat dimungkiri, Timnas Indonesia memang punya catatan apik saat berjumpa dengan Brunei di duel internasional. Dari total 11 pertemuan antara kedua negara, sebanyak 7 di antaranya mampu dimenangkan oleh Skuad Garuda. Sebanyak 2 pertandingan berakhir imbang, sementara dua sisanya berbuntut kekalahan.

Adapu pertemuan teranyar Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam tersaji di ajang Piala AFF 2022. Kala itu, pasukan Merah Putih berpesta gol dengan memetik kemenangan telak 7-0 atas pasukan dari negeri petro dollar.

2 dari 3 halaman

Kapten Timnas Indonesia Siap Suguhkan Penampilan Terbaik

Selaras dengan pernyataan Shin Tae-yong, kapten Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam juga mengaku siap menyuguhkan penampilan terbaik saat menghadapi Brunei Darussalam di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pemain Jeonnam Dragons itu mengeklaim ia dan rekan-rekannya telah bekerja keras untuk mempersiapkan diri dan bakal berupaya menghibur masyarakat Indonesia yang menyaksikan laga di SUGBK.

"Untuk pertandingan besok, kita akan bermain dengan cara kita, tidak boleh meremehkan lawan. Kita dan mungkin masyarakat sudah tahu bagaimana kemampuan Brunei, tetapi kami di tim ini sudah bekerja keras untuk memberikan penampilan terbaik supaya bisa menghibur masyarakat Indonesia," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Jadwal Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kamis, 12 Oktober 2023

19.00 WIB: Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam

Stadion Utama Gelora Bung Karno 

 

Selasa, 17 Oktober 2023

19.15 WIB: Brunei Darussalam vs Timnas Indonesia

Stadion Sultan Hassanal Bolkiah